Comscore Tracker

Ini Investasi yang Berguna pada Musim Hujan dan Banjir

Dengan investasi ini kita bisa sedikit lebih tenang

Jakarta, IDN Times - Awal tahun ini, banjir melanda sejumlah titik di DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten, terutama kawasan Jabodetabek. Berbagai kerugian dirasakan warga yang mengalami banjir. Mulai dari listrik yang mati, seisi rumah terkena dampak banjir hingga rusak.

Kalau kita mau berinvestasi lebih, kita bisa mengurangi dampak kerugian dari musim hujan dan banjir ini. Berikut ini barang-barang yang bisa kamu beli dan berguna ketika musim hujan dan banjir.

1. Genset

Ini Investasi yang Berguna pada Musim Hujan dan BanjirTokopedia

Kalau aliran listrik mati dalam waktu yang cukup lama, kamu akan "terselamatkan" jika punya genset. Harga genset bisa bermacam-macam, mulai dari Rp3 juta untuk genset dengan suara hingga belasan juta untuk genset silent. Harga juga tergantung dari kapasitas genset itu sendiri.

Tapi hati-hati, genset tidak boleh diletakkan di dalam rumah agar asapnya tidak terhirup. Genset harus diletakkan di ruang terbuka atau di luar ruangan.

2. Penyedot air atau pompa banjir

Ini Investasi yang Berguna pada Musim Hujan dan BanjirBukalapak

Bagi rumah kamu yang kebanjiran, alat ini wajib kamu punya. Bisa membantu mengeluarkan air dari dalam rumah ke luar dengan lebih efisien, alih-alih kamu menggunakan ember dan gayung. Harganya berkisar ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

3. Payung lipat

Ini Investasi yang Berguna pada Musim Hujan dan BanjirPixabay

Jangan remehkan hal yang sepele. Payung sangat amat dibutuhkan di musim hujan seperti sekarang. Kalau kamu tidak mau repot, kamu bisa mencari model payung yang bisa dilipat kecil. Sehingga kamu bisa membawanya masuk ke dalam transportasi umum atau kantor.

Harga payung lipat ini beragam, mulai dari puluhan hingga ratusan ribu.

Baca Juga: 8 Tips Traveling Aman dan Nyaman Saat Musim Hujan, Gak Bikin Crancky!

4. Jas hujan

Ini Investasi yang Berguna pada Musim Hujan dan BanjirIlustrasi hujan. istockphoto.com

Kalau payung belum dirasa cukup, terlebih dengan hujan angin, kamu bisa menginvestasikan pada jas hujan.

Oh ya, untuk perlindungan lebih menyeluruh dan efektif lebih baik kamu membeli jas hujan model set atasan dan bawahan celana ya, jangan model daster panjang. Kamu akan kamu lebih leluasa bergerak dengan model celana dibandingkan menggunakan jas hujan model daster.

Selain itu pilihan bahan yang lebih tebal pun lebih tahan lama dan tidak mudah sobek dibandingkan bahan plastik. Meski lebih besar dan memakan tempat, jas hujan model ini lebih aman. Apalagi kalau kamu pengguna kendaraan motor.

Harga jas hujan set bisa kamu banderol sekitar seratus hingga dua ratus ribu rupiah.

5. Plastik klip

Ini Investasi yang Berguna pada Musim Hujan dan Banjir(Ilustrasi plastik klip) IDN Times/Anata

Mungkin kamu bertanya-tanya apa gunanya plastik klip alias plasik obat? Eits, jangan salah. Plastik klip ini sangat berguna bagi barang-barang kamu di kala hujan. Kamu dapat lebih berhati-hati agar ponsel dan benda berharga kamu tidak basah kena air hujan.

Dibanding plastik biasa, plastik klip lebih menjamin barang-barang kamu. Harganya pun sangat terjangkau. Hanya berkisar puluhan ribu saja.

Baca Juga: Dijamin Ambyar! Ini 9 Lagu yang Pas Untuk Menemanimu Saat Hujan

6. Pelindung sepatu (shoe cover)

Ini Investasi yang Berguna pada Musim Hujan dan Banjir(Ilustrasi shoe cover) Tokopedia

Tentu kamu gak mau kalau sepatu kesayangan kamu basah karena hujan. Nah, pelindung sepatu yang umumnya terbuat dari karet ini cocok buat kamu yang tetap ingin tampil bersih meski musim hujan.

Harganya mulai dari belasan ribu hingga puluhan ribu.

Baca Juga: Banjir Surut, Ini 4 Tip Aman Melintasi Jalan Berlubang

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya