Comscore Tracker

5 Pertimbangan Sebelum Kamu Atur Uang, Tiap Orang Beda Metode Lho!

Gak semua orang harus sama ngatur uangnya

Mengelola keuangan adalah hal yang bisa dibilang gak mudah. Sebenarnya gak butuh skill yang gimana-gimana, namun juga perlu strategi supaya uang yang kamu punya itu dipakai secara bijak dan bisa menjamin kesejahteraan dirimu sendiri. 

Dari sekian cara mengatur uang yang sudah bisa kamu cari di mana aja, ternyata setiap orang itu punya metode yang berbeda dan gak pasti harus mengikuti cara orang lain. Berikut lima pertimbangan pasti yang harus kamu buat sebelum ngatur uang sendiri.

1. Tentukan dulu apa yang jadi tujuan hidupmu

5 Pertimbangan Sebelum Kamu Atur Uang, Tiap Orang Beda Metode Lho!pixabay.com/StartupStockPhotos

Gak semua orang itu tujuan hidupnya adalah punya rumah dan punya mobil. Banyak juga orang yang tujuan hidupnya yang penting bisa makan, traveling, dsb. Salah? Tentu kamu gak bisa menyalahkan tujuan hidup orang, bukan? Jadi pastikan dulu apa yang ingin kamu capai dalam hidup.

Ini penting karena akan berguna dalam cara mengelola keuangan dirimu. Jika kamu hanya ingin punya mobil, dan tempat tinggal maunya yang nomaden aja, ngapain kamu perlu ngirit sampai susah? Ngerti kan maksudnya. Jadi jika kamu tau tujuanmu, maka kamu akan ngerti gimana caranya bersikap.

2. Rincikan secara jelas seberapa penghasilan dan pengeluaran uang yang primer

5 Pertimbangan Sebelum Kamu Atur Uang, Tiap Orang Beda Metode Lho!pixabay.com/OrnaW

Kemudian kamu bisa menentukan seberapa banyak penghasilanmu, dan seberapa banyak pengeluaran wajib kamu setiap bulannya. Dari sinilah awal kamu bisa mengatur uangmu. Tentu uang buat kebutuhan primer gak bisa kamu tahan karena itu akan keluar dengan otomatis. Yang bisa kamu atur itu sebenernya adalah uang sisa setelah pendapatan dipotong uang kebutuhan primer. 

Dari sisanya ini, selanjutnya kamu bisa atur mau buat apa, ditabung atau ditaruh di deposito atau reksa dana. Terserah kamu mana yang baiknya. Karena kamu udah tau tujuan hidupmu, jadi kamu pasti lebih mudah memilih mau diapakan sisa uang tersebut. 

Baca Juga: Menabung atau Investasi, Mana yang Lebih Oke?

3. Pikirkan tentang apa yang kamu mau dari uang yang udah berhasil ditabung

5 Pertimbangan Sebelum Kamu Atur Uang, Tiap Orang Beda Metode Lho!Pixabay.com/Pexels

Lebih dalam lagi selanjutnya jika kamu memilih buat menabung uangmu, kamu harus pikir bisa gak sih tabungan ini mewujudkan apa yang kamu impikan. Karena dari sinilah kamu tau, harus nambah jumlah tabungan tiap bulannya atau tidak. Tentunya kamu gak mau dong punya pemasukan tapi hidupnya susah banget kelihatannya. Gak harus mewah, ya layak ajalah jangan terlalu ngirit juga. Maka dari itu kamu harus pikirkan hal ini.

4. Pertimbangkan untuk membuat jaminan diri atau asuransi

5 Pertimbangan Sebelum Kamu Atur Uang, Tiap Orang Beda Metode Lho!pixabay.com/delphinmedia

Di saat seperti ini, kesehatan menjadi hal yang sangat mahal. Makanya kamu juga harus menjaga kesehatan dan dirimu lewat asuransi. Terserah mau pilih asuransi apa, tentunya kamu sendiri yang paling tau tentang dirimu. Setidaknya jikalau terjadi apa-apa sama kamu dan kamu harus mengeluarkan uang dalam jumlah besar, kamu udah aman karena punya jaminan asuransi. Jadi gak pusing di kemudian hari.

5. Jika perlu, pikirkan apa kamu perlu pekerjaan tambahan atau tidak

5 Pertimbangan Sebelum Kamu Atur Uang, Tiap Orang Beda Metode Lho!pixabay.com/Pexels

Setelah memikirkan hal itu semua, kamu pasti akan tau jumlah tabungan dan impianmu ini sinkron apa tidak. Kalau kelihatannya lama banget kalau harus nabung dari pendapatan sekarang buat mewujudkan mimpimu, ya kamu harus pertimbangkan apa perlu kamu kerja sampingan juga. 

Jika udah nyaman dengan karier saat ini tapi memang pendapatan ternyata gak sesuai dengan apa yang kamu ingin raih, pilihannya ya hanya dengan kerja tambahan. Jadi jangan lupa dipikirkan, ya.

Jadi jangan samakan cara mengelola uang semua orang. Jangan nge-judge orang yang hanya nabung sedikit, karena kamu juga gak tau apa tujuan hidup mereka. So, coba pastikan dulu urusanmu dalam mengelola uang. Good luck!

Baca Juga: Selain Menabung, 5 Hal Ini Bantu Kamu Lebih Bijak dalam Mengatur Uang

Laurensius Aldiron Photo Verified Writer Laurensius Aldiron

Seorang pegawai kantoran pada umumnya, yang memilih menulis untuk mengeluarkan opini yang tak bisa disampaikan secara langsung..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya