Comscore Tracker

18 Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahli

Mulai dari pengelolaan rekrutmen hingga pengembangan SDM

Salah satu fungsi manajemen yang mempengaruhi kinerja perusahaan adalah manajemen sumber daya manusia (SDM). Secara umum, pengertian manajemen sumber daya manusia menurut para ahli yang memiliki hakikat yang sama.

Fungsi manajemen SDM meliputi pengelolaan rekrutmen, penempatan, pelatihan, dan pengembangan sumber daya manusia. Pemberdayaan SDM ini mampu membantu pemimpin dalam menjalankan kegiatan organisasi guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Untuk mempelajari fungsi manajemen ini lebih lanjut, kenali 18 pengertian manajemen sumber daya manusia menurut para ahli lengkap dengan tujuannya di bawah ini.

Baca Juga: Catat! 8 Cara Nego Gaji saat Interview yang Wajib Kamu Tahu

1. Pengertian manajemen sumber daya manusia menurut para ahli

18 Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahliilustrasi wawancara kerja (pexels.com/sora-shimazaki)
  • Achmad S. Rucky

Pengertian manajemen sumber daya manusia menurut Achmad S. Rucky yaitu penerapan secara tepat dan efektif dalam proses akusis, pendayagunaan, pengemebangan, dan pemeliharaan personil yang dimiliki sebuah organisasi secara efektif untuk mencapai tingkat pendayagunaan sumber daya manusia yang optimal oleh organisasi tersebut dalam mencapai tujuan-tujuannya.

  • Edwin B Flippo

Edwin B Flippo mengemukakan bahwa pengertian manajemen sumber daya manusia adalah perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian dari pengadaan pengembangan, kompensasi, pengintegrasian, pemeliharaan dan pemberhentian karyawan, dengan maksud terwujudnya tujuan perusahaan, individu, karyawan dan masyarakat.

  • Faustino Cardoso Gomes

Faustino Cardoso Gomes mengungkapkan pengertian manajemen sumber daya manusia sebagai gerakan pengakuan terhadap pentingnya unsur manusia sebagai sumber daya yang cukup potensial yang perlu dikembangkan sedemikian rupa sehingga mampu memberikan kontribusi yang maksimal bagi organisasi dan bagi pengembangan dirinya.

  • Gary Dessler

Gary Dessler berpendapat pengertian manajemen sumber daya manusia adalah kebijakan dan praktik yang dibutuhkan seseorang untuk menjalankan aspek ‘orang’ atau sumber daya manusia dari posisi seorang manajemen, meliputi perekrutan, penyaringan, pelatihan, pengimbalan dan penilaian.

  • Hadari Nawawi

Hadari Nawawi berteori bahwa pengertian manajemen sumber daya manusia adalah proses mendayagunakan manusia sebagai tenaga kerja secara manusiawi agar potensi fisik dan psikis yang dimiliki berfungsi maksimal bagi tercapainya tujuan perusahaan.

  • Henry Simamora

Henry Simamora mendefinisikan manajemen sumber daya manusia sebagai pendayagunaan, pengembangan, penilaian, pemberian balasan jasa, dan pengelolaan terhadap individu anggota organisasi atau kelompok bekerja.

  • Keith Davis dan William B Werther Jr

Pengertian manajemen sumber daya manusia menurut para ahli  Keith Davis dan William B. Werther Jr adalah sebuah sistem yang terdiri dari berbagai kegiatan yang saling memiliki ketergantungan antara satu dengan yang lainnya, dimana kegiatan-kegiatan tersebut tidak pernah terpisah, masing-masing saling mempengaruhi antar kegiatan SDM.

  • Marihot Manullang

Menurut Marihot Manullang, pengertian manajemen sumber daya manusia adalah seni dan ilmu pengadaan, pengembangan dan pemanfaatan SDM sehingga tujuan perusahaan dapat direalisasikan secara daya guna dan kegairahan kerja dari semua kerja.

  • Marwansyah

Pengertian manajemen sumber daya manusia menurut Marwansyah ialah pendayagunaan sumber daya manusia di dalam organisasi, yang dilakukan melalui fungsi-fungsi perencanaan sumber daya manusia, rekrutmen dan seleksi, pengembangan sumber daya manusia, perencanaan dan pengembangan karir, pemberian kompensasi dan kesejahteraan, keselamatan dan kesehatan kerja, serta hubungan industrial.

  • Mary Parker Follett

Mary Parker Follett mengartiakan manajemen sumber daya manusia sebagai suatu seni untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi melalui pengaturan orang-orang lain untuk melaksanakan berbagai pekerjaan yang diperlukan, atau dengan kata lain tidak melakukan pekerjaan-pekerjaan itu sendiri.

  • Malayu Hasibuan

Pengertian manajemen sumber daya manusia menurut Malayu Hasibuan adalah ilmu dan seni mengatur hubungan dan peranan tenaga kerja agar efektif dan efisien membantu terwujudnya tujuan perusahaan, karyawan, dan masyarakat.

  • Michael J Jucius

Bagi Michel J Jucius, pengertian manajemen sumber daya manusia adalah lapangan manajemen yang berkaitan dengan perencanaan, pengorganisasian dan pengendalian bermacam-macam fungsi pengadaan, pengembangan, pemeliharaan dan pemanfaatan tenaga kerja.

  • Moh Agus Tulus

Berdasarkan pendapat Moh. Agus Tulus, pengertian manajemen sumber daya manusia adalah perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan atas pengadaan, pengembangan, pemberian kompensasi, pengintegrasian, pemeliharaan dan pemutusan hubungan tenaga kerja dimaksud membantu tujuan organisasi, individu dan masyarakat.

  • Mutiara S Panggabean

Mutiara S. Panggabean mengartikan manajemen sumber daya manusia sebagai proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan analisis pekerjaan, evaluasi pekerjaan, pengadaan, pengembangan, kompensasi, promosi dan pemutusan hubungan kerja guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

  • Robert L Mathis dan John H Jackson

Pengertian manajemen sumber daya manusia menurut para ahli Robert L. Mathis dan John H. Jackson adalah rancangan sistem-sistem formal dalam sebuah organisasi untuk memastikan penggunaan bakat manusia secara efektif dan efisien guna mencapai tujuan organisasi.

  • Siswanto Sastrohadiwiryo

Menurut Siswanto Sastrohadiwiryo, manajemen sumber daya manusia adalah pendayagunaan, pembinaan, pengaturan, pengurusan, pengembangan unsur tenaga kerja, baik yang berstatus sebagai buruh, karyawan, maupun pegawai dengan segala kegiatannya dalam usaha mencapai hasil guna dan daya guna yang sebesar-besarnya, sesuai dengan harapan usaha perorangan, badan usaha, perusahaan, lembaga, maupun instansi.

  • T Hani Handoko

T. Hani Handoko menjelaskan pengertian manajemen sumber daya manusia sebagai penarikan, seleksi, pengembangan, pemeliharaan dan penggunaan sumber daya manusia untuk mencapai baik tujuan-tujuan individu maupun organisasi.

  • Veithzal Rivai

Veithzal Rivai mengartikan manajemen sumber daya manusia sebagai salah satu bidang dari manajemen umum yang meliputi segi-segi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian. Proses ini terdapat dalam fungsi atau bidang produksi, pemasaran, keuangan, maupun kepegawaian.

Baca Juga: 9 Strategi Retargeting Ads untuk Kembangkan Bisnis, Cobain!

2. Tujuan manajemen sumber daya manusia

18 Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahliilustrasi rapat (pexels.com/pavel-danilyuk)

Usai menyimak pengertian manajemen sumber daya manusia menurut para ahli, yuk kenali tujuan manajemen SDM. Lima tujuan ini menggambarkan peran penting manajemen SDM dalam  membangun kinerja perusahaan.

  • Memberi pertimbangan manajemen dalam hal pembuatan kebijakan sumber daya manusia guna memastikan perusahaan memiliki pekerja yang kompeten dan berkinerja tinggi.
  • Membantu pengembangan strategi organisasi, terutama berhubungan dengan implikasi sumber daya manusia.
  • Menangani berbagai masalah dan situasi sulit dalam hubungan antar pekerja.
  • Menyediakan sarana komunikasi antara pekerja dan manajemen organisasi.
  • Berperan sebagai pemelihara nilai standar organisasional dalam manajemen sumber daya manusia.

Itulah 18 pengertian manajemen sumber daya manusia menurut para ahli lengkap dengan tujuannya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Baca Juga: 5 Fungsi Human Resource Management, Tingkatkan Performa Perusahaan!

Topic:

  • Bella Manoban
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya