Comscore Tracker

Akuisisi: Pengertian dan Tujuannya

Apa Itu Akuisisi?

Apa itu akuisisi? Masih banyak orang yang belum mengetahui makna dari kata ini, terutama bagi orang awam yang baru belajar hal-hal seputar perbankan. Sedangkan kata akuisisi ini sendiri tentunya bukan hal yang baru bagi orang-orang perkantoran, lantas apa itu akuisisi, pengertian dan berbagai hal seputar akuisisi? 

1. Pengertian akuisisi

Akuisisi: Pengertian dan Tujuannyafreepik

Secara umum, pengertian dari akuisisi adalah pemindahan kepemilikan perusahaan atau suatu aset yang sebelumnya berada dalam industri. Hal tersebut terjadi dalam industri perbankan jika pembelian saham meningkat di atas 50% dengan pengambilalihan kepemilikan perusahaan atau aset yang telah dijanjikan sebelumnya. 

Akuisisi juga lebih mudahnya dikenal sebagai suatu perusahaan yang memegang perusahaan lain di dalamnya. Motif dari akuisisi ini sendiri tidak bakal jauh-jauh dari dampak dan perananan keuntungan ekonomi di dalamnya. 

Hal ini sendiri sudah dilakukan sejak lama karena dinilai lebih efektif untuk pekerja terutama untuk perkembangan perusahaan untuk menjadi lebih baik lagi di pasaran. Tidak hanya itu, adanya akuisisi juga membuat sumber daya manusia jadi lebih produktif.

Tentunya ada peranan penting yang terjadi dalam akuisisi ini, terutama dalam perusahaan induknya yang akan berperan besar dalam kemajuan perusahaan di bawahnya. Singkatnya, ini seperti membuka cabang secara tidak langsung dengan berbagai kemudahan yang lebih terjamin dan praktis dari ahlinya.

2. Apa tujuan akuisisi sebenarnya?

Akuisisi: Pengertian dan TujuannyaUnsplash

Alasannya mengapa akuisisi dilakukan adalah untuk mempercepat perkembangan yang ada dalam suatu unit perusahaan agar lebih tertata dan terstruktur. Tanpa harus berkembang dari awal atau inorganic growth, jadi dapat menekan lebih naik potensi para pekerja dari anak perusahaan tersebut tanpa susah payah membuatnya dari 0.

Akuisisi ini pun sangat berpengaruh bagi perusahaan, banyak perusahaan perbankan besar yang menggunakan metode ini dan berhasil. Sehingga langkah melakukan akuisisi dianggap bagus untuk berlangsungnya bisnis. 

3. Apa akuisisi dapat menambah sinergi perusahaan?

Akuisisi: Pengertian dan TujuannyaPixabay

Setiap perusahaan pasti menginginkan perkembangan yang signifikan pada penjualan atau improvementnya. Hal ini tentunya tidak bisa dilepaskan dari sinergi para pekerja yang  memiliki peranan besar dengan sinergi pada sebagian besar bidangnya. 

Tentunya, secara umum, akuisisi juga dilakukan untuk keuntungan dan nilai perusahaan yang diharapkan akan terus naik berkat perusahaan yang mengakuisisi secara khusus. Maka sinergi perusahaan dan berbagai rencana dari perusahaan yang mengakuisisi juga akan sangat penting keberadaannya. 

Baca Juga: Buzzfeed Akuisisi Huffpost dari Verizon Media

4. Apa akuisisi dapat memperluas pasar?

Akuisisi: Pengertian dan TujuannyaImage by Adam Radosavljevic from Pixabay

Pengertian dari apa itu akuisisi seharusnya sudah mampu menjawab hal ini, karena tentunya akuisisi juga berperan dalam perluasan pasar. Hal tersebut ditargetkan agar pihak yang diakuisisi bisa menjadi perluasan pasar dari pihak yang mengakuisisi meski produk atau marketing yang dibuat berbeda. 

Logikanya sama dengan kamu yang memperbanyak teman dan bekerjasama untuk menyelesaikan sesuatu dan mencapai target meski usaha yang dikerahkan terlihat berbeda. Dengan adanya akuisisi ini, kamu juga bisa memperkuat sekaligus melindungi pasar. 

Apalagi, dengan persaingan bisnis yang kian ketat terus tiap perusahaan untuk memiliki banyak kesiapan terutama dengan perluasan bisnis ini. Dengan adanya akuisisi, kamu dapat memperluas perusahaan kamu dengan melindungi market tertentu seperti membuat perlindungan berlapis-lapis untuk struktur tertentu. 

Baca Juga: Pengamat: Holding Ultra Mikro Bukan Bentuk Akuisisi BRI

5. Apa akuisisi dapat memperkuat bisnis?

Akuisisi: Pengertian dan TujuannyaIlustrasi Pixabay

Pengambilan posisi dengan kerjasama dalam bisnis dapat melindungi bisnis inti sekaligus mencapai dan memperluas target dalam satu kali pengerjaan. Jadi bagaimana menurut kamu? Akuisisi jelas sangat menguntungkan di berbagai aspek. 

Baca Juga: Merger dan Akuisisi, Apa sih Bedanya?

6. Apa saja manfaat akuisisi?

Akuisisi: Pengertian dan TujuannyaPhoto by fauxels from Pexels

Manfaat akuisisi sangat beragam, salah satunya adalah meningkat pesat yang akan didapatkan perusahaan dari pertumbuhan yang lebih baik ketimbang perusahaan lain yang tidak melakukannya. Makanya, perkembangan dari perusahaan tersebut akan berkembang secara signifikan dalam jangkauan internal.  

Perusahaan pengakuisisi juga dapat mengurangi persaingan bisnis dengan bekerja sama dalam berbagai bidang usaha. Yang gentunya sekaligus menjadikan perusahaan lebih besar dari sebelumnya. 

Akuisisi dapat membuat pekerja terpacu dengan manager skill yang lebih terkelola dan terencana ketimhamg sebelumnya. Sebab apa yang ada pada target adalah apa yang akan terjadi di masa depan dalam jangka panjang. 

Target dari akuisisi juga tak jarang memiliki cakupan luas yang akan membuat perusahaan lebih giat mengelola langkah-langkah, dengan begitu mencapai pasar global bukan tidak mungkin lagi. 

7. Kesimpulan

Maka, apabila di kepalamu masih ada pertanyaan, apa itu akuisisi? Jadi akuisisi adalah sebuah proses dalam mengelola perusahaan dengan membuat atau membeli badan perusahaan baru dengan saham yang telah ditentukan. Seperti mengelola perusahaan di dalam perusahaan, yang berguna untuk mencapai target lebih cepat bahkan jika target tersebut adalah pasar global.

Dengan begitu, perusahaan kamu akan bisa mengelola manager skill dengan lebih terlatih. Sehingga melahirkan perkembangan alias improvement yang lebih maju bersama perusahaan ijti yang tetap terlindungi.

Maka, adanya sistem akuisisi ini jelas akan memadukan berbagai aspek yang diperlukan bagi setiap perusahaan untuk maju bersama-sama bahkan sampai ke badan-badan yang bersangkutannya. Itulah berbagai penjelasan mengenai apa itu akuisisi, pengertian, keuntungan, manfaat dan banyak lainnya. 

Topic:

  • Kiki Amalia

Berita Terkini Lainnya