Comscore Tracker

Harga Dogecoin Melonjak 11 Ribu Persen di 2021, Ini Sebabnya

Salah satunya yaitu karena Elon Musk

Jakarta, IDN Times – Harga koin digital (cryptocurrency) bermaskot anjing Shiba Inu, Dogecoin, telah meningkat pesat sepanjang tahun ini. Menurut CoinDesk, nilai Dogecoin telah naik lebih dari 11 ribu persen di 2021, menjadikannya berada di urutan 10 besar aset digital paling bernilai tinggi tahun ini.

Sebagaimana dilaporkan Market Watch pada Selasa (4/5/2021), mengutip data CoinDesk, Dogecoin diperdagangkan pada harga 58 sen, naik sekitar 40 persen dalam 24 jam terakhir dan sejauh ini naik sekitar 11.210 persen pada tahun 2021.

Kenaikan itu jelas disambut baik para pendukung koin itu, namun juga membuat para kritikus memperingatkan akan potensi gelembung aset pada koin tersebut, yang mana pada akhirnya dapat merugikan investornya.

Lalu, apa sebenarnya yang membuat nilai Dogecoin terus naik tajam? Berikut adalah sejumlah alasannya.

Baca Juga: Dogecoin VS Bitcoin, Mana yang Lebih Baik untuk Investasi?

1. Elon Musk jadi host di SNL

Harga Dogecoin Melonjak 11 Ribu Persen di 2021, Ini SebabnyaTweet @elonmusk

Pendorong terbesar dari nilai Dogecoin adalah kabar bahwa Elon Musk, CEO Tesla Inc dan SpaceX, akan menjadi pembawa acara “Saturday Night Live” pada akhir pekan ini.

Musk merupakan tokoh yang telah secara terang-terangan mendukung Dogecoin. Dalam beberapa bulan terakhir, pria yang menyebut dirinya sebagai “Dogefather” itu telah sering membahas koin yang dimulai dari meme itu di Twitternya.

Kehadiran Musk di acara SNL sebagai host pun digadang-gadang akan meningkatkan nilai Dogecoin, karena para pendukungnya berspekulasi bahwa Musk mungkin akan mempromosikan Dogecoin di acara itu.

“Dogecoin melonjak karena banyak pedagang mata uang kripto tidak ingin ketinggalan berita apa pun yang berasal dari pembawa acara ‘Saturday Night Live’ oleh Elon Musk,” tulis Edward Moya, analis pasar senior di Oanda, dalam catatan harian.

2. Semakin banyak bursa memperdagangkan Dogecoin

Harga Dogecoin Melonjak 11 Ribu Persen di 2021, Ini Sebabnyafreepik.com/mk1ne

Alasan selanjutnya dari kenaikan harga Dogecoin yaitu semakin banyaknya bursa dan platform yang memperdagangkan Dogecoin di bursa mereka dalam beberapa hari dan minggu terakhir.

Salah satu yang terbaru yaitu bursa kripto Gemini, yang pada Selasa mengumumkan perdagangan dan perwalian koin itu. Platform perdagangan eToro juga menyediakan Dogecoin untuk diperdagangkan di platformnya. Sementara Webull sudah mulai mengizinkan penggunanya untuk membeli Dogecoin pada 20 April.

3. FOMO

Harga Dogecoin Melonjak 11 Ribu Persen di 2021, Ini SebabnyaIlustrasi Bitcoin (Twitter.com/bitcoin)

Rasa takut ketinggalan (fear of missing out/FOMO) juga disebut menjadi salah satu alasan di balik lonjakan harga tersebut. Beberapa peserta kripto berspekulasi bahwa kenaikan Dogecoin didukung oleh pedagang ritel yang melihat koin itu sebagai aset investasi (atau perdagangan) yang lebih dapat diakses daripada koin lainnya, termasuk Bitcoin.

Saat ini harga Bitcoin berada di kisaran angka 54 ribu dolar AS, menurut CoinDesk.

Di sisi lain, harga aset investasi tradisional seperti emas berjangka maupun saham, tidak begitu tinggi kenaikannya dalam waktu singkat seperti kripto. Oleh karenanya cryptocurrency ini dianggap lebih menarik.

Baca Juga: Harga Dogecoin Melonjak Gara-Gara Elon Musk dan Mark Cuban

4. Aksesibilitas

Harga Dogecoin Melonjak 11 Ribu Persen di 2021, Ini Sebabnyapixabay/mohamed_hassan

Konstantin Boyko-Romanovsky, CEO Allnodes, melalui pesan email, mengatakan bahwa dia memandang dukungan dari Musk dan sesama miliarder Mark Cuban sebagai penyebab utama naiknya harga Dogecoin.

Namun ia juga menyebut bahwa Dogecoin yang mungkin lebih mudah diakses oleh beberapa orang karena lebih murah, juga menjadikan cryptocurrency ini lebih banyak dipilih untuk investasi.

“Ini lebih menarik bagi masyarakat umum karena harganya sangat murah. Harga 60.000 dolar AS untuk satu Bitcoin mungkin mengintimidasi beberapa orang. Bisa dibilang Doge lebih seperti Dolar AS tapi dalam bentuk digital,” tulisnya.

Baca Juga: Mengenal Dogecoin, Cryptocurrency Populer selain Bitcoin

5. Gelembung & mania

Harga Dogecoin Melonjak 11 Ribu Persen di 2021, Ini SebabnyaTweet @mcuban

Moya juga menulis bahwa gelembung (bubble) Dogecoin bisa saja sedang terjadi saat ini. Namun, kepentingan institusional yang mencoba memanfaatkan momentum ini dapat mendukung kenaikan lebih lanjut dari harga koin ini.

Meski demikian, banyak orang yang skeptis memperingatkan bahwa Dogecoin dapat membuat banyak investor pemula mengalami kerugian jika mereka masuk ke dalam aset dengan tidak hati-hati.

Topic:

  • Rehia Sebayang
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya