Comscore Tracker

Tanpa Ikut Kartu Prakerja, Mudah Dapat Pelatihan Serupa dan Gratis!

Cuma butuh kuota internet aja, kamu bisa belajar banyak

Jakarta, IDN Times - Konten kursus yang ada di platform Kartu Prakerja belakangan ini menjadi sorotan. Materi lewat fasilitas kelas online yang ditawarkan pemerintah dalam program ini, disebut-sebut tak ubahnya konten belajar yang bisa didapatkan gratis dan mudah secara online.

Pemerintah menjanjikan para pencari kerja dan korban PHK yang mendaftar sebagai anggota Kartu Prakerja bisa mendapatkan pelatihan yang berguna untuk mengasah skill mereka. Pelatihan itu akan dilakukan dengan menggandeng delapan mitra. Selain Sisnaker dari Kemenaker, ada tujuh startup yang menjadi platform mitra Kartu Prakerja yaitu Tokopedia, Ruangguru, Mau Belajar Apa, Bukalapak, Pintaria, Pijar Mahir, dan Sekolahmu.

Platform ini akan memberikan kelas online berupa materi-materi yang biasanya dipatok seharga hingga ratusan ribu rupiah kepada konsumen umum. Wow, apakah sebegitu beruntungnya anggota Kartu Pekerja mendapatkan konten-konten ini? 

“Model pelatihan begini banyak di YouTube dan platform lainnya banyak memberikan gratis di tengah COVID-19,” kata Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Bhima Yudhistira kepada IDN Times, Senin (20/4).

Dengan berkembangnya teknologi dan keterbukaan informasi yang semakin luas, platform seperti YouTube, blog, dan podcast dapat menjadi andalan kamu belajar. Kita semua bisa mendapatkan informasi atau ilmu pengetahuan, selama kita mau mencari tahu.

IDN Times mencoba menelusuri beberapa pelatihan yang ada di platform Kartu Prakerja tersebut. Hasilnya, konten-konten yang diajarkan itu tak luar biasa istimewa. Tema dan jenis materi serupa dengan yang diajarkan di sana, bisa kami temukan dengan mudah. Tentunya, konten yang bisa didapatkan secara gratis.

Seperti apa sih konten-kontennya? Berikut penelusurannya:

1. Cara membuat macaroni schotel

Tanpa Ikut Kartu Prakerja, Mudah Dapat Pelatihan Serupa dan Gratis!instagram.com/makaronihuhhahjogja

Salah satu yang menyediakan pelatihan ini adalah Mau Belajar Apa. Dengan judul ‘Belajar Rahasia Membuat Macaroni Schotel yang Kokoh dan Siap untuk Dijual’, kursus ini dihargai Rp300 ribu dengan materi penjelasan dasar, cara pembuatan, cara membangun usaha di bidang kuliner dan bagaimana mulai awalnya untuk menjadi seorang chef.

Padahal, kalau kamu mencari di YouTube, ada banyak video dan berbagi varian resep untuk membuat macaroni schotel. Bahkan di Google saja, kamu bisa menemukan hingga 140.000 hasil pencarian dengan kata kunci ‘cara membuat macaroni schotel’.

https://www.youtube.com/embed/MjsD54K-BVg

2. Paket pelatihan buat ojek online

Tanpa Ikut Kartu Prakerja, Mudah Dapat Pelatihan Serupa dan Gratis!IDN Times/Sukma Shakti

Skill Academy dari Ruangguru menyediakan paket pelatihan bagi ojek online. Pelatihan ini dibanderol seharga Rp1 juta. Terdiri dari materi perencanaan keuangan, teknik pelayanan terbaik, percakapan bahasa Inggris, teknik mengelola stres, manajemen waktu agar lebih produktif dan menyiapkan dana darurat di masa kritis.

“Ya driver ojol lebih tahu daripada yang bikin pelatihan. Karena driver ojol bisa memetakan jam-jam sibuk, jam pulang kantor, jam berangkat kantor gitu,” kata Bhima menanggapi.

Lebih dari itu, kalau kamu cek di Google dan YouTube, ada banyak materi pelajaran Bahasa Inggris yang bisa kamu dapat gratis. Begitu juga dengan teknik mengelola stres, cek saja akun YouTube Satu Persen. Di sana ada 9 video dalam satu playlist yang bisa kamu dengar dan pelajari.

https://www.youtube.com/embed/buZTOOTw7ME

3. Belajar fotografi

Tanpa Ikut Kartu Prakerja, Mudah Dapat Pelatihan Serupa dan Gratis!IDN Times/Nisa Widya Amanda

Salah satu kelas popular yang disediakan Tokopedia adalah ‘Kelas Tematik Fotografi Tingkat Dasar (Basic Photography Class)’. Kursus yang dibuat dalam empat kali pertemuan ini dihargai Rp75 ribu dan mengajarkan basic photography, angle and composition, concepting serta photoshoot preparation basic tools.

Tanpa perlu ribet, coba cek akun Kelas Pagi di YouTube. Di sana ada banyak video dan sudah disusun dalam bentuk playlist untuk kamu belajar fotografi. Dari yang paling basic sampai ke editing.

https://www.youtube.com/embed/S0qJDPGi0-8

Baca Juga: Airlangga Jawab Tudingan Soal Pemilihan Provider Kartu Prakerja

4. Belajar make up untuk pemula

Tanpa Ikut Kartu Prakerja, Mudah Dapat Pelatihan Serupa dan Gratis!pexels.com/Anderson Guerra

Contoh lain ada di Bukalapak. Salah satu kelasnya adalah 'Belajar Menjadi Perias Professional'. Dengan Kurikulum mengenalkan apa itu tata rias wajah, tipe rias wajah, tren tata rias wajah, memilih complexion pada tata rias wajah dan cara tata rias pada mata, kelas ini dihargai Rp900 ribu.

Padahal, ada banyak banget video tutorial make up yang bisa kamu pelajari secara cuma-cuma di YouTube. Ini contohnya.

https://www.youtube.com/embed/7n-sYIIB7jA

5. Belajar fotografi pakai smartphone

Tanpa Ikut Kartu Prakerja, Mudah Dapat Pelatihan Serupa dan Gratis!Pameran fotografi Ragamanungsa di Artotel Yogyakarta - IDN Times/Rijalu Ahimsa

Ada kelas bernama 'Menghasilkan Uang Jadi Fotografer Pemula Pake Hp'. Kelas ini disediakan oleh Pintaria dengan harga Rp600 ribu.

Materinya meliputi apa saja fitur pada camera smartphone, tips ampuh menghasilkan foto yang menakjubkan, tips edit foto agar Fotomu makin ciamik dan cara hasilkan uang dari menjual foto smartphone.

Meski terdengar bagus, kursus seperti ini ada banyak banget di YouTube. Contoh saja channel Crack An Egg, Sobat HAPE, Jagat Review dan lain-lain.

Masih belum puas? Coba cek akun COOPH yang akan mengajarkan kamu The 101 of Smartphone Photography atau 7 smartphone photography tips & tricks seperti di bawah ini.

https://www.youtube.com/embed/fTz4Nhgm_SQ

6. Membuat logo dengan aplikasi Canva

Tanpa Ikut Kartu Prakerja, Mudah Dapat Pelatihan Serupa dan Gratis!canva,com

Pintaria menyediakan pelatihan ‘Membuat Logo Menggunakan Canva’. Seperti pada penjelasannya, peserta akan mempelajari tentang bagaimana membuat logo usaha menggunakan aplikasi pada handphone yakni Canva. Pelatihan ini terdiri dari 1 sesi, dan akan mempelajari tentang bagaimana membuat logo usaha dengan durasi 2 jam.

Sebenarnya membuat logo di Canva tidak susah kok. Karena Canva sudah menyediakan banyak bahan dan template yang bisa kamu gunakan, meski ada berbayar, kamu bisa memanfaatkan template gratis kok. Bahkan dalam situs resmi Canva, ada kok cara membuat logonya. Cek di sini ya 

Baca Juga: Ini Profil 7 Startup Mitra Kartu Prakerja yang Bisa Kamu Akses Online

7. Belajar mengetik di Microsoft Word

Tanpa Ikut Kartu Prakerja, Mudah Dapat Pelatihan Serupa dan Gratis!IDN Times/Irma Yudistirani

Terakhir nih, di platform Sekolahmu, ada kursus 'Pengetikan Dasar (Office Word)' yang dihargai Rp500 ribu. Materinya mencakup mengenal tampilan Office Word, cara salin, pindah dan folder, mengatur tampilan dokumen, mengatur huruf pada tulisan, melakukan format perataan teks dan membuat kop surat.

Kalau mau mau, kamu bisa mendapatkan secara gratis di playlist channel Aing Lee yang berjudul 'BELAJAR MS.WORD' Ada 20 video yang bisa membantu kamu mempelajari tentang Microsoft Word di sana.

https://www.youtube.com/embed/45pn_TyV0h8

Baca Juga: Pengalaman Daftar Kartu Prakerja: Digantung dan Ada Ujiannya

Topic:

  • Anata Siregar
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya