Comscore Tracker

5 Hal yang Harus Diperhatikan Jika Ingin Membeli Apartemen Murah

Jangan hanya tergoda akan harganya!

Pembelian apartemen di Indonesia terutama di beberapa kota besar seperti Jakarta dan Surabaya disebut-sebut meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Apalagi, saat ini apartemen sudah bukan lagi hanya sebagai hunian tetapi juga dimanfaatkan sebagai alat investasi yang sangat menguntungkan.

Nah, tren pembelian dan investasi apartemen inilah yang kemudian membuat banyak developer berlomba mewujudkan apartemen dengan harga terjangkau. Namun jangan mudah tergiur dulu, ada hal-hal yang harus kamu perhatikan ketika ingin membeli apartemen dengan harga murah. Apa saja? Yuk, simak!

1. Pertimbangkan lokasi apartemen

5 Hal yang Harus Diperhatikan Jika Ingin Membeli Apartemen Murahpinterest.com/

Sebelum membeli apartemen, sebaiknya kamu melakukan survei pada beberapa apartemen terlebih dahulu untuk menentukan wilayah yang paling strategis, sesuai dengan kebutuhanmu. Biasanya yang menjadi prioritas adalah lokasi dengan akses jalan tol mudah, dekat dengan daerah perkantoran, universitas, serta berbagai fasilitas umum seperti rumah sakit, bank, dan minimarket.

Tentu saja lokasi yang strategis ini akan sangat mempengaruhi harga jual apartemen tersebut di kemudian hari. Memilih lokasi yang tepat dan strategis jelas jadi prioritas utama. Namun karena harga apartemen dengan lokasi strategis biasanya juga lebih mahal, maka kamu bisa menghitung-hitung terlebih dahulu dan mempertimbangkan bujetmu.

2. Mau beli dengan cara tunai atau cicilan

5 Hal yang Harus Diperhatikan Jika Ingin Membeli Apartemen Murahfreshome.com/

Pertimbangan harga dan cara pembayaran tentunya menjadi faktor utama dalam membeli sebuah apartemen. Bagi kamu yang sudah memiliki dana tentunya tidak ada masalah untuk langsung membayar apartemen secara tunai. Tentu dengan pembayaran tunai harga apartemen tidak akan dikenakan bunga cicilan sehingga lebih murah, meski pastinya butuh waktu yang cukup lama untuk mengumpulkan uang terlebih dahulu.

Nah bagi kamu yang belum memiliki uang simpanan, maka membayar cicilan bertahap bisa dijadikan salah satu pilihan. Kamu juga bisa menggunakan layanan KPA (Kredit Pemilikan Apartemen) yang disediakan oleh beberapa pihak bank tertentu. Selain memudahkan pengelolaan keuangan karena kamu tidak harus langsung mengeluarkan uang dalam jumlah besar, kamu juga bisa mengatur jangka waktu dan besaran cicilanmu.

Kekurangan dari sistem pembayaran ini adalah total uang yang dikeluarkan pastinya lebih mahal daripada harga asli dari apartemen itu sendiri. Selain itu, faktor suku bunga yang fluktuatif juga mengakibatkan cicilan bunga beresiko bertambah mahal setiap tahunnya.

Baca Juga: 5 Desain Interior Apartemen Retro Modern yang Tampil Beda dan Memukau

3. Cek terlebih dahulu soal fasilitas yang ada

5 Hal yang Harus Diperhatikan Jika Ingin Membeli Apartemen Murahkidspot.com.au/

Setiap apartemen tentu memiliki fasilitas yang berbeda-beda. Pada umumnya semakin lengkap fasilitas akan semakin mahal juga harga apartemen tersebut. Pilihlah apartemen dengan fasilitas dan lingkungan yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Berbagai fasilitas yang ditawarkan apartemen biasanya meliputi pasar swalayan, foodcourt, area parkir, shuttle bus, service charge yang terjangkau, kolam renang, taman bermain dan fasilitas olahraga. Beberapa apartemen juga menyediakan ruang terbuka hijau, area parkir yang luas, dan taman. Namun yang harus menjadi prioritas kamu pastinya adalah adanya fasilitas keamanan.

4. Pastikan status tanah bangunannya jelas

5 Hal yang Harus Diperhatikan Jika Ingin Membeli Apartemen Murahpinterest.com/

Sebelum membeli apartemen perhatikan pula soal status tanah bangunan. Pastikan bahwa tanah yang dipakai sebagai lahan bangunan apartemen bukanlah tanah sengketa atau masih berstatus sewa. Dokumen juga tidak boleh bermasalah, misalnya menjadi jaminan di bank. Pastikan juga apartemen tersebut sudah menjadi hak milik pengembang, dan bukan masih status Build, Operate, Transfer (BOT).

BOT merupakan pemanfaatan aset milik negara atau daerah berupa tanah yang pemanfaatannya dilimpahkan kepada pihak lain selama jangka waktu tertentu. Karena jika waktu yang ditentukan telah habis, maka tanah dan bangunan tersebut harus dikembalikan atau diserahkan kepada pemerintah pusat atau pemerintah daerah.

5. Sesuaikan dengan rencana masa depanmu

5 Hal yang Harus Diperhatikan Jika Ingin Membeli Apartemen Murahsoonafternoon.com/

Pemilihan apartemen harus disesuaikan dengan kebutuhanmu. Jika kamu masih lajang, mungkin akan berpikiran untuk membeli apartemen tipe studio yang tidak terlalu besar. Namun di kemudian hari kamu tentu akan memutuskan untuk berkeluarga, maka lebih baik sejak awal kamu memilih apartemen yang setidaknya mempunyai dua kamar, sehingga kamu tidak perlu melakukan investasi dua kali.

Berbeda jika kamu sengaja membeli apartemen untuk berinvestasi, kamu bisa membeli apartemen saat masih dalam proses pembangunan. Biasanya harganya akan relatif lebih murah.

Nah gimana? Sudah semakin jelas 'kan tentang apa saja hal-hal yang harus diperhatikan ketika akan membeli apartemen dengan harga murah? Selamat berinvestasi, ya!

Baca Juga: 5 Pertimbangan Saat Memilih Rumah atau Apartemen untuk Hunian Pertama

Pagi Kusumardani Photo Verified Writer Pagi Kusumardani

When in doubt, pray it out!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya