Comscore Tracker

Jokowi Beberkan Kekuatan Ekonomi Hijau dan Biru Indonesia, Apa Itu?

Jokowi bilang hati-hati soal green economy

Jakarta, IDN Times - Hampir seluruh negara di dunia mulai berlomba-lomba untuk mengimplementasikan green economy alias ekonomi hijau. Presiden Joko "Jokowi" Widodo meminta kepada seluruh jajaran pemerintah baik di pusat maupun daerah, agar berhati-hati akan hal ini.

Sebagai informasi, ekonomi hijau adalah suatu model pembangunan untuk mencegah meningkatnya emisi gas rumah kaca dan mengatasi perubahan iklim.

"Kita harus menyadari bahwa kita adalah salah satu paru-paru terbesar dunia dan kita bisa memperoleh manfaat besar dari hutan tropis dan hutan mangrove yang kita miliki. oleh sebab itu transformasi energi menuju energi baru dan terbarukan harus dimulai," kata Jokowi dalam Musrenbangnas 2021 yang disarkan dalam channel YouTube Bappenas RI, Selasa (4/5/2021).

Baca Juga: Circular Economy, Strategi Kurangi Sampah Plastik di Lautan Indonesia

1. Pemerintah siapkan Kalimantan Utara sebagai kawasan industri hijau

Jokowi Beberkan Kekuatan Ekonomi Hijau dan Biru Indonesia, Apa Itu?Ilustrasi industri/pabrik. IDN Times/Arief Rahmat

Untuk mendukung upaya transformasi energi tersebut, kata Jokowi, green economy, green technology dan green product harus diperkuat agar bisa bersaing di kawasan global. Oleh karena itu, pemerintah berencana membangun Kawasan Industri Hijau untuk mendukung upaya transformasi energi.

"Akan kita siapkan di Kalimantan Utara karena kita ingin memanfaatkan hydropower yang ada di Sungai Kayan dan ini akan menghasilkan energi hijau," paparnya.

2. Jokowi ingin Indonesia banyak melahirkan produk-produk hijau

Jokowi Beberkan Kekuatan Ekonomi Hijau dan Biru Indonesia, Apa Itu?(Presiden Joko Widodo tengah berpidato di World Economy Forum di Vietnam) Biro Pers Istana Kepresidenan

Melalui Kawasan Industri Hijau, mantan Wali Kota Solo ini berharap dapat melahirkan produk-produk hijau. Ke depan, transformasi energi ini diyakini bakal menjadi salah satu kekuatan ekonomi Indonesia.

"Inilah kekuatan kita ke depan," ucap dia.

Baca Juga: Usai Green Diesel, Pertamina Bidik Produksi Green Avtur Akhir 2020

3. Indonesia punya potensi besar di ekonomi biru

Jokowi Beberkan Kekuatan Ekonomi Hijau dan Biru Indonesia, Apa Itu?Ilustrasi kapal-kapal nelayan. ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

Dengan kekayaan alam yang begitu melimpah, Indonesia tidak hanya memiliki potensi besar dalam ekonomi hijau. Kata Jokowi, Indonesia juga punya potensi yang juga sangat besar dari blue economy atau ekonomi biru. Hal ini tidak terbantahkan, mengingat Indonesia merupakan negara maritim.

Sebagai informasi, ekonomi biru atau blue economy menurut Bank Dunia adalah pemanfaatan berkelanjutan sumber daya laut untuk pertumbuhan ekonomi, peningkatan mata pencaharian dan pekerjaan, dan kesehatan ekosistem laut.

"Indonesia adalah negara terkaya dalam hal biodiversity di laut. Kita harus memanfaatkan secara bijak anugerah Tuhan ini, mensejahterakan rakyat dengan tetap menjaga alam dan keberlanjutan produksi. Sustainable blue economy menjadi agenda yang harus diprioritaskan di semua wilayah pantai yang kita miliki," imbuh dia.

Baca Juga: Kekayaan Intelektual RI Terbesar Ketiga di Dunia, Saingi AS dan Korsel

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya