Comscore Tracker

4 Buku Rekomendasi Warren Buffett untuk Belajar Investasi

Buffett menyukai karya Benjamin Graham dan George Goodman

Jakarta, IDN Times – Ketua dan CEO Berkshire Hathaway Warren Buffett dikenal sebagai orang yang jago berinvestasi. Ini tidak hanya karena dirinya memiliki rekam jejak yang baik dalam hal berinvestasi, tapi juga karena pria yang tinggal dan bekerja di Omaha, Nebraska, Amerika Serikat (AS) itu telah dijadikan sebagai guru investasi oleh banyak orang di dunia.

Banyak komunitas investasi yang mengikuti pilihan dan komentar investasinya di pasar. Berkat keahliannya itu, Buffett memiliki julukan Oracle of Omaha.

Namun demikian, pengetahuan investasi Buffet itu tidak didapat begitu saja. Pria kelahiran 30 Agustus 1930 itu diketahui suka membaca buku-buku terkait investasi. Berikut adalah 4 buku yang direkomendasikan Buffet untuk belajar investasi:

Baca Juga: Inspiratif, 6 Karakter Warren Buffett yang Dapat Kamu Jadikan Teladan

1. Analisis Keamanan/Security Analysis

4 Buku Rekomendasi Warren Buffett untuk Belajar InvestasiSecurity Analysis (https://www.amazon.com/)

Ditulis oleh profesor Columbia Business School Benjamin Graham, bapak investasi nilai, dan David Dodd, buku “Analisis Keamanan” membahas soal dasar investasi nilai, atau membeli saham dan menahannya untuk jangka waktu yang lama.

Buku itu berdampak besar pada Buffett. Bahkan, setelah Buffett mengetahui Graham dan Dodd mengajar di Universitas Columbia, Buffett menghubungi Dodd dan meminta untuk diterima di kelas di sana. Ia mendapat gelar masternya di sana.

“Saya berkata, ‘Profesor Dodd yang terhormat. Saya pikir kalian sudah mati, tetapi sekarang saya mengetahui bahwa Anda masih hidup dan mengajar di Columbia, saya benar-benar ingin datang,’” kata Buffett dalam “Becoming Warren Buffett” di HBO.

Baca Juga: Wow! Miliarder Warren Buffett Sumbang Rp42 Triliun, Tetap Kaya Raya

2. Investor Cerdas/Intelligent Investor

4 Buku Rekomendasi Warren Buffett untuk Belajar InvestasiIntelligent Investor (https://www.amazon.com/)

Buffett telah merekomendasikan buku “Investor Cerdas”, yang juga ditulis oleh Benjamin, berkali-kali.

“Bagaimanapun, kehidupan finansial saya berubah setelah membeli 'Investor Cerdas’,” tulis Buffett dalam suratnya pada tahun 2013 kepada pemegang saham Berkshire Hathaway. “Ide Ben dijelaskan secara logis dalam prosa yang elegan dan mudah dipahami.”

Buku ini menawarkan penjelasan mendalam tentang proses investasi nilai.

“Dari semua investasi yang pernah saya lakukan, membeli buku Ben adalah yang terbaik (kecuali untuk pembelian dua surat nikah saya),” kata Buffett pada 2013.

Baca Juga: 10 Fakta Menarik tentang Warren Buffet, Bapak Investasi Dunia

3. Permainan Uang/The Money Game

4 Buku Rekomendasi Warren Buffett untuk Belajar InvestasiThe Money Game (https://www.amazon.com/)

Buku The Money Game ditulis oleh George Goodman alias Adam Smith.

″(Goodman, aka Smith), terutama dalam ‘The Money Game,’ sangat berwawasan luas, dan dia tahu cara membuat prosa juga bernyanyi, “ kata Buffett kepada The Wall Street Journal pada tahun 2014.

Dalam “The Money Game”, yang diterbitkan pada tahun 1968, Goodman berpendapat bahwa pasar saham harus dilihat sebagai permainan dan menulis hiruk pikuk Wall Street di tahun 60-an sebagai contoh.

“Dia tahu bagaimana menunjukkan jarinya pada hal-hal yang belum pernah diidentifikasi sebelumnya. (Goodman) berpegang pada fakta, tapi dia membuatnya jauh lebih menarik,” kata Buffett.

4. Uang Super/Supermoney

4 Buku Rekomendasi Warren Buffett untuk Belajar InvestasiSupermoney (https://www.amazon.com/)

Juga ditulis oleh Goodman, buku terbitan tahun 1972 ini menyoroti pasar saham di tahun 70-an dan bahkan menampilkan profil Buffett sendiri.

“Dalam buku ini, Adam Smith mengatakan saya suka metafora bisbol. Dia benar,” tulis Buffett di depan buku itu.

“Jadi saya hanya akan mendeskripsikan buku ini sebagai padanan dari penampilan (New York Yankees’) Don Larsen pada 8 Oktober 1956. Bagi yang belum tahu, itu adalah hari dimana dia melempar satu-satunya permainan sempurna dalam sejarah seri dunia.”

Baca Juga: Inspiratif, 6 Karakter Warren Buffett yang Dapat Kamu Jadikan Teladan

Topic:

  • Rehia Sebayang
  • Dwi Agustiar
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya