Comscore Tracker

Tips Bikin Keuangan Kamu Sehat Pasca-Lebaran 

Yuk atur lagi keuangan kamu dengan cara ini

Jakarta, IDN Times - Momen Lebaran bisa dibilang jadi salah waktu di mana banyak pengeluaran. Mulai dari beli atau membuat kue Lebaran, masakan khas Lebaran, bagi-bagi salam tempel, bayar zakat fitrah, beli pakain baru, dan kebutuhan lainnya.

Kadang kita gak sadar uang yang kita keluarkan itu lebih besar dari yang seharusnya sehingga buat uang kita semakin menipis.

Nah loh, kalau keuangan sudah menipis, kamu sendiri yang akan kesulitan pasca-Lebaran ini. Tapi tenang, berikut ini ada sejumlah tips biar keuangan kamu tetap sehat pasca-Lebaran.

Baca Juga: Jangan Salah Langkah, Hindari 5 Kesalahan dalam Mengatur Keuangan Ini!

1. Evaluasi dulu pengeluaran kamu saat Lebaran

Tips Bikin Keuangan Kamu Sehat Pasca-Lebaran Ilustrasi Utang (IDN Times/Mardya Shakti)

Buka kembali catatan pengeluaran kamu saat lebaran kemarin. Atau jika tidak ada, coba ingat-ingat apa saja yang kamu keluarkan.

Tulis dan rinci apa saja yang kamu beli termasuk penghasilan yang kamu dapat seperti THR. Dengan mengevaluasi keuangan, kamu mendapat angka berapa uang keluar dan masuk serta sisanya.

2. Proyeksikan keuangan untuk kebutuhan setengah bulan ke depan

Tips Bikin Keuangan Kamu Sehat Pasca-Lebaran IDN Times/Indiana Malia

Karena masih tengah bulan, coba hitung uang yang kamu punya. Apakah masih cukup sampai akhir bulan atau sampai kamu menerima gaji di akhir atau awal bulan.

Jika sisa keuangan kamu tidak banyak, coba fokuskan pada kebutuhan hidup yang benar-benar penting seperti untuk makan, bayar listrik, pulsa dan lain-lain.

Baca Juga: 3 Bisnis Pasca-Lebaran Paling Cuan, Yuk Cobain! 

3. Jangan lupa cicil utang dan menabung

Tips Bikin Keuangan Kamu Sehat Pasca-Lebaran Ilustrasi menabung (IDN Times/Arief Rahmat)

Penting banget nih, kalau kamu masih punya sisa uang, pastikan untuk tidak menunggak utang terlalu lama dan membayarnya secepat mungkin. Terlebih jika ada bunga dari utang kamu. Melunasi utang lebih cepat akan membantu kamu menyehatkan keuangan kamu lebih cepat pula.

Kalau kamu tidak punya utang, fokuskan untuk menabung, khususnya untuk mengumpulkan dana darurat yang jumlahnya 6 kali gaji kamu.

4. Jangan tergiur promo dan fokus investasi

Tips Bikin Keuangan Kamu Sehat Pasca-Lebaran Ilustrasi Diversifikasi Investasi (IDN Times/Shemi)

Libur lebaran memang sudah habis tapi masih banyak promo bertebaran sampai akhir bulan. Alih-alih tergiur promo dengan alasan bisa hidup lebih hemat, mending fokus pada kebutuhan kamu saja seperti pada poin nomor dua.

Alokasikan uang kamu untuk investasi biar masa depan kamu lebih terjamin.

Siap untuk menyehatkan keuangan kamu pasca-Lebaran?

Baca Juga: Cara Mengatur Keuangan agar Tetap Hemat saat Lebaran

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya