Comscore Tracker

Pilih SIM Card? Cek Dulu Perbedaan Kartu Prabayar dan Pascabayar Ini

Kamu pilih mana guys?

Jakarta, IDN Times - Dalam berkomunikasi melalui telepon seluler, terdapat dua pilihan SIM card (kartu SIM) yang ditawarkan oleh operator, yaitu kartu prabayar dan kartu pascabayar. Meskipun sekilas tampak sama, kedua jenis kartu tersebut ternyata memiliki perbedaan mendasar loh.

Ada kekurangan dan keunggulan pada masing-masing jenis kartu dari penyedia layanan sinyal dan koneksi internet ini. Apa saja itu?

Baca Juga: 5 Fakta Menarik by.U, Provider Serba Digital Pertama di Indonesia

1. Dengan kartu prabayar, kamu bisa mengisi pulsa sesukamu

Pilih SIM Card? Cek Dulu Perbedaan Kartu Prabayar dan Pascabayar Inipexels.com/@olly

Bila kamu menggunakan kartu prabayar, kamu bisa mengisi pulsa kapan pun dengan nominal sesuka kamu. Selain itu, kartu prabayar juga lebih simpel dan praktis. Layanan prabayar ini sangat cocok buat kamu yang mager alias males gerak buat membayar tagihan.

Pendaftaran layanan kartu prabayar juga mudah lho. Kamu cukup menyiapkan NIK dan nomor Kartu Keluarga. Setelah itu, barulah kamu bisa menggunakan layanan kartu prabayar.

2. Harga paket kartu prabayar lebih mahal dibanding kartu pascabayar

Pilih SIM Card? Cek Dulu Perbedaan Kartu Prabayar dan Pascabayar Inipexels.com/@cottonbro

Meskipun simpel dan praktis, harga paket kartu prabayar lebih mahal dibandingkan kartu pascabayar. Selain itu, kamu juga tidak bisa memilih nomor ponsel. Bila pengguna kartu pascabayar mendapatkan informasi jumlah pemakaian pulsa, kartu prabayar justru sebaliknya.

Baca Juga: Siap Pindah? Ini 5 Keuntungan SIM Card Digital untuk Millennials!

3. Kamu bisa mengatur limit penggunaan pakai kartu pascabayar

Pilih SIM Card? Cek Dulu Perbedaan Kartu Prabayar dan Pascabayar Inipexels.com/@olly

Kamu dapat mengatur limit penggunaan pulsa apabila memakai kartu pascabayar. Selain itu, penggunaan pemakaian kartu pascabayar dinilai lebih transparan dan bisa dicek kapan saja.

Dengan memakai kartu pascabayar, kamu bisa memilih sendiri nomor yang sesuai keinginan. Jumlah nomor juga lebih sedikit, yaitu 10 sampai 11 nomor.

Kemudian, harga paket pada kartu pascabayar lebih murah jika dihitung secara akumulatif ketimbang layanan prabayar. Kalau kamu tidak suka mengisi pulsa berulang kali, kartu pascabayar sangat cocok buatmu karena pembayaran cukup sekali sebulan.

4. Pengguna kartu pascabayar kerap ditelepon pihak asuransi

Pilih SIM Card? Cek Dulu Perbedaan Kartu Prabayar dan Pascabayar Inipexels.com/@hazardos

Meski memiliki banyak kemudahan, pengguna baru kartu pascabayar kerap mengeluh adanya telepon atau SMS masuk yang mengaku sebagai pihak asuransi, bank, dan sebagainya. Ini tentu saja sangat mengganggu.

Selain itu, proses pendaftaran kartu pascabayar juga jauh lebih rumit daripada prabayar dan harus memenuhi beberapa syarat tertentu.

Jadi, gimana, guys? Baik kartu prabayar maupun pascabayar memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tentukan pilihanmu, ya!

Baca Juga: Provider Internet Panen Lonjakan Traffic Pengguna selama WFH

Topic:

  • Indiana Malia
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya