Comscore Tracker

Ruangguru Sumbang Pendapatan dari Kartu Prakerja untuk COVID-19

Kira-kira berapa jumlah pendapatan Ruangguru ya?

Jakarta, IDN Times - Ruangguru mengumumkan bahwa Skill Academy by Ruangguru akan menyumbangkan seluruh pemasukannya sebagai mitra platform digital Program Kartu Prakerja kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), untuk membantu penanganan pandemi COVID-19.

“Kami memutuskan untuk menyumbangkan seluruh pemasukan Skill Academy sebagai mitra resmi platform digital di Program Kartu Prakerja, dari awal program dimulai hingga saat ini, kepada Negara, untuk membantu penanganan pandemi COVID-19. Kami telah melayangkan surat resmi kepada BNPB yang menjelaskan tentang niat baik kami,” ucap Pendiri dan Direktur Utama Ruangguru Belva Devara dalam keterangan tertulisnya, Selasa (4/8/2020).

1. Ruangguru belum menagih pembayaran ke pemerintah

Ruangguru Sumbang Pendapatan dari Kartu Prakerja untuk COVID-19(Anggaran kartu prakerja dari Kemenko Perekonomian) IDN Times/Arief Rahmat

Baca Juga: Ruangguru Disebut Milik Asing, Belva: Itu Perusahaan Punya Saya

Dalam keterangan tertulisnya tersebut, Belva menyatakan, Ruangguru belum menagihkan pembayaran apapun kepada pemerintah terkait Program Kartu Prakerja. Proses rekonsiliasi transaksi dengan PMO perlu dilakukan terlebih dahulu sebelum memproses penagihan.

"Setelah pembayaran diterima dan dipotong oleh pajak sesuai dengan peraturan yang berlaku, seluruh pemasukan Skill Academy melalui Program Kartu Prakerja yang terjadi pada platform digital kami selama Gelombang 1 hingga Gelombang 3 akan disumbangkan kepada BNPB," kata Belva.

2. Ruangguru tanggung seluruh biaya pelatihan

Ruangguru Sumbang Pendapatan dari Kartu Prakerja untuk COVID-19instagram.com/ruangguru

Belva mengatakan, seluruh biaya yang selama ini dikeluarkan untuk Program Kartu Prakerja menjadi tanggungan Ruangguru, termasuk biaya produksi kelas pelatihan, tunjangan instruktur pelatihan, pembangunan infrastruktur daring yang memadai bagi peserta program, layanan konsumen, dan aspek kepentingan usaha lainnya.

"Hingga saat ini, tercatat ada 310.970 peserta yang memanfaatkan kelas pelatihan Skill Academy di Program Kartu Prakerja selama Gelombang 1 hingga Gelombang 3," ujarnya.

3. Menaksir pendapatan Ruangguru dari Kartu Prakerja

Ruangguru Sumbang Pendapatan dari Kartu Prakerja untuk COVID-19Slide presentasi Manajemen Program Kartu Prakerja

Diberitakan sebelumnya, pada 7 Mei 2020 berdasarkan data salah satu slide presentasi Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja yang berada di bawah Kementerian Koordinator Perekonomian menyebutkan bahwa Skill Academy dinilai menjadi mitra platform program Kartu Prakerja paling untung. Dari nilai transaksi pembelian konten pelatihan Kartu Prakerja, mereka meraup pendapatan hingga Rp82,99 miliar.

Dalam slide tersebut, dipaparkan data transaksi pembelian pelatihan sebesar Rp120 miliar lebih atau tepatnya Rp120.733.587.547. Transaksi tersebut dicatatkan dari 456.265 peserta Kartu Prakerja gelombang pertama dan 231.975 peserta Kartu Prakerja gelombang kedua.

Menariknya, transaksi yang diperoleh Skill Academy ini sangat jauh dibanding mitra platform lainnya yang rata-rata membukukan transaksi mulai dari Rp900 juta hingga tertinggi Rp13,14 miliar.

Ketika IDN Times mengonfirmasi hal ini, Public Relations Lead Ruangguru, Sekar Krisnauli tidak mengungkap berapa transaksi pembelian pelatihan yang melibatkan Ruangguru. Yang pasti, katanya, Ruangguru belum menagihkan pembayaran ke PMO dan angka yang didapatkan belum jelas.

"Ruangguru belum menagihkan dan jumlah dana yang akan disumbangkan belum definitif," katanya.

Baca Juga: Ruangguru Bantah Tudingan Terima Rp3,8 T dari Program Kartu Prakerja

Topic:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya