Comscore Tracker

5 Film Animasi yang Bikin Disney Kaya Raya 

Apa saja film yang menyumbang penghasilan terbesar?

Jakarta, IDN Times - Tidak bisa dimungkiri bahwa perusahaan Walt Disney adalah salah satu perusahaan terkaya di dunia. Menurut Statista, meski menderita kerugian sebesar 2,86 miliar dolar AS pada 2020, Disney masih punya pendapatan bersih sebesar 11,05 miliar dolar AS pada 2019. Angka itu menjadi salah satu penghasilan tertinggi hingga saat ini.

Dari besarnya pendapatan Disney, ternyata hal itu tidak lepas dari film animasi yang mereka buat dan menghasilkan keuntungan buat mereka lho. Berikut ini adalah 5 besar film animasi yang menyumbang penghasilan terbesar untuk Disney dilansir dari Screen Rant.

1. Toy Story 3

5 Film Animasi yang Bikin Disney Kaya Raya imdb.com

Toy Story 3 adalah film animasi pertama yang menghasilkan lebih dari satu miliar dolar, meraup total 1.066 miliar dolar AS di seluruh dunia di box office.

Film yang dirilis pada 2010 ini tidak hanya menetapkan Lee Unkrich sebagai sutradara blockbuster dan Pixar sebagai studio besar Hollywood, tetapi juga menetapkan ekspektasi yang sama sekali baru untuk genre animasi.

Terlepas dari kenyataan bahwa Toy Story 3 tampak seperti kesimpulan logis dari salah satu waralaba paling dicintai dalam sejarah Disney, tidak butuh waktu lama untuk mempertimbangkan film keempatnya.

2. Toy Story 4

5 Film Animasi yang Bikin Disney Kaya Raya screenrant.com

Dengan pendapatan kotor 1.073 miliar dolar AS di seluruh dunia, sepertinya masih ada setidaknya satu petualangan tersisa untuk Woody dan kawan-kawan. Sementara film ketiga dalam seri mengikat semuanya dengan rapi, tetapi film terakhir memang membawa kembali Bo Peep kesayangan Woody, serta memperkenalkan dunia pada kekacauan yang dibuat oleh Forky.

Suka, benci, atau hidup dengannya, Toy Story 4 mungkin bukan sekuel terbaik dalam kelompoknya, tetapi jelas menghasilkan uang paling banyak dari film lain dalam waralaba Disney.

3. The Incredibles 2

5 Film Animasi yang Bikin Disney Kaya Raya gospelherald.com

Untuk waktu yang lama, rasanya The Incredibles benar-benar akan menjadi salah satu properti Pixar yang tidak akan pernah benar-benar mendapatkan sekuel, meskipun film itu digantung di bagian akhir. Terlebih lagi, setelah Disney mengakuisisi Marvel Studios, tampaknya tidak penting untuk mengembangkan lebih banyak pahlawan super di bawah House of Mouse.

Bagaimanapun, The Incredibles 2 melayani penggemar lama dan baru dan membuktikan bahwa waralaba ini layak mendapatkan perhatian. Faktanya, angsuran kedua ini meraup 1.242 miliar dolar AS di box office di seluruh dunia, menjadi film animasi terlaris kedua yang pernah ada.

4. Frozen I

5 Film Animasi yang Bikin Disney Kaya Raya dok. Disney

Sulit membayangkan bahwa film animasi bisa menjadi lebih besar dari Frozen tahun 2013. Banyak penggemar Disney tidak menyadari bahwa Frozen sebenarnya dimulai dengan pendapatan yang lambat senilai 67 juta dolar AS dan itu terus bertambah seiring waktu.

Ini sebagian besar karena, pada 2013, Walt Disney Animation Studios masih berjuang untuk mendapatkan kembali reputasinya sebagai studio yang dapat bersaing dengan orang-orang seperti Pixar, DreamWorks, dan Illumination.

Frozen mengumpulkan 1,276 miliar dolar AS bruto global di box office. Tetapi keluarga kerajaan Arendelle tidak hanya berhenti di situ. Pada 2019, film ini sekali lagi didominasi oleh sepasang saudara perempuan kerajaan dan manusia salju yang bisa berbicara.

5. Frozen II

5 Film Animasi yang Bikin Disney Kaya Raya Frozen 2, 2019, Concept art, Lisa Keene © Disney

Ini mungkin terdengar mustahil, bahkan tidak mungkin, tetapi Anna dan Elsa kembali menggemparkan box office pada tahun 2019 dengan merilis Frozen II.

Menghasilkan 1.450 miliar dolar AS di seluruh dunia, sekuel dari film aslinya yang sudah sangat populer membuktikan bahwa Disney masih tahu cara menyenangkan pemirsanya.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya