Comscore Tracker

Sandiaga Sebut Bantuan Insentif Pariwisata Cair September Ini

Bantuan ini diharapkan bisa cegah PHK pelaku parekraf

Jakarta, IDN Times - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan penyaluran Bantuan Insentif Pemerintah (BIP) Kemenparekraf serta dana hibah yang kini bernama Bantuan Pemerintah untuk Usaha Pariwisata akan cair pada September ini.

"BIP atau Bantuan Insentif Pemerintah sudah masuk ke dalam tahap kurasi final dan kita harapkan akhir Agustus atau September 2021 awal sudah cair dengan kordinasi pihak penerima," kata Sandiaga dalam keterangan tertulis yang dikutip pada Jumat (20/8/2021).

Baca Juga: Sri Mulyani Bebaskan Pajak Kapal Pesiar hingga Yacht untuk Pariwisata

1. BIP sedang diulas Kementerian Keuangan

Sandiaga Sebut Bantuan Insentif Pariwisata Cair September IniMenteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati. ANTARA/HO-Humas Kemenkeu/Faiz.

Sandiaga mengatakan BIP kini sedang diulas oleh Kementerian Keuangan dan Komite Penanggulangan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional. Penyaluran bantuan tersebut diharapkan dapat segera terealisasi. Alasannya, karena para pelaku usaha MICE kini dalam keadaan terpuruk.

"Dana hibah yang tahun lalu kita berikan sekarang lagi proses transformasi menjadi Bantuan Pemerintah untuk Usaha Pariwisata," tambahnya.

2. BIP untuk cegah PHK pekerja parekraf

Sandiaga Sebut Bantuan Insentif Pariwisata Cair September IniIlustrasi PHK. (IDN Times/Aditya Pratama)

Bantuan yang diberikan itu diharapkan Sandiaga dapat mempertahankan bisnis sekaligus mencegah adanya pemutusan hubungan kerja (PHK). Eks Wakil Gubernur DKI Jakarta ini juga menjamin pihaknya akan memberikan sejumlah kemudahan kepada para pelaku usaha MICE.

"Nah ini juga sedang penyiapan dan kita harapkan kuartal ketiga ini siap, sehingga bisa diberikan segera. Karena ini sudah dalam keadaan yang berat sekali untuk temen-temen yang bergerak di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," ujarnya.

Baca Juga: Dampak Aturan Perjalanan Internasional di Industri Parekraf

3. Pelonggaran pariwisata harus disertai protokol kesehatan ketat

Sandiaga Sebut Bantuan Insentif Pariwisata Cair September IniIDN Times / Shemi

Sandiaga mengatakan dengan terkendalinya kasus COVID-19, kegiatan masyarakat akan kembali dilonggarkan dengan mengacu protokol kesehatan yang ketat dan disiplin berbasis CHSE (cleanliness, health, safety dan environment sustainability).

"Oleh karena itu koordinasi melalui Parekraf Concierge, jadi kayak kalau kita masuk ke dalam hotel itu ada concierge (ruang serbaguna), apa aja yang ditanya bisa kita arahkan, konsepnya seperti itu dan akan dijembatani terutama dengan polisi dan Satgas COVID-19," papar Sandiaga.

"Dan untuk finansial-nya, untuk working capitalnya kita akan arahkan melalui kegiatan-kegiatan kita yang memberikan stimulus ekonomi," imbuhnya.

Baca Juga: Soal Teguran UNESCO, Sandiaga: Kita Terima dan Sudah Diskusi

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya