Comscore Tracker

3 Alasan Pakai Pertamax, Salah Satunya Bikin Akselerasi Jadi Spontan!

Tarikan lebih ngacir, mesin lebih bersih

Jakarta, IDN Times - Pemerintah menaikkan harga Pertamax dari semula Rp12.500 menjadi Rp14.500 per liter. Kenaikan ini tentu saja membuat banyak pihak mengeluh. Sebab kenaikannya lumayan tinggi.

Hanya saja, meski harganya naik, Pertamax tetap dicari. Sebab kualitas bensin yang memiliki nilai RON 92 ini cukup berkualitas. Selain itu menggunakan Pertamax juga dinilai lebih efisien dibandingkan Pertalite. Sebab bensin dengan RON tinggi lebih bisa terbakar secara sempurna di dalam mesin.

"Karena itulah Pertamax series menjadi sangat hemat dan efisien dibandingkan dengan BBM lain. Apalagi kalau dipakai untuk tujuan jauh dan melewati jalan tol yang panjang," kata Founder Fortuner Owners Club Indonesia (FORCI), Wisnu Sambhoro, seperti dikutip dari ANTARA beberapa waktu lalu.

1. Bensin RON tinggi bikin akselerasi lebih yahud

3 Alasan Pakai Pertamax, Salah Satunya Bikin Akselerasi Jadi Spontan!ANTARA FOTO/Reno Esnir

Wisnu mengatakan efisiensi penggunaan bensin RON tinggi tidak hanya bisa didapatkan di jalanan mendatar, tapi juga di jalanan perbukitan. Sebab bensin RON tinggi akan menghasilkan tenaga mesin yang lebih besar dibandingkan bensin RON rendah.

"Tarikan gasnya jadi enteng, baik untuk tanjakan dan di jalur sulit sekalipun. Akselerasinya juga lebih cepat,” katanya.

Baca Juga: Harga Pertamax Naik, Komunitas Ayla: Asal di Bawah Harga SPBU Asing 

2. Perawatan mesin lebih mudah

3 Alasan Pakai Pertamax, Salah Satunya Bikin Akselerasi Jadi Spontan!republika.co.id

Wisnu pernah membuktikan efisiensi bensin RON tinggi ketika bepergian ke wilayah Dieng, Jawa Tengah, yang terkenal dengan tanjakan curamnya. Ketika melintasi tanjakan di kawasan tersebut, mobilnya justru terasa semakin bertenaga.

Karena tenaga besar dan tarikan yang ringan itulah, kendaraan tidak mengonsumsi banyak BBM. Selain itu bensin RON tinggi juga membuat mesin semakin awet. Perawatannya juga menjadi lebih mudah.

"Lebih halus alias tidak klitik, semakin kenceng tarikan gasnya dan sangat bertenaga. Mesin jadi lebih terjaga dan terawat," katanya.

3. Lebih ekonomis

3 Alasan Pakai Pertamax, Salah Satunya Bikin Akselerasi Jadi Spontan!Ilustrasi pengisian BBM di SPBU Pertamina. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Hal senada dinyatakan Humas Club Ayla Indonesia (CAI) Adjie Sambogo bahwa BBM RON tinggi seperti Pertamax series lebih ekonomis. Hal itu dibuktikan, antara lain ketika anggota CAI melakukan turing ke berbagai daerah di Indonesia, seperti Lampung, Purwokerto, dan Jogjakarta.

"Sebelumnya, CAI memang rutin touring ke berbagai daerah. Berdasarkan pengalaman tersebut, kami membuktikan bahwa BBM berkualitas seperti Pertamax, jauh lebih hemat dibandingkan BBM dengan RON lebih rendah," katanya.

Baca Juga: Jangan Asal Memilih Bensin, Bisa Bikin Drop Performa Motor  

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya