Tak Punya Modal untuk Rekrut Pegawai? Kuasai 6 Skill Ini

Banyak ilmu, banyak rezeki! #MakinKuatInternetan #4GPlusKuat

Mau mulai berbisnis tapi suka bingung mulai dari mana. Apalagi belum punya modal uang yang banyak untuk merekrut fotografer, layouter, akuntan, dan copywriter untuk mengerjakan bisnis online shop milikmu.

Eits, santai! Meski hanya sendirian tanpa dibantu ahlinya, ternyata bisnis online kamu juga bisa jalan lho. Repot di awal sih, tapi kalau kamu punya kemauan buat ngerjain usaha yang dibangun dari kecil, mesti banget punya beberapa skill ini. Apa aja tuh?

1. Harus pandai memotret produk jualan

Tak Punya Modal untuk Rekrut Pegawai? Kuasai 6 Skill Iniunsplash.com/@jack_scorner

Foto produk adalah poin utama saat ingin menjual suatu barang ataupun jasa via online. Semakin bagus hasil fotonya, semakin tertarik orang untuk mau memiliki produk jualanmu. Kualitas foto bahkan dapat menaikkan nilai produk itu sendiri. Jangan heran kalau akhirnya barang jualanmu bisa laku keras.

Makanya, penting banget untuk belajar cara mengambil angle yang tepat, mengatur pencahayaan baik itu menggunakan lampu ataupun memakai bantuan sinar matahari, memilih talent foto yang tepat serta menentukan background yang cocok.

Jika belum punya kamera sendiri, motret menggunakan handphone ternyata juga bisa bikin hasil yang lumayan bagus. Di sinilah peran skill memotret dibutuhkan. Kamu dapat belajar otodidak lewat artikel dan juga video tutorial. Makin sering mencoba, makin mahir dirimu.

2. Mampu mengelola uang dengan efisien dan punya niat untuk membuat laporan cash flow

Tak Punya Modal untuk Rekrut Pegawai? Kuasai 6 Skill Inipexels.com/@pixabay

Poin ini gak kalah penting. Agar usaha kecilmu dapat berjalan dengan baik dan kondisi keuangan bisnismu sehat, kamu perlu banget belajar soal rencana keuangan. Berbisnis itu tidak hanya soal menciptakan produk setiap saat, tapi juga perlu memikirkan biaya promosi, biaya iklan, biaya produksi dan biaya lainnya.

Percuma produk laris manis tapi gak ada catatan arus kas. Percuma banyak pembeli tapi catatan penjualan dan pembelian saja gak dilaporkan. Semua yang berurusan dengan duit harus dipikirkan dengan matang, apalagi jika ingin usahanya berkembang dan makin dikenal.

3. Cakap mendesain layout foto dan menulis konten menarik

Tak Punya Modal untuk Rekrut Pegawai? Kuasai 6 Skill Inipexels.com/@rawpixel

Apa alasan pertama masuk ke salah satu toko yang ditemui random saat lagi jalan-jalan di mal? Betul sekali. Desain interior sangat mempengaruhi minat kita untuk masuk ke toko tersebut. Bisa berakhir cuci mata saja atau malah membeli suatu barang.

Sama aja seperti feed di sosial media dan layout di website jualanmu. Semakin tampilannya unik dan menarik karena dibumbuhi desain yang kece, semakin besar niat orang untuk berbelanja.

Ingin menambah kedekatan personal dengan calon pembelimu? Wajib banget punya ide segudang untuk membuat konten yang inspiratif, komunikatif dan menghibur. Inspirasinya bisa dicari di mana saja. Seandainya isi kontenmu selalu aktif, maka jangan kaget kalau calon pembeli juga makin berdatangan.

4. Harus kreatif saat mengerjakan copywriting

Tak Punya Modal untuk Rekrut Pegawai? Kuasai 6 Skill Inipexels.com/@stokpic

Selain tampilannya yang harus menarik calon pembeli supaya kepo dengan feed media sosialmu, kalimat per kalimat di sebuah iklan ataupun caption fotomu juga mesti dipikirkan. Sehebat apa sih copywriting itu? Ia bisa membuat calon pembelimu yang tadinya menunda-nunda untuk membeli, jadi berubah pikiran agar segera membayar barang jualanmu tanpa menimbang-nimbang lagi.

Jika memang online shop ini baru bisa dijalankan sendiri tanpa bantuan copywriter, ataupun karena minim modal uang, skill satu ini mesti banget dipelajari ya.

Baca Juga: 5 Hal Ini Pasti Akan Terjadi Jika Internet Menghilang

5. Lihai merancang iklan berbayar, promo, diskon, giveaway dan sejenisnya

Tak Punya Modal untuk Rekrut Pegawai? Kuasai 6 Skill Inihttps://www.pexels.com/@minan1398

Feed Instagram udah keren, hasil foto juga oke, laporan keuangan sudah rapi, konten dan copywriting juga sudah interaktif. Tapi masih ada yang kurang nih. Kira-kira supaya barang jualan kamu bisa dilihat oleh calon pembeli, apa yang harus kamu lakuin?

Salah satunya adalah iklan berbayar yang dirancang agar calon pembeli yang belum follow dan belum kenal produk kamu, jadi bisa 'jalan-jalan' ke media sosial jualanmu. Bahkan jualan yang belum laku-laku, bisa diborong habis kalau ada diskon dan promo bundling misalnya.

Makanya, ilmu membuat iklan, menyusun promo serta diskon dan sejenisnya, perlu banget diserap ke otak agar usaha yang sedang kamu jalankan sendirian, bisa jalan terus. Lagian, ini salah satu penghargaan juga kok untuk konsumen yang mau setia dan sabar menunggu produk kita diluncurkan.

6. Memilih jaringan internet yang cepat dan kuat

Tak Punya Modal untuk Rekrut Pegawai? Kuasai 6 Skill Inihttps://www.pexels.com/@rawpixel/

Apa jadinya menjalankan online shop tanpa jaringan internet yang cepat? Semua proses belajar untuk mencapai penguasaan skill, seperti menonton video tutorial online, ikutan kelas iklan via grup chat, unggah foto ke sosial media, dan mencari inspirasi lewat googling, benar-benar akan terasa mudah dikerjakan asalkan kamu menggunakan jaringan #4GPlusKuat dari IM3 Ooredoo.

Senangnya lagi, IM3 Ooredoo ini sudah menyebar ke lebih dari 80 persen populasi penduduk di negeri tercinta kita. Jadi, mau sambil traveling, pulang kampung, atau dinas ke luar kota, kamu tetap bisa menunaikan tugasmu untuk berjualan via online. #MakinKuatInternetan dan makin lancar nerima penghasilan nih.

Penasaran apakah kotamu sudah terjangkau 4G Plus dari IM3 Ooredoo? Bisa banget lho main-main ke https://indosatooredoo.com/4gplus. Belajar 6 skill jadi makin semangat dong soalnya kuota unlimited dan jaringan super cepat.

Yakin deh, jika semua kemampuan ini sudah kamu kuasai, produk jualan kamu tentu bisa lebih diterima masyarakat. Kerjakan dengan konsisten dan niat supaya jualanmu terus eksis dan gak tenggelam dari jualan baru lainnya. Apalagi dengan bantuan #4GPlusKuat milik IM3 Ooredoo, aktivitas #MakinKuatInternetan bisa dikerjakan di tempat suka-suka.

Baca Juga: Cerita Seputar Internet Dapat 15 Juta Rupiah? Simak Caranya di Sini!

Ribka Damanik Photo Community Writer Ribka Damanik

Nulis demi bisa bayar cicilan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You