Comscore Tracker

5 Hal yang Membatalkan Puasa dan Membuat Puasa Jadi Tidak Sah

#IDNTimesLife Jangan sampai puasa kamu sia-sia!

Puasa Ramadan merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilakukan oleh umat muslim setiap tahun. Agar amalan puasa dapat diterima secara penuh dan tak sia-sia, ada beberapa hal yang harus kamu hindari.

Ini agar puasa lebih sah dan mendapatkan pahala dari Allah SWT. IDN Times telah merangkum beberapa hal yang membatalkan puasa atau membuat puasa menjadi tidak sah. Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

1. Makan dan minum secara sengaja

5 Hal yang Membatalkan Puasa dan Membuat Puasa Jadi Tidak Sahpexels.com/Shohei Ohara

Makan dan minum secara sengaja, jelas bisa membatalkan puasa. Ini karena puasa merupakan momen di mana kamu harus menahan lapar dan dahaga hingga azan magrib berkumandang. 

2. Muntah karena disengaja

5 Hal yang Membatalkan Puasa dan Membuat Puasa Jadi Tidak Sahpinterest/LIVESTRONG.COM

Selain makan dan minum, muntah yang disengaja bisa membuat amalan puasa sia-sia. Artinya, ibadah puasamu batal dan tak dapat dilanjutkan. Jadi, jangan sampai melakukan hal-hal seperti memasukkan jari tangan ke dalam mulut agar muntah secara sengaja, ya! 

3. Melakukan hubungan badan

5 Hal yang Membatalkan Puasa dan Membuat Puasa Jadi Tidak Sahpexels/Andrea Piacquadio

Melakukan hubungan badan juga bisa membatalkan amalan puasa. Namun, ini jika kamu melakukannya di waktu harus menahan lapar dan dahaga saja.

Melakukan hubungan badan antara suami dan istri setelah waktu berbuka dan sebelum imsak, tidaklah membatalkan puasa. Namun, setelah melakukan hubungan badan, kamu dan pasangan harus segera membersihkan diri dengan mandi wajib.

Baca Juga: 10 Meme Bulan Puasa di Tengah Pandemik Corona, Bikin Senyum Tipis

4. Keluar air mani secara sengaja

5 Hal yang Membatalkan Puasa dan Membuat Puasa Jadi Tidak SahPexels/Andrea Piacquadio

Layaknya berhubungan badan, keluarnya air mani yang disengaja, juga bisa membatalkan puasa. Namun, jika keluarnya tanpa disengaja, seperti akibat mimpi basah, amalan puasa tak batal. Hanya saja, setelah tahu hal tersebut kamu harus segera mandi wajib.

5. Mengalami haid atau nifas

5 Hal yang Membatalkan Puasa dan Membuat Puasa Jadi Tidak Sahpinterest/TriciaTrenary

Jika keluar air mani diperuntukkan bagi laki-laki, maka haid dan nifas diperuntukkan bagi perempuan. Oleh karena itu, ketika perempuan sedang mengalami haid atau mengeluarkan darah nifas usai melahirkan, maka puasa mereka tidak sah atau batal.

Jadi, mereka tidak diwajibkan untuk berpuasa namun harus tetap mengganti puasa tersebut di lain hari setelah bulan Ramadan berakhir.

Itu dia beberapa hal yang membatalkan puasa atau membuat puasa tidak sah. Untuk nomor satu sampai empat, jangan sampai kamu sengaja melakukannya, ya!

 

Baca Juga: Doa Buka Puasa Bulan Rajab dan Bacaan Niat Puasa Rajab 1441 H

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Febriyanti Revitasari
  • Septi Riyani
  • Hidayat Taufik
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya