Comscore Tracker

5 Cara Simple Freelancer Mengatur Keuangan yang Gak Tentu

Siapa bilang freelancer itu gak bisa kaya?

Profesi sebagai freelancer seringkali dianggap remeh bahkan sering disamakan dengan semi pengangguran. Biasanya calon mertua ya guys yang suka ngomong begini.

Namun, ternyata menjadi seorang freelancer pun dapat juga kok memenuhi kehidupan kamu, asal dengan cara yang tepat. Nah, berikut 5 cara simple buat seorang freelancer dalam mengelola keuangan yang datangnya gak tentu.

1. Pakai prinsip petani

5 Cara Simple Freelancer Mengatur Keuangan yang Gak Tentupixabay.com/sasint

Petani saat memanen padinya tidak langsung serta merta dijual semua. Namun, disimpan dulu di dalam lumbung. Nah, sama juga dengan seorang freelancer yang dapet duitnya musiman nih. 

Ketika lagi banyak kerjaan pasti pemasukan banyak dong. Nah, jangan kalap langsung menghabiskan buat traveling atau ngemall. Namun siapkan juga untuk menghadapi masa di mana kerjaan kamu gak terlalu banyak. Biar kamu tetap bisa menghidupi dapur kamu, walau lagi gak ada kerjaan.

2. Penuhi kebutuhan primer terlebih dahulu

5 Cara Simple Freelancer Mengatur Keuangan yang Gak Tentufedtrustfcu.com

Selanjutnya kamu boleh kok menggunakan pemasukan kamu asalkan untuk memenuhi kebutuhan primer seperti sandang, pangan, papan. Inget ya, jangan selipin traveling di antara ketiganya. Jangan ikut-ikutan lifestyleyang pokoknya kudu traveling, namun pada akhirnya tabungan habis, utang numpuk, rumah gak punya. Travelinglah ketika memang kebutuhan primer kamu terpenuhi.

Baca Juga: Inilah 5 Fakta Kakeibo, Mengatur Uang ala Jepang yang Layak Kamu Tiru

3. Buat standar cukup dalam kehidupan tanpa membandingkan hidup orang lain

5 Cara Simple Freelancer Mengatur Keuangan yang Gak Tentupixabay.com/StockSnap

Standar cukup ini wajib banget dibuat atau dimiliki seseorang dalam hidupnya. Bukan ngajarin supaya cepat puas, namun tepatnya lebih realistis dalam pencapaian hidup. Namun ingat, jangan sekali-kali kamu samakan standar cukup orang lain dengan diri kamu sendiri. Karena pasti itu hanya akan membuat kamu capek sendiri dalam mencapai standar cukup dalam hidup kamu. 

4. Coba beberapa jenis freelance lainnya

5 Cara Simple Freelancer Mengatur Keuangan yang Gak Tentupixabay.com/voltamax

Cara selanjutnya adalah dengan multi freelance job. Kalau bisa jangan cuma ada di 1 bidang aja, namun kamu harus punya beberapa pekerjaan freelance lainnya. Misal, kamu seorang MC, namun juga seorang freelance writer atau announcer. Jadi kamu bisa banyak dapat pemasukan dan gak ngandelin satu bidang aja. 

5. Belajar untuk tidak hanya nabung namun juga investasi

5 Cara Simple Freelancer Mengatur Keuangan yang Gak Tentuprotestoma.com.br

Selanjutnya ini merupakan paradigma baru yang wajib dimiliki oleh anak muda zaman now. Yaitu, gak cuma getol nabung namun juga investasi. Tabungan diperlukan untuk keadaan darurat dan simpanan sementara, namun uangnya gak akan muter. 

Kalau mau uang kamu bisa muter dan bisa jadi berlipat ganda, investasi adalah salah satunya. Misal kamu menanam saham, atau kamu buka toko online, dsb. Jangan takut untuk berinvestasi selama kamu belum ada tanggungan anak istri. 

Nah itu dia 5 tips simple buat seorang freelancer dalam mengelola keuangan yang gak tentu. Mau kamu pegawai, atau seorang freelance atau bahkan seorang entrepreneur, yang terpenting adalah sikap bijak dalam mengelola pemasukan, sehingga gak ada kata gak mungkin untuk bisa kaya. 

Baca Juga: 5 Cara Smart Millennial Mengatur Uang di Awal Bulan

Laurensius Aldiron Photo Verified Writer Laurensius Aldiron

Seorang pegawai kantoran pada umumnya, yang memilih menulis untuk mengeluarkan opini yang tak bisa disampaikan secara langsung..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya