Comscore Tracker

Elon Musk Mau Jual Saham Tesla untuk Bayar Pajak, Kok Bisa?

Musk menghadapi tagihan pajak 15 miliar dolar AS

Jakarta, IDN Times – CEO Tesla Elon Musk menghadapi tagihan pajak lebih dari 15 miliar dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp210 triliun dalam beberapa bulan mendatang karena opsi sahamnya. Hal ini pun mempertegas kemungkinan Musk akan menjual sebagian saham Tesla miliknya tahun ini.

Sebelumnya akhir pekan ini Musk bertanya kepada 62,7 juta pengikut Twitternya apakah dia harus menjual 10 persen dari kepemilikan saham Tesla.

“Banyak yang dibuat akhir-akhir ini dari keuntungan yang belum direalisasi sebagai sarana penghindaran pajak, jadi saya mengusulkan untuk menjual 10 persen saham Tesla saya,” tweetnya, sebagaimana dikutip dari CNBC, Senin (8/11/2021).

Baca Juga: Elon Musk Mau Sumbang Rp84 Triliun untuk Kelaparan, tapi Ada Syaratnya

1. Akan ikuti saran followers-nya

Elon Musk Mau Jual Saham Tesla untuk Bayar Pajak, Kok Bisa?CEO Tesla Elon Musk. Foto diambil dari media sosial. instagram.com/elonmusk

Dalam postingan Twitter itu Musk mengatakan akan menjalankan hasil jajak pendapat tersebut, apa pun hasilnya. Hasilnya 58 persen mendukung penjualan dan 42 persen menentang. Ini berarti orang terkaya di dunia itu akan menjual sahamnya.

“Saya akan mematuhi hasil jajak pendapat ini, bagaimanapun caranya,” tulisnya.

Baca Juga: Sultan! Harta Elon Musk Setara Gabungan Bill Gates dan Warren Buffett

2. Musk punya tagihan pajak

Elon Musk Mau Jual Saham Tesla untuk Bayar Pajak, Kok Bisa?Ilustrasi Tesla (pixabay.com/ElasticComputeFarm)

Namun, laporan menyebut bahwa tidak peduli hasil jajak pendapat itu, Musk kemungkinan akan mulai menjual jutaan saham pada kuartal ini. Alasannya adalah karena ia memiliki tagihan pajak yang lebih dari 15 miliar dolar AS.

Musk dianugerahi opsi pada 2012 sebagai bagian dari rencana kompensasi. Karena dia tidak mengambil gaji atau bonus tunai, kekayaannya berasal dari penghargaan saham dan keuntungan harga saham Tesla.

Penghargaan pada 2012 adalah untuk 22,8 juta saham dengan harga kesepakatan 6,24 dolar AS per saham. Saham Tesla ditutup di level 1,222,09 dolar AS pada Jumat lalu, yang berarti keuntungannya dari saham hanya senilai total di bawah 28 miliar dolar AS.

Perusahaan juga baru-baru ini mengungkapkan bahwa Musk telah mengambil pinjaman menggunakan sahamnya sebagai jaminan, dan dengan penjualan, Musk mungkin ingin membayar kembali sebagian dari kewajiban pinjaman tersebut.

Baca Juga: Tajir Melintir! Kekayaan Bersih Elon Musk Dekati Rp4.200 Triliun

3. Rincian pajak Elon Musk

Elon Musk Mau Jual Saham Tesla untuk Bayar Pajak, Kok Bisa?Elon Musk, CEO Tesla, SpaceX (Instagram.com/elonmuskk)

Seperti yang dicatat Tesla dalam pengajuan kuartal ketiganya “Securities and Exchange Commission 10-Q” tahun ini, Musk kemungkinan harus menjual saham dalam kondisi tertentu.

“Jika harga saham biasa kami turun secara substansial, Mr. Musk mungkin dipaksa oleh satu atau lebih lembaga perbankan untuk menjual saham biasa Tesla untuk memenuhi kewajiban pinjamannya jika dia tidak dapat melakukannya melalui cara lain. Penjualan semacam itu dapat menyebabkan harga saham biasa kami turun lebih jauh,” menurut pengajuan tersebut.

Opsi berakhir pada Agustus tahun depan. Namun untuk menjalankannya, Musk harus membayar pajak penghasilan atas keuntungan tersebut. Karena opsi dikenakan pajak sebagai imbalan atau kompensasi karyawan, opsi tersebut akan dikenakan pajak pada tingkat pendapatan biasa teratas, atau 37 persen ditambah pajak investasi bersih 3,8 persen. Dia juga harus membayar tarif pajak tertinggi 13,3 persen di California sejak opsi diberikan dan sebagian besar diperoleh saat dia menjadi wajib pajak California.

Jika digabungkan, tarif pajak negara bagian dan federal akan menjadi 54,1 persen. Jadi total tagihan pajak atas opsinya, dengan harga saat ini, akan menjadi 15 miliar dolar AS.

Musk belum mengkonfirmasi jumlah tagihan pajaknya. Tapi dalam tweetnya dia membahas soal pajaknya. “Perhatikan, saya tidak mengambil gaji tunai atau bonus dari mana pun. Saya hanya punya saham, jadi satu-satunya cara bagi saya untuk membayar pajak secara pribadi adalah dengan menjual saham.”

Analis dan pakar pajak memperkirakan Musk akan mulai menjual sahamnya pada kuartal keempat 2021.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya