Comscore Tracker

Mudik Dilarang, Ini 4 Tips Staycation Asyik Pakai Dompet Digital

Cashless bikin hidup makin mudah, ya!

Jakarta, IDN Times – Ada banyak cara untuk merayakan momen libur lebaran atau Ramadan. Biasanya, kebanyakan orang melakukannya dengan bepergian ke luar kota bersama sahabat, keluarga, atau kerabat terdekat. Namun, hal tersebut tidak bisa dilakukan saat ini. Sebab, pemerintah telah melakukan larangan guna mencegah penyebaran COVID-19.

Meski begitu, kamu tetap bisa liburan di tempat wisata yang ada di daerahmu atau melakukan staycation alias menghabiskan waktu liburan hanya di rumah untuk bersantai, menonton film dan serial TV favorit, serta bermain game. Sebenernya, staycation tidak hanya bisa dilakukan di rumah saja, karena kamu bisa melakukannya di hotel, apartemen atau bisa juga di villa bersama teman-temanmu.

Pada kenyataannya, staycation tak melulu membosankan. Kamu bisa memanfaatkan smartphone untuk bertransaksi nontunai dan nonkartu lewat aplikasi dompet digital. Biar staycation-mu asyik, simak 4 tips ini, ya!
 

1. Manfaatkan fitur card binding untuk menyimpan kartu bank

Mudik Dilarang, Ini 4 Tips Staycation Asyik Pakai Dompet Digitalfreepik.com

Jangan takut ketinggalan dompet ketika kamu bepergian ke mal atau restoran. Dengan memanfaatkan fitur card binding, kamu bisa menyimpan kartu debit atau kartu kredit yang biasanya tersimpan di dompet ke dalam dompet digital, misalnya DANA.

Kamu tak perlu lagi repot melakukan top up atau menambah saldo jika saldonya kurang atau bahkan nol rupiah. Kamu bisa memilih kartu debit atau kartu kredit sebagai sumber dana saat bertransaksi membeli barang di mal atau membayar makanan di restoran. Fitur praktis ini membantumu untuk move on dari top up yang biasanya dilakukan dengan cara transfer lewat ATM atau melalui Virtual Account (VA).

Baca Juga: Dompet Digital Mengancam Bisnis Perbankan, Benarkah?

2. Patungan makan bareng lebih mudah dengan Split Bill

Mudik Dilarang, Ini 4 Tips Staycation Asyik Pakai Dompet DigitalCollin's Gastro Bar & Grill Jl. Gading Serpong Boulevard Tangerang, Banten. IDN Times/Dhiya Awlia Azzahra

Kuliner adalah salah satu hal yang paling menyenangkan dilakukan saat liburan bersama dengan orang-orang tersayang. Salah satu kebiasaan masyarakat saat makan bersama adalah membagi biaya makan dengan cara patungan.

Sekarang, menagih biaya patungan tak perlu repot dan tanpa sungkan. Manfaatkan fitur Split Bill yang bisa membagi secara rata total biaya makan. Tagihan akan dikirim melalui QR Code atau aplikasi instant messaging.

3. Bayar parkir dan beli bahan bakar di SPBU tanpa tunai

Mudik Dilarang, Ini 4 Tips Staycation Asyik Pakai Dompet Digital(Ilustrasi SPBU Pertamina) IDN Times/Muchammad Haikal

Saat hendak bepergian ke mal atau tempat-tempat publik bersama keluarga, SPBU dan tempat parkir adalah lokasi yang hampir pasti akan disinggahi. Kini, kamu bisa membeli bahan bakar di SPBU dan membayar parkir dengan menggunakan dompet digital seperti DANA.

Pembayaran karcis tiket parkir bisa dilakukan di Centre Park yang tersebar di 70 lokasi di Jabodetabek. Sementara, pembayaran menggunakan DANA sudah bisa dilakukan di SPBU Shell yang tersebar di 84 lokasi di Jabodetabek.

Baca Juga: 5 Hal yang Membatalkan Puasa dan Membuat Puasa Jadi Tidak Sah

4. Membeli voucher games dan Google Play dari aplikasi dompet digital

Mudik Dilarang, Ini 4 Tips Staycation Asyik Pakai Dompet Digitalbusinessinsider.sg

Kalau kamu hobi menghabiskan waktu bermain game saat liburan, kamu bisa memanfaatkan fitur entertainment yang ada di dompet digital seperti DANA. Kamu bisa masuk ke panel [Digital Voucher/Voucher Digital] untuk membeli berbagai vouchergames dan Google Play.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: 2 Aplikasi Dompet Digital Ini Tengah Populer, Saingan Jaring Konsumen

Topic:

  • Umi Kalsum
  • Anata Siregar
  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya