Comscore Tracker

Citilink dan Lion Air Diskon 50 Persen, AirAsia Diminta Jangan Naik

Karena tiket penerbangan AirAsia sudah murah

Jakarta, IDN Times – Pemerintah resmi akan memberlakukan harga tiket pesawat murah dengan penurunan sebesar 50 persen dari tarif batas atas (TBA) untuk penerbangan Low Cost Carier (LCC) domestik mulai Kamis (11/7). Penurunan 50 persen ini hanya berlaku bagi Citilink dan Lion Air Group. Lalu bagaimana dengan maskapai asing AirAsia?

“AirAsia sudah kita undang di rapat teknis, namun karena kebijakan ini kan sebenarnya lebih untuk menurunkan penerbangan jadwal tertentu sampai 50 persen, itu yang terkena hanya Citilink dan Lion,” kata Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono di kantor Menko Perekonomian, Senin (8/7).

Baca Juga: Tiket Pesawat Turun 50 Persen, Ini Ketentuannya 

1. AirAsia sudah memberikan harga lebih murah dari diskon 50 persen

Citilink dan Lion Air Diskon 50 Persen, AirAsia Diminta Jangan NaikIDN Times/Holy Kartika

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menyebut harga tiket pesawat AirAsia yang sudah murah membuat pemerintah tidak akan mengenakan lagi diskon 50 bagi maskapai asal Malaysia ini.

“Dia memang klaimnya tidak sebanyak Citilink maupun Lion. Tapi dia itu sudah di bawah 50 persen. Jadi gak ada gunanya diikutkan dia,” ucap Darmin.

2. Pesan Darmin untuk AirAsia untuk tidak naikkan tarif

Citilink dan Lion Air Diskon 50 Persen, AirAsia Diminta Jangan NaikDok.IDN Times/Istimewa

Karena sudah memberlakukan tarif yang lebih murah, Darmin berpesan kepada AirAsia agar tidak mementokkan tarif tiketnya menjadi 50 persen seperti Citilink atau Lion Air.

“Kita cuma bilang yuk jangan mentokan ke 50. Karena ini udah di bawah itu. Nanti gara-gara (kebijakan) itu jangan kemudian aku mau ambil itu 50 aja sekarang. Kita sudah ingatkan itu. Gak bisa, harus seperti apa yang berjalan sekarang ini,” ujar Darmin.

3. Diskon 50 persen dengan berbagai ketentuan

Citilink dan Lion Air Diskon 50 Persen, AirAsia Diminta Jangan NaikPexels.com/Artem Beliaikin

Pemerintah akan memberlakukan harga tiket pesawat murah dengan penurunan sebesar 50 persen dari tarif batas atas (TBA) untuk penerbangan Low Cost Carier (LCC) domestik. Untuk realisasinya, nantinya akan ada 208 penerbangan dan 11.626 kursi pesawat murah yang disediakan oleh Citilink dan Lion Air Group untuk penerbangan domestik.

Citilink akan menyiapkan 62 penerbangan per hari dengan total kursi 3.348 pada hari Selasa, Kamis, Sabtu di jam 10.00 hingga 14.00. Sementara Lion Air Group akan menyiapkan 146 penerbangan dengan total 8.278 kursi per hari.

Baca Juga: Tiket Pesawat Turun 50 Persen, Ini Ketentuannya 

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya