Comscore Tracker

4 Alasan Kenapa Kamu Harus Mulai Berbisnis, Jangan Ragu!

Jangan menunda untuk memulai bisnismu ya!

Jakarta, IDN Times - Berbisnis atau membuka usaha kerap jadi alternatif sebagian orang untuk bisa menghasilkan uang. Namun, dalam praktiknya, orang cenderung menunggu alasan yang tepat untuk memulai bisnis.

Pertanyaan terkait alasan untuk memulai bisnis sering jadi penghalang seseorang untuk mulai membuka usaha. Padahal, memulai bisnis perlu dilakukan secepat mungkin.

Nah, berikut ini beberapa alasan kenapa kamu harus berbisnis seperti dikutip IDN Times dari tokotalk.com.

Baca Juga: Jelang Ramadan, Ini 5 Ide Bisnis Rumahan yang Patut Dicoba 

1. Lapangan kerja terbatas

4 Alasan Kenapa Kamu Harus Mulai Berbisnis, Jangan Ragu!ilustrasi tenaga kerja (unsplash.com/gieling)

Alasan pertama kenapa kamu harus berbisnis adalah lapangan kerja yang terbatas. Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Indonesia pada Agustus 2021 sebesar 6,49 persen atau turun 0,58 persen dibandingkan 2020.

Kendati menurun, angka tersebut masih cukup besar dan membuat persaingan kerja menjadi cukup ketat. Belum lagi banyaknya kasus PHK yang terjadi selama pandemik COVID-19 menjadi alasan kamu harus mulai bisnis sendiri.

Alih-alih menunggu panggilan kerja maka ada baiknya kamu memulai pertimbangan untuk berbisnis sendiri.

Baca Juga: 6 Persiapan Sebelum Membuka Usaha Kos-kosan, Gak Cuma Rumah!

2. Mengembangkan kemampuan

4 Alasan Kenapa Kamu Harus Mulai Berbisnis, Jangan Ragu!Ilustrasi Bisnis. (IDN Times/Aditya Pratama)

Banyak orang yang menjadikan alasan "ingin mencari pengalaman" atau "ingin meningkatkan skill' sebagai alasan untuk melamar sebuah pekerjaan.

Alih-alih meyakinkan HRD akan hal tersebut, ada baiknya kamu mulai meyakinkan diri sendiri bahwa berbisnis juga akan memberikan kamu banyak pengalaman dan kesempatan mengembangkan kemampuan.

Tanpa kamu sadari ketika kamu menjadi pemilik sebuah usaha atau bisnis maka kamu akan mendapatkan pengalaman yang lebih banyak. Dengan berbisnis, kamu bisa mengetahui seluk beluk soal usahamu dari A-Z, berurusan dengan banyak orang, dan mengelola banyak karyawan.

3. Bisa berkreasi tanpa batas

4 Alasan Kenapa Kamu Harus Mulai Berbisnis, Jangan Ragu!pexels.com/Ono Kosuki

Sebagai karyawan, kamu bisa menjadi sosok yang kreatif. Namun, kreativitas itu memiliki batasan yang mesti kamu perhatikan.

Nah, dengan menjadi pemilik bisnis atau usaha kamu akan memiliki kreativitas tanpa batas. Apapun ide yang kamu miliki, kamu bisa dengan bebas mencoba untuk mewujudkannya.

Baca Juga: 8 Ide Bisnis di Desa, Patut Dicoba!

4. Belajar untuk lebih mandiri

4 Alasan Kenapa Kamu Harus Mulai Berbisnis, Jangan Ragu!Ilustrasi Bisnis. (IDN Times/Aditya Pratama)

Alasan kenapa kamu harus berbisnis adalah agar kamu bisa lebih mandiri dalam hal kepribadian dan finansial. Dengan berbisnis, kamu tidak akan selalu bergantung pada orang tua atau orang lain.

Lewat bisnis tersebut, kamu juga akan belajar mengelola uang dengan lebih bijak sehingga kamu merasakan bahwa mencari uang bukan suatu hal mudah dan dibutuhkan perjuangan untuk itu.

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya