Comscore Tracker

5 Cara Smart Millennial Mengatur Uang di Awal Bulan

Jangan sampai jadi ‘besar pasak daripada tiang’ ya

Selain hari Jumat di mana kita semua menyambut akhir pekan, hari gajian tentu menjadi salah satu hari yang paling ditunggu oleh sebagian besar millennial. Sayangnya, banyak banget nih yang mengalami rekening yang terkuras habis karena ‘lapar’ mata. 

Wah, yang kayak gini bisa bikin kamu defisit di akhir bulan nih. Tapi tenang, kali ini IDN Times bakal berbagi beberapa tips penting buat mengatur keuangan di awal bulan saat kamu baru gajian. Simak ulasannya ya!

1. Tetap berpatokan dengan budget yang kamu buat

5 Cara Smart Millennial Mengatur Uang di Awal BulanShutterstock/Tirachard Kumtanom

Walau jumlahnya banyak, uang yang kamu miliki bisa terpakai tanpa kamu sadari lho. Masih mending kalau uangmu lari ke hal-hal yang sifatnya jangka panjang, kalau ke hal-hal yang konsumtif gimana? Nah, untuk menghindari hal ini, coba deh pastikan kamu sudah membuat budget plan untuk semua hal yang akan kamu keluarkan di bulan itu. Kalau perlu sampai anggaran untuk minuman boba favoritmu juga bisa kamu tulis tuh.

2. Follow akun media sosial yang kasih info promo

5 Cara Smart Millennial Mengatur Uang di Awal BulanShutterstock/fizkes

Buat kamu yang hobi banget jajan atau icip-icip kuliner yang lagi hits, adalah sebuah keharusan untuk nge-follow akun yang memberikan informasi promo dari beberapa merchant yang bisa yang ada. Apalagi makin ke sini, semakin beragam nih jenis promo yang ditawarkan, lumayan ‘kan buat bikin kamu lebih hemat saat jajan.

3. Tetap sediakan dana darurat setiap bulannya

5 Cara Smart Millennial Mengatur Uang di Awal BulanShutterstock/Nattakom Maneerat

Selalu mengalokasikan beberapa persen dari gaji untuk ditabung, mungkin sudah biasa bagi kamu. Tapi jangan salah, kamu juga harus tetap menyiapkan dana darurat ya setiap bulannya. Dana darurat nggak hanya bisa kamu gunakan jika ada sesuatu yang sifatnya mendadak dan urgent seperti sakit, tetapi juga bisa digunakan sewaktu-waktu kamu harus berhadapan dengan kasus PHK. Duh,semoga ini nggak pernah terjadi ya guys!

4. Ikutan loyalty program

5 Cara Smart Millennial Mengatur Uang di Awal BulanShutterstock/Have A Nice Day Photo

Loyalty program itu apa sih? Sebenarnya kamu udah tahu mengenai loyalty program, cuma mungkin belum familiar aja dengan istilah ini.

Jadi, loyalty program itu ketika kamu belanja di sebuah merchant, kamu bisa mendapatkan poin dari transaksimu, yang nantinya ditukar dengan hadiah dari merchant tersebut. 

Nah, bayangkan kalau ada multi-brand loyalty program di mana kamu bisa belanja dari brand apa pun yang poinnya bisa kamu tukar dengan berbagai rewards yang kamu mau.

Emang ada loyalty program kayak gitu? Ada dong, namanya GetPlus, sebuah aplikasi multi-brand loyalty program yang memberikan kamu kebebasan buat mendapatkan poin dari transaksi belanjamu dan ditukar dengan shopping voucher, lifestyle products, atau gadget menarik dari berbagai merchants dan brands.

Dengan bergabung jadi member multi-brand loyalty program seperti GetPlus, tentunya kamu bisa lebih hemat karena setiap rupiah yang kamu keluarkan bisa mendapatkan poin untuk nantinya ditukar dengan berbagai hadiah voucher dan barang menarik lainnya.

Langsung aja ikutan, cara gabungnya pun gampang. Kamu tinggal download aplikasi GetPlus di Play Store dan App Store. 

5. Tahu kapan harus hangout bareng teman-teman

5 Cara Smart Millennial Mengatur Uang di Awal BulanShutterstock/Jacob Lund

Ajakan buat hangout memang biasanya identik dengan pergi ke suatu tempat, entah itu mal, lunch di resto, atau tempat lainnya. Yang perlu kamu ingat adalah, kamu nggak harus lho mengiyakan ajakan mingle dengan semua teman yang ada di lingkunganmu. 

Tapi kalau kamu mengiyakan buat hangout bareng temen-temen dekat, kamu bisa pilih buat makan atau sekadar ngopi di Grand Indonesia, karena GetPlus juga ada di Grand Indonesia. 

Dan… semua struk transaksi kamu di Grand Indonesia bisa dijadikan poin.

Caranya, tinggal kunjungi GetPlus Counter di West Mall lantai 2 dan East Mall lantai LG. Terus, poin yang sudah dikumpulkan bisa kamu tukar dengan voucher belanja dari brands ternama atau barang-barang keren. Menghemat pengeluaran kamu, kan?

Nah, itu tadi beberapa cara smart millennial untuk menghemat di awal bulan, nggak mau kan rekening defisit di akhir bulan?

Topic:

  • Anindya Roswita Putri

Just For You