Comscore Tracker

Ini Alasan Mengapa Harga Dogecoin Sentuh Rekor Tertinggi Baru

Harga Dogecoin capai rekor tertinggi baru di atas 0,50 dolar

Jakarta, IDN Times – Harga Dogecoin telah mencapai rekor tertinggi baru sepanjang masa pada Selasa (4/5/2021), menembus level 0,50 dolar Amerika Serikat (AS). Lonjakan harga Dogecoin terjadi setelah platform perdagangan online populer eToro asal Israel dikabarkan akan menawarkan aset kripto itu kepada pelanggannya.

Keputusan untuk memperdagangkan Dogecoin di platform itu terjadi setelah eToro mendapat kecaman dari pelanggan karena tidak mendukung Dogecoin, meskipun mengalami kenaikan harga yang luar biasa pada 2021.

Baca Juga: Harga Dogecoin Melonjak Gara-Gara Elon Musk dan Mark Cuban

1. Coinbase enggan masukkan Dogecoin

Ini Alasan Mengapa Harga Dogecoin Sentuh Rekor Tertinggi BaruAplikasi Coinbase (sc: Rehia Sebayang)

Meski demikian, masih ada sejumlah platform dan bursa yang enggan menambahkan Dogecoin, termasuk Coinbase. Salah satu alasannya yaitu karena volatilitas koin bermaskot anjing Shiba Inu ini.

“Dogecoin adalah investasi berbiaya rendah dan berisiko tinggi dengan potensi pengembalian besar-besaran, yang tidak bisa ditemukan di tempat lain saat ini,” kata Profesor Carol Alexander, akademisi kripto terkemuka di University of Sussex Business School, kepada The Independent.

2. Pasokan Dogecoin terus meningkat

Ini Alasan Mengapa Harga Dogecoin Sentuh Rekor Tertinggi BaruIlustrasi Bitcoin (Twitter.com/bitcoin)

Dalam e-mail kepada pelanggan, eToro menyatakan penawaran Dogecoin adalah bagian dari perluasan lebih lanjut dari layanan kriptonya.  Saat ini bursa ini menyediakan 19 mata uang kripto.

“Di bawah branding, Dogecoin didasarkan pada pondasi teknis yang kuat, menggunakan mekanisme bukti kerja, seperti Litecoin atau Bitcoin, dengan perbedaan kecil namun penting,” jelas eToro, sebagaimana dikutip dari The Independent.

Platform ini lebih lanjut mengatakan bahwa pasokan Dogecoin juga menjadi pertimbangan. Di mana tidak seperti pasokan tetap Bitcoin dan waktu blok yang relatif lambat, pasokan Dogecoin meningkat pada tingkat yang stabil. Ini membuat Dogecoin berinflasi dengan transaksi yang lebih cepat dan lebih murah.

“Kualitas yang menurut beberapa orang membuatnya ideal untuk digunakan sebagai mata uang dunia nyata,” jelas eToro.

Baca Juga: Mengenal Dogecoin, Cryptocurrency Populer selain Bitcoin

3. Oakland Athletics juga jadi pendorong

Ini Alasan Mengapa Harga Dogecoin Sentuh Rekor Tertinggi BaruCryptocurrency Dogecoin (sc: Twitter Elon Musk)

Selain eToro, melansir CoinDesk, pendorong lonjakan harga Dogecoin lainnya adalah keputusan tim baseball Oakland Athletics untuk menjual tiket dengan Dogecoin. Dalam pengumuman pada Senin (3/5/2021), tim baseball liga utama Amerika Serikat itu mengatakan, mereka menjual dua kursi seharga 100 DOGE untuk tiga pertandingan melawan Toronto Blue Jays.

Dengan lonjakan harga pada Selasa, Dogecoin sudah menguat lebih dari 9.000 persen tahun ini, mengungguli Bitcoin dan Ethereum dengan selisih besar.

Dengan reli yang sangat tinggi itu, kapitalisasi pasar DOGE telah melonjak hingga lebih dari 59 miliar dolar AS, menurut Messari, menjadikannya mata uang kripto terbesar keempat di dunia.

Baca Juga: Harga Dogecoin Melonjak 11 Ribu Persen di 2021, Ini Sebabnya

Topic:

  • Rehia Sebayang
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya