Comscore Tracker

Rekening Bersama: Fungsi, Tugas dan Keuntungan Menggunakannya

Untuk kenyamanan bertransaksi jual beli online

Rekening bersama merupakan rekening yang dikelola oleh pihak ketiga yang disebut dengan agen escrow. Agen ini bukan hanya memiliki tugas untuk mengelola dana, tetapi juga harus memastikan seluruh pihak yang terlibat memenuhi kewajiban dan haknya.

Rekening bersama merupakan salah satu cara untuk melakukan pembayaran secara online yang dirasakan lebih aman dibandingkan langsung mentransfer dana ke rekening penjual. Nama lain dari rekening bersama adalah escrow service.

Agen escrow memiliki tanggung jawab yang sangat besar sekali, karena harus mempertanggung jawabkan rekening tersebut kepada kedua belah pihak secara bersama. Penyedia rekening bersama yang sangat dipercaya adalah bank.

Bank kini menyediakan jasa agen escrow sebagai fasilitas tambahan untuk mempermudah para nasabahnya transaksi jual beli online. Tugas bank saat menjadi agen escrow adalah menerima setor tunai, menerima dokumen untuk kepentingan satu atau semua pihak, dan memberikan jaminan kepada pihak-pihak yang terlibat.

Berikut penjelasan tentang rekening bersama. Dilengkapi dengan tujuan dan fungsi serta keuntungan menggunakannya. Simak baik-baik, ya.

1. Pihak-pihak yang terlibat

Rekening Bersama: Fungsi, Tugas dan Keuntungan Menggunakannyailustrasi buka rekening (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Rekening bersama harus melibatkan tiga pihak secara krusial. Berikut adalah penjelasannya:

  • Pembeli: Pihak yang membeli barang dari penjual, pembeli dapat merupakan individu, atau perusahaan
  • Penjual: Pihak yang memproduksi barang dan menjualnya, penjual dapat merupakan individu, pemasok, perusahaan dagang, atau perusahaan
  • Agen escrow: Pihak yang dipercya untuk menelelola dana dan menyimpan dana secara sementara yang disimpan pada rekening bersama.

Baca Juga: Rekening: Pengertian, Jenis, dan Cara Cek Nomor Rekening

2. Fungsi dan tugas

Rekening Bersama: Fungsi, Tugas dan Keuntungan MenggunakannyaIlustrasi membuat rekening (Unsplash.com/ Nick Pampoukidis)

Agen escrow memiliki beberapa fungsi dan tugasnya pada rekening bersama yaitu untuk mengatur dan mengelola rekening bersama sampai perjanjian pada transaksi selesai. Berikut ini penjelasan fungsi dan tujuan agen escrow:

  • Bertugas mengelola dana di rekening bersama
  • Mengonfirmasi serta mengecek ulang secara menyeluruh, agar seluruh pihak yang terlibat melakukan kewajiban dan hak yang harus didapatkan
  • Mengonfirmasi serta memastikan pembayaran sudah dilakukan dengan benar
  • Melakukan pengawasan pada seluruh transaksi termasuk pada penyaluran dana
  • Agen escrow dilarang berpihak pada salah satu pihak yang terlibat

3. Keuntungan menggunakan rekening bersama

Rekening Bersama: Fungsi, Tugas dan Keuntungan Menggunakannyailustrasi rekening (IDN Times/Aditya Pratama)

Rekening bersama akhir-akhir ini sangat dibutuhkan dalam proses jual beli secara online. Seiring perkembangannya, rekening bersama dapat dilakukan untuk melakukan jual beli rumah, akun fintech atau tanah.

Berikut ini merupakan keuntungan yang didapatkan jika menggunakan rekening bersama:

  • Melindungi aset dari pembeli

Rekening bersama akan memastikan dana atau aset pembeli tetap aman didalam rekening bersama ketika proses jual beli secara digital belum selesai. Sering kali pembeli menjadi korban penipuan jual beli online, oleh karenanya pembeli harus memiliki pengawas yang dapat mengawasi dananya di jual beli online.

Dengan menggunakan rekening bersama jika penjual melakukan kecurangan, maka dana yang terdapat di rekening bersama tidak akan bisa dicairkan oleh penjual, dan pembeli dapat menarik dananya kembali dari rekening bersama.

  • Hal penjual terlindungi

Sebenarnya bukan hanya pembeli saja yang kerap kali tertipu dalam jual beli online yang tidak diawasi tersebut. Banyak transaksi palsu yang dilakukan oleh pembeli yang tidak bertanggung jawab dan melakukan kecurangan dengan melakukan bukti transaksi palsu, atau kecurangan lainnya

Dengan menggunakan rekening bersama maka hal dari penjualan akan terlindungi. Agen escrow dapat memastikan apakah bukti transaksi itu palsu atau tidak dengan mengecek secara langsung keberadaan dana tersebut di rekening bersama.

4. Perjanjian hukum untuk menggunakan rekening bersama

Rekening Bersama: Fungsi, Tugas dan Keuntungan MenggunakannyaIlustrasi buka rekening (Pexels/rawpixel.com)

Rekening bersama memiliki tiga perjanjian hukum yang harus dilakukan oleh pembeli, penjual, dan agen escrow untuk dapat menggunakan layanan rekening bersama. Fungsi dari perjanjian ini adalah untuk menghindari adanya kebocoran data pribadi dan hal-hal yang tidak diinginkan.

Berikut adalah perjanjian hukum yang diperlukan untuk menggunakan rekening bersama:

1. Perjanjian penjualan
Seluruh pihak yang terlibat harus menandatangani perjanjian penjualan yang berisikan spesifikasi barang yang nantinya dijual atau diproduksi. Dilengkapi rincian transaksi, syarat pembayaran, mata uang yang digunakan, jumlah setoran, dan tempat dan waktu pengiriman, ataupun detail lainnya dalam transaksi jual beli yang akan dilakukan.

2. Perjanjian kerahasiaan bersama
Seluruh pihak harus menandatangani mutual non-disclosure agreement atau perjanjian kerahasiaan bersama. Tujuannya untuk membuat dan menegaskan kerahasiaan antar pihak-pihak yang terlibat dalam rekening bersama tidak saling membocorkan data pribadi, atau kerahasiaan dagang.

3. Perjanjian escrow
Seluruh pihak yang terlibat penjual, pembeli dan agen escrow membuat penyajian tiga arah. Perjanjian ini berupa dokumen yang berisi tentang arahan yang harus dilakukan untuk mengeluarkan dana dari rekening bersama setelah semua transaksi jual beli selesai.

Itulah penjelasan tentang rekening bersama yang bisa digunakan untuk kenyamanan bertransaksi dalam bisnis jual beli online. Semoga bermanfaat, ya.

Baca Juga: 6 Tips Mengelola Rekening Bulanan Buat Millennial

Topic:

  • Rizna Hidayah

Berita Terkini Lainnya