Comscore Tracker

10 Cara Menjadi Reseller yang Sukses dengan Modal Minim

Baca ini supaya kamu mantap jadi reseller!

Menjadi reseller kini berprospek cuan sangat besar. Peran reseller sangat penting bagi sebuah bisnis online. Pemilik bisnis kini sangat mengandalkan reseller untuk menggenjot penjualan produknya.

Reseller cukup berpengaruh untuk keberlangsungan bisnis karena dapat memberikan pemasukan yang cukup signifikan, bahkan tak jarang menyumbang pemasukan berkali-kali lipat dibandingkan berbisnis sendiri. Reseller kini dianggap sebagai aset bagi bisnis karena jika hilang, akan hilang pula peluang dalam pengembangan bisnis.

Bagi kamu yang berpikir untuk menjadi reseller, jangan ragu lagi. Pelajari ilmu yang diperlukan untuk menjadi seorang reseller. Berikut ini adalah 10 cara menjadi reseller yang sukses dengan modal minim dari IDN Times rangkum.

Baca Juga: Tips Sukses Raup Cuan dari Bisnis Reseller

1. Pilih Produk yang Tepat

10 Cara Menjadi Reseller yang Sukses dengan Modal Minimilustrasi analisis data (pexels.com/Liza Summer)

Memilih produk yang tepat adalah adalah satu hal yang perlu kamu pikirkan agar mendapat pelanggan yang sesuai dengan pangsa pasarmu. Menjual banyak produk mungkin saja menjadi salah satu hal yang membuat kamu bingung.

Untuk menghindari hal tersebut, lakukan analisis tentang permasalahan atau keresahan yang sedang dialami banyak orang terlebih dahulu. Dengan mengetahui permasalahan atau keresahan tersebut, kamu dapat menjadi peluang. produk mana yang cocok dan banyak dicari. Hal ini akan berpengaruh juga dalam menentukan target pasarmu.

2. Tentukan Target Pasar

10 Cara Menjadi Reseller yang Sukses dengan Modal Minimpixaybay.com

Setelah kamu menentukan produk yang akan dijual, kamu harus menentukan target pasar terlebih dahulu. Dengan menentukan target pasar, promosi, dan pemasaran kamu akan lebih terarah sehingga penjualan menjadi lebih tinggi.

Sama seperti kamu menentukan produk yang akan kamu jual, kamu perlu melakukan analisis dengan minat, sikap gaya hidup, dan pandangan masyarakat sekitar. Tentukan target pasar yang berdasarkan demografi mulai dari jenis kelamin, usia, dan pendidikan.

3. Pilih Supplier yang Tepat

10 Cara Menjadi Reseller yang Sukses dengan Modal MinimIlustrasi berjabat tangan (pixabay.com/rawpixel)

Pemilihan supplier yang tepat akan menjadi keberlangsungan yang tepat untuk bisnis kamu kedepannya. Perlu kamu ingat bahwa menjadi reseller, tugas kamu adalah pemasaran dan semua hal yang berkaitan dengan produk adalah tanggung jawab dari supplier.

Saat pemilihan supplier, perhatikan pula kredibilitas, harga produk, kualitas, pembagian komisi, dan juga ketersediaan produk. Hal itu akan berpengaruh dengan penjualan kamu per minggu mungkin hingga per tahunnya.

Baca Juga: 5 Daftar Ide Bisnis Online yang Berpotensi Cerah di 2022

4. Tentukan Harga Jual Produk

10 Cara Menjadi Reseller yang Sukses dengan Modal MinimIlustrasi analisis pekerjaan (pexels.com/fauxels)

Hal yang selanjutnya perlu di ingat adalah jangan menentukan langsung harga jual produk setelah membeli dari supplier. Pertimbangkan biaya operasional yang kamu keluarkan untuk menjual produkmu.

Perhatikan pula biaya pemeliharaan bisnis dan biaya pemasaran yang kamu lakukan untuk menentukan harga jual produk. Jika supplier sudah menentukan harga jual produk, coba hitung kembali keuntungan yang akan kamu dapatkan.

5. Berikan Pelayanan yang Terbaik

10 Cara Menjadi Reseller yang Sukses dengan Modal Minimilustrasi ngobrol (pexels.com/@mentatdgt-330508)

Memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen merupakan kewajiban dari semua pihak. Dengan pelayanan yang baik, konsumen akan merasa puas dan akan membeli produk mu secara terus menerus.

Selain itu, konsumen juga dapat merekomendasikan produkmu ke teman-temannya secara cuma-cuma secara tidak langsung mereka juga akan merekrut konsumen baru bagi bisnismu. Memberikan pelayanan yang terbaik juga akan membuat rasa senang dari konsumen karena akan memberikan impact yang positif.

6. Membuat Strategi Pemasaran

10 Cara Menjadi Reseller yang Sukses dengan Modal MinimIlustrasi membuat planning (unsplash.com/Estée Janssens)

Membuat strategi pemasaran merupakan jalan marketing yang harus kamu lakukan. Meskipun produk yang kamu jual sudah terkenal dan berkualitas tinggi, jika pemasaran tidak baik maka calon konsumen tidak akan membeli produk tersebut.

Karena itu buatlah strategi pemasaran agar langkah penjualan lebih terarah. Karena usahamu berbasis online maka lakukan pemasaran melalui sosial media, website, atau teknis SEO pemasaran.

7. Berikan Tawaran-tawaran yang Menarik

10 Cara Menjadi Reseller yang Sukses dengan Modal Minimilustrasi diskon (https://unsplash.com/@belart84)

Jangan lupa memberikan tawaran-tawaran yang menarik bagi konsumen untuk membeli produk kamu. Tawaran-tawaran yang menarik dapat menggaet banyak calon konsumen karena adanya hal yang menarik dari yang kamu jual.

Tawaran yang menarik tersebut bisa berupa potongan harga, atau paket penjualan tertentu dengan harga yang menarik. Selain itu kamu juga dapat mengadakan giveaway sebagai tawaran untuk menggaet calon konsumen.

Baca Juga: 5 Keuntungan Menjadi Reseller, Tertarik Coba?

8. Branding Bisnis

10 Cara Menjadi Reseller yang Sukses dengan Modal Minimilustrasi branding (pexels.com/Eva Elijas)

Saat kamu memulai suatu bisnis, kamu harus melakukan branding yang kuat terhadap produk yang dijual. Jangan sampai produk atau brand-mu kalah pamor dengan kompetitor. Selain itu jangan sampai pula brand bisnismu terlupakan dan kalah saing dengan produk lain.

Untuk melakukan branding bisnis, kamu dapat memulai dengan memilih nama brand yang sesuai. Hindari nama brand yang susah diucapkan dan sulit diingat. Selain itu tentukan ciri khas dari brand-mu yang membedakan dari yang lain sehingga konsumen dapat mengingat nama bisnismu.

9. Otomatisasi Bisnis

10 Cara Menjadi Reseller yang Sukses dengan Modal Minimilustrasi komputer (https://unsplash.com/@johnschno)

Jika kamu sudah memulai bisnis reseller dan kemudian merasa kewalahan dengan banyaknya pesanan yang masuk, kamu dapat melakukan otomatisasi bisnis. Otomatisasi bisnis ini dapat kamu lakukan menggunakan alat bantu aplikasi.

Pada aplikasi tersebut konten yang akan kamu unggah akan ditentukan jadwal tayangnya secara otomatis. Sehingga kamu tidak perlu repot-repot mengunggah konten tersebut secara langsung.

10. Presentasikan Bisnis dan Produk Secara Baik

10 Cara Menjadi Reseller yang Sukses dengan Modal Minimpexels.com/mentatdgt

Jika kamu sudah memulai sebuah usaha, jangan lupa untuk mempresentasikan produk dan bisnis kamu secara baik. Untuk dapat melakukan hal ini kamu dapat melakukan pemasaran dan promosi dengan menggunakan gambar atau foto yang menarik.

Selain itu kamu dapat membuat artikel yang informatif yang berkaitan dengan produk kamu. Selain membuat artikel yang informatif dan menarik kamu juga dapat membuat video informatif kepada calon konsumen atau konsumen sehingga meningkatkan daya tarik mereka terhadap produk kamu.

Itulah 10 cara menjadi reseller yang sukses dengan modal minim. So, buat kamu yang tertarik mencoba, jangan segera praktikkan langkah-langkah di atas. Terus berkembang dalam usaha tapi jangan lupa, usaha tidak akan berhasil tanpa kerja keras dan juga doa. Semoga artikel ini dapat membantu kamu!

Topic:

  • Khairul Ilham
  • Anata Siregar
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya