Comscore Tracker

Gubernur Koster: Bali Nol Wisatawan Asing Setahun Pandemik

Ekonomi Bali dihajar habis-habisan oleh COVID-19

Jakarta, IDN Times - Gubernur Bali I Wayan Koster mengungkapkan tidak ada wisatawan mancanegara (wisman) yang datang ke wilayahnya selama setahun pandemik COVID-19. Hal itu berimbas pada perekonomian Bali yang 54 persennya bergantung dari sektor pariwisata.

"Negara lain berlakukan kebijakan sama (lockdown) otomatis wisman udah nol (dalam) setahun. Perekonomian Bali 54 persen bergantung dari sektor pariwisata jadi dampak sangat terasa," kata Koster dalam Virtual Press Conference Investment Forum Rethingking and Reinventing Bali Post COVID-19, Jumat (26/3/2021).

Baca Juga: Tekad Luhut Bikin Bali Jadi Zona Hijau COVID-19

1. Pertumbuhan ekonomi Bali minus sepanjang 2020

Gubernur Koster: Bali Nol Wisatawan Asing Setahun PandemikIlustrasi Grafik Penurunan (IDN Times/Arief Rahmat)

Akibat dampak COVID-19 perekonomian Bali minus selama empat kuartal berturut-turut. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), pada kuartal I 2020, ekonomi Pulau Dewata minus 1,2 persen. Lalu pada kuartal II minus 11,06 persen.

Bulan Juli-September 2020 atau kuartal III, eknomi Bali masih tercatat minus, bahkan paling parah selama 2020 yakni minus 12,32 persen. Pada kuartal IV, ekonomi Bali masih minus meski sedikit menjadi minus 12,21 persen.

Baca Juga: PSBB Ketat Jawa-Bali, Pemerintah Optimistis Ekonomi RI Tetap Oke

2. Berharapa pemulihan ekonomi Bali secepatnya

Gubernur Koster: Bali Nol Wisatawan Asing Setahun PandemikIDN Times/Irma Yudistirani

Koster berharap pemulihan perekonomian Bali dapat dilakukan secepatnya. Untuk mencapai hal tersebut, pemerintah Bali meningkatkan protokol kesehatan. Koster bahkan mengklaim kasus COVID-19 kini sudah lebih baik.

"Pariwisata pulih kalau pandemik terkelola dengan baik. Pandemik sudah normal, kasus yang mencul turun, kematian rendah dan kasus barunya sudah tidak muncul lagi, yang sembuh terus meningkat. Sekarang masih cukup dinamis, oleh karena itu protokol kesehatan di Bali harus diperketat," paparnya.

3. Bali siap buka diri untuk wisatawan asing

Gubernur Koster: Bali Nol Wisatawan Asing Setahun PandemikMenko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (ANTARA/HO-Kemenko Kemaritiman dan Investasi)

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan kini pemerintah menargetkan vaksinasi bagi dua juta orang di Bali dalam waktu dekat. Nantinya pada bulan Mei 2021 akan ada tambahan satu juta orang yang divaksinasi sehingga total tiga juta orang di Bali akan divaksinasi.

Bahkan menurutnya beberapa daerah di Bali sudah dalam kondisi yang baik

"kita lihat mikro-mikro per pulau dan daerah. Kapan buka dengan asing? Itu kita lihat juga, mana yang COVID-nya sudah menurun dan vaksin udah makin banyak," katanya.

Baca Juga: Bali Siap Sambut Wisatawan Asing di Juli 2021

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya