Comscore Tracker

Beda Warna Pertalite Bikin Boros? Ini Kata Pertamina

Pertalite diketahui memiliki warna hijau

Jakarta, IDN Times - PT Pertamina (Persero) membantah warna yang terdapat pada Pertalite menyebabkan keborosan penggunaan bahan bakar minyak (BBM) jenis tersebut. Bantahan itu disampaikan Pertamina untuk menjawab hoax yang beredar belakangan ini tentang perbedaan warna Pertalite dulu dan sekarang.

Di media sosial Facebook belum lama ini terdapat sebuah unggahan foto yang membandingkan Pertalite dulu dan sekarang. Dalam unggahan tersebut, pengguna Facebook melampirkan foto perbedaan warna Pertalite, satu berwarna hijau pekat, sedangkan satu lagi hijau agak terang.

Menanggapi foto tersebut, Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting menyebutkan perbedaan warna pada BBM tidak ada kaitannya dengan boros atau tidaknya penggunaan BBM.

"Warna yang diberikan pada BBM hanya untuk pembeda, tidak ada kaitannya dengan boros tidaknya dalam penggunaan BBM," ujar Irto saat dihubungi IDN Times, Minggu (25/9/2022).

Baca Juga: 3 Alasan Pakai Pertamax, Salah Satunya Bikin Akselerasi Jadi Spontan!

1. Kualitas Pertalite tidak berubah

Beda Warna Pertalite Bikin Boros? Ini Kata PertaminaIDN Times/Holy Kartika

Irto pun memastikan, Pertamina tidak mengubah kualitas Pertalite yang merupakan BBM jenis RON90.

Pertalite yang dipasarkan melalui lembaga penyalur resmi di Indonesia sesuai dengan Keputusan Dirjen Migas Nomor 0486.K/10/DJM.S/2017 tentang Standar dan Mutu (Spesifikasi) Bahan Bakar Minyak Jenis Bensin 90 Yang Dipasarkan Di Dalam Negeri.

:Batasan dalam spesifikasi Dirjen Migas yang menunjukkan tingkat penguapan pada suhu kamar di antaranya adalah parameter Reid Vapour Pressure (RVP). Saat ini hasil uji RVP dari Pertalite yang disalurkan dari Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Pertamina masih dalam batasan yang diizinkan, yaitu dalam rentang 45-69 kPa (Kilopascal)," beber Irto.

Baca Juga: Pertamina Jawab Isu Kualitas Pertalite Menurun Usai Kenaikan Harga

2. BBM yang tidak sesuai spesifikasi tidak disalurkan ke masyarakat

Beda Warna Pertalite Bikin Boros? Ini Kata Pertaminailustrasi BBM (IDN Times/Aditya Pratama)

Pertamina, kata Irto, menjamin seluruh produk BBM yang disalurkan melalui lembaga penyalur resmi seperti SPBU dan Pertashop sesuai dengan spesifikasi dan melalui pengawasan kualitas ketat.

Adapun produk BBM yang tidak sesuai dengan spesifikasi tidak akan disalurkan ke masyarakat.

"Pertamina berkomitmen untuk menyalurkan produk-produk BBM berkualitas sesuai dengan spesifikasi. Melalui kontrol kualitas, produk yang tidak sesuai spesifikasi tidak akan disalurkan ke lembaga penyalur," ucap Irto.

3. Pertamina imbau konsumen membeli BBM di saluran resmi

Beda Warna Pertalite Bikin Boros? Ini Kata PertaminaSPBU Pertamina di Kebayoran (IDN Times/Ridwan Aji Pitoko)

Guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dalam penggunaan BBM, Pertamina mengimbau masyarakat untuk membeli BBM di lembaga penyalur resmi seperti SPBU dan Pertashop.

Masyarakat juga diimbau untuk mengisi BBM sesuai dengan ketentuan yang tertera dalam buku panduan kendaraan bermotor. Hal itu dikarenakan pabrikan telah menyesuaikan bahan bakar yang cocok sesuai jenis kendaraan. Pergantian isi jenis BBM dengan kadar oktan (RON) yang berbeda juga tidak direkomendasikan.

"Sebaiknya pengendara selalu konsisten dalam memilih bahan bakar yang berkualitas, agar mesin kendaraan selalu awet dan terawat. Lebih aman menggunakan bahan bakar berkualitas dengan oktan/cetane yang direkomendasikan oleh pabrikan, agar mesin dapat bekerja secara maksimal," tutur Irto.

Baca Juga: Jangan Khawatir, Kualitas Pertalite Sudah Sesuai Aturan Pemerintah

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya