Comscore Tracker

Wah, Warren Buffett Diam-Diam Berinvestasi di 3 Perusahaan Ini

Ada perusahaan telekomunikasi dan minyak

Jakarta, IDN Times – Perusahaan milik investor Warren Buffett, Berkshire Hathaway, telah melakukan sejumlah investasi baru yang dirahasiakan baru-baru ini.

Dari dokumen terbaru yang dirilis Selasa (16/2/2021), Berkshire diketahui melakukan investasi di tiga jenis perusahaan yang berbeda dari biasanya, yaitu yang bergerak di bidang telekomunikasi, asuransi dan minyak.

Baca Juga: Wow! Miliarder Warren Buffett Sumbang Rp42 Triliun, Tetap Kaya Raya

1. Investasi di tiga perusahaan

Wah, Warren Buffett Diam-Diam Berinvestasi di 3 Perusahaan IniIlustrasi harga minyak (IDN Times/Arief Rahmat)

Menurut laporan, Berkshire telah membeli saham di Verizon Communications Inc., pialang asuransi Marsh & McLennan Cos. dan Chevron Corp. Investasi Berkshire di ketiga perusahaan itu baru diketahui karena Berkshire tidak mengungkapkannya dalam pengajuan peraturan di kuartal ketiga lalu.

Di Chevron, Berkshire berinvestasi senilai hampir 4,1 miliar dolar AS pada akhir tahun 2020, sementara investasi di Marsh & McLennan bernilai 499 juta dolar AS. Berkshire mengakumulasi 8,6 miliar dolar AS saham di Verizon, di mana mereka juga pernah berinvestasi sebelum menjual kepemilikan pada 2019.

Berita investasi tersebut langsung membuat saham ketiga perusahaan tersebut naik dalam perdagangan setelah pasar (after-market trading).

2. Menjual saham Apple

Wah, Warren Buffett Diam-Diam Berinvestasi di 3 Perusahaan Ini

Meski membeli saham di tiga perusahaan tersebut, ternyata selama beberapa bulan terakhir Berkshire mengurangi kepemilikannya di Apple Inc.

Menurut pengajuan lain, setelah melakukan sejumlah penjualan, kepemilikan Berkshire atas saham Apple hanya tersisa sekitar 120 miliar dolar Amerika Serikat (AS) pada akhir 2020. Sementara itu di sisi lain, perusahaan pembuat iPhone itu masih menjadi pemegang saham tunggal terbesar Berkshire.

Baca Juga: 4 Buku Rekomendasi Warren Buffett untuk Belajar Investasi

3. Banyak berinvestasi di sektor perbankan

Wah, Warren Buffett Diam-Diam Berinvestasi di 3 Perusahaan IniWarren Buffett (Pixabay.com)

Buffett dan deputi investasinya, Todd Combs dan Ted Weschler, telah membentuk kembali portofolionya selama setahun terakhir ketika pandemik virus corona melanda AS. Perusahaan itu banyak berinvestasi di sektor perbankan, yang telah berkinerja dengan baik selama pandemik meski cukup terdampak di bisnis keuangan konsumen dan perumahan komersial.

Namun dalam beberapa bulan terakhir Berkshire telah mulai melakukan pengurangan investasi di sejumlah bank tersebut. Berkshire telah menjual sahamnya di JPMorgan Chase & Co., PNC Financial Services Group Inc. dan M&T Bank Corp. Mereka juga mengurangi kepemilikan di Wells Fargo & Co. sebesar 59 persen.

Perusahaan juga telah banyak berinvestasi di perusahaan farmasi, meningkatkan kepemilikan di Merck & Co Inc., Abbvie Inc. dan Bristol-Myers Squibb Co. Namun mereka baru-baru ini mengakhiri investasi di Pfizer Inc.

Berkshire juga telah menjual kepemilikan di Barrick Gold Corp. Perusahaan juga memangkas investasi di General Motors Co., memotong kepemilikan mereka menjadi saham senilai sekitar 3 miliar dolar pada akhir kuartal keempat.

Baca Juga: 10 Fakta Menarik tentang Warren Buffet, Bapak Investasi Dunia

Topic:

  • Rehia Sebayang
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya