Comscore Tracker

Maaf ya! Elon Musk Tak Lagi Terima Bitcoin untuk Beli Tesla

Gara-gara ini, harga Bitcoin anjlok

Jakarta, IDN Times – Tesla Inc telah menangguhkan penggunaan Bitcoin untuk membeli kendaraan listriknya. Alasannya adalah karena masalah iklim, kata Chief Executive Officer (CEO) Elon Musk dalam tweet pada Rabu (12/5/2021).

Namun, Musk mengatakan Tesla tidak akan menjual Bitcoin yang dimilikinya, dan akan menggunakan Bitcoin untuk transaksi segera setelah penambangan (mining) Bitcoin dilakukan dengan energi yang lebih berkelanjutan.

“Kami juga melihat cryptocurrency lain yang menggunakan <1 persen dari energi Bitcoin per transaksi,” kata Musk, menurut Channel News Asia.

Baca Juga: 12 Istilah Ngetop yang Perlu Diketahui Sebelum Investasi Bitcoin Cs

1. Harga Bitcoin anjlok

Maaf ya! Elon Musk Tak Lagi Terima Bitcoin untuk Beli TeslaIlustrasi Bitcoin (ANTARA/REUTERS/Benoit Tessier)

Setelah pengumuman Musk, harga Bitcoin, mata uang digital terbesar di dunia, turun lebih dari 7 persen dan diperdagangkan pada 52.669 dolar Amerika serikat (AS).

Sebelumnya pada Februari, harga Bitcoin melonjak tajam setelah Tesla mengumumkan pembelian Bitcoin senilai 1,5 miliar dolar AS dan mengumumkan rencana untuk menggunakannya sebagai pembayaran untuk pembelian mobil listrik buatan perusahaan.

Musk kemudian mengumumkan pelanggan dapat membeli kendaraan listrik Tesla dengan Bitcoin pada Maret.

Baca Juga: Dogecoin VS Bitcoin, Mana yang Lebih Baik untuk Investasi?

2. Penambangan Bitcoin memakan banyak energi

Maaf ya! Elon Musk Tak Lagi Terima Bitcoin untuk Beli TeslaIlustrasi Bitcoin (ANTARA/REUTERS/Dado Ruvic)

Pembuatan mata uang digital (cryptocurrency) memakan banyak daya dikarenakan melibatkan banyak komputer bertenaga tinggi dan sejumlah mesin lain. Komputer-komputer itu dibutuhkan untuk memecahkan teka-teki matematika yang kompleks. Parahnya, energi yang dipakai sering bergantung pada listrik yang dihasilkan dengan bahan bakar fosil, terutama batu bara.

Pada tingkat saat ini, penambangan Bitcoin tahunannya memakan jumlah energi yang sama seperti yang dihabiskan Belanda pada tahun 2019, menurut data terbaru dari Universitas Cambridge dan Badan Energi Internasional.

3. Bertolak belakang dengan misi Tesla

Maaf ya! Elon Musk Tak Lagi Terima Bitcoin untuk Beli TeslaCEO Tesla Elon Musk. Foto diambil dari media sosial. instagram.com/elonmusk

Tesla merupakan perusahaan pembuat kendaraan listrik yang ramah lingkungan. Oleh karenanya, penambangan Bitcoin yang banyak memakan energi bertentangan dengan tujuan perusahaan.

Meski menangguhkan penggunaan Bitcoin, Musk merupakan sosok yang sangat percaya pada mata uang digital, tetapi ia juga mendukung teknologi bersih.

Cryptocurrency adalah ide yang bagus di banyak tingkatan dan kami percaya ini memiliki masa depan yang menjanjikan, tetapi ini tidak boleh merugikan lingkungan,” kata Musk.

Baca Juga: Pertama di Asia, Pria Ini Beli Lamborghini Pakai Bitcoin

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya