Comscore Tracker

7 Jenis Teori Manajemen, Penting Dipelajari agar Perusahaan Sukses!

Baca ini supaya kamu tahu

Memahami dan menerapkan praktik yang terbaik dari teori manajemen dapat membantu kamu menjadi lebih efektif dalam membimbing tim kamu menuju kesuksesan. Teori manajemen banyak memunculkan pendekatan kepemimpinan yang biasa digunakan untuk membimbing dan menumbuhkan organisasi saat ini.

Kamu dapat memilih teori mana yang sesuai untuk mengidentifikasi strategi yang paling cocok untuk kamu dan tim kamu.

Berikut ini adalah penjelasan teori  manajemen yang paling umum. Sekaligus, IDN Times membagikan beberapa tips tentang bagaimana kamu dapat menerapkannya di tempat kerja.

Baca Juga: Manajemen: Pengertian, Unsur, Fungsi, dan Tujuan

1. Teori manajemen ilmiah

7 Jenis Teori Manajemen, Penting Dipelajari agar Perusahaan Sukses!ilustrasi manajemen waktu yang baik (pexels.com/Gustavo Fring)

Teori ini dikembangkan oleh Frederick Taylor. Prinsipnya, merekomendasikan bahwa metode ilmiah harus digunakan untuk melakukan tugas di tempat kerja. Ini sebagai lawan dari argumen bahwa pemimpin yang mengandalkan penilaian mereka atau kebijaksanaan pribadi anggota tim.

Filosofinya menekankan bahwa memaksa orang untuk bekerja keras akan menghasilkan tempat kerja yang paling produktivitas. Sebaliknya, ia merekomendasikan penyerdehanaan tugas untuk meningkatkan produktivitas.

2. Prinsip-prinsip teori manajemen administrasi

7 Jenis Teori Manajemen, Penting Dipelajari agar Perusahaan Sukses!Ilustrasi Kerja (IDN Times/Besse Fadhilah)

Henri Fayol adalah eksekutif dan insinyur pertambangan. Ia mengembangkan teori ini ketika dia meneliti sebuah organisasi melalui perspektif para manajer dan situasi yang mungkin mereka hadapi.

Ia percaya bahwa pemimpin memiliki enam fungsi utama yaitu meramalkan, merencanakan, mengoordinasi, memerintah, dan mengendalikan. Prinsip-prinsip yang ia uraikan adalah.

  1. Inisiatif
  2. Kesetaraan
  3. Rantai komando
  4. Remunerasi personel
  5. Kesatuan arah
  6. Disiplin
  7. Pembagian kerja
  8. Wewenang dan tanggung jawab
  9. Kesatuan pemerintah
  10. Subordinasi kepentingan individu dengan kepentingan umum
  11. Sentralisasi
  12. Ketertiban
  13. Stabilitas masa kerja
  14. Esprit de corps

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Manajemen Waktu Itu Diperlukan, Yuk Cari Tahu! 

3. Teori manajemen birokrasi

7 Jenis Teori Manajemen, Penting Dipelajari agar Perusahaan Sukses!ilustrasi birokrasi negara (unsplash.com/@historyhd)

Teori ini dikembangkan oleh Max Weber. Teori manajemen birokrasi berfokus pada penataan organisasi dalam hierarki sehingga ada aturan tentang tata kelola yang jelas.

Prinsip-prinsipnya dalam menciptakan sistem ini meliputi rantai komando, pembagian kerja yang jelas, pemisahan aset pribadi dan organisasi dari pemilik, aturan dan regulasi yang ketat dan konsisten, pencatatan dan dokumentasi yang cermat, serta pemilihan dan promosi karyawan berdasarkan kinerja dan kualifikasi.

4. Teori hubungan manusia

7 Jenis Teori Manajemen, Penting Dipelajari agar Perusahaan Sukses!ilustrasi orang-orang mengobrol (Pexels.com/nicole-michalou)

Teori ini dikembangkan oleh Elton Mayor. Dia melakukan eksperimen yang dirancang untuk meningkatkan produktivitas yang meletakkan dasar bagi gerakan hubungan manusia. Fokusnya adalah pada perubahan kondisi kerja seperti pencahayaan, waktu istirahat, dan lamanya hari kerja.

Pada akhirnya, ia menyimpulkan bahwa peningkatan itu bukan karena perubahan tetapi hasil dari memperhatikan karyawan dan membuat mereka merasa dihargai.

Baca Juga: 5 Fungsi Manajemen Pemasaran, Penjelasan Lengkap

5. Teori manajemen sistem

7 Jenis Teori Manajemen, Penting Dipelajari agar Perusahaan Sukses!Ilustrasi laptop (Unsplash.com/John Schnobrich)

Teori ini menegaskan bahwa bisnis terdiri atas beberapa komponen yang harus bekerja secara harmonis agar sistem yang lebih besar berfungsi secara optimal. Keberhasilan organisasi, oleh karena itu, bergantung pada sinergi, ketergantungan, dan keterkaitan antar subsistem.

Menurut teori ini, karyawan adalah komponen yang paling penting dari sebuah perusahaan. Lalu, departemen, kelompok kerja, dan unit bisnis semua elemen penting tambahan untuk sukses.

6. Teori manajemen kontingensi

7 Jenis Teori Manajemen, Penting Dipelajari agar Perusahaan Sukses!ilustrasi orang berdiskusi (pixabay.com/sanuas)

Teori ini dikembangkan oleh Fred Fiedler. Fokus dari teori ini adalah bahwa tidak ada satu pendekatan manajemen yang berhasil untuk setiap organisasi.

Ia menyarankan bahwa sifat seorang pemimpin berhubungan langsung dengan seberapa efektif mereka memimpin tim mereka. Dia menegaskan bahwa ada ciri-ciri kepemimpinan yang berlaku untuk setiap jenis situasi dan seorang pemimpin harus fleksibel untuk beradaptasi dengan lingkungan yang berubah.

7. Teori X dan Y

7 Jenis Teori Manajemen, Penting Dipelajari agar Perusahaan Sukses!ilustrasi meeting (Pixabay)

Psikolog sosial Amerika bernama Douglas McGregor dalam bukunya The Human Side Of Enterprise, memperkenalkan teori X dan Y. Dia menyimpulkan bahwa dua gaya manajemen yang berbeda dipandu oleh persepsi mereka tentang motivasi anggota tim. Manajer yang menganggap karyawan apatis atau tidak menyukai pekerjaannya menggunakan teori X yang bersifat otoriter.

Teori Y digunakan oleh manajer yang percaya bahwa karyawan bertanggung jawab, berkomitmen, dan memiliki motivasi diri. Itulah gaya manajemen partisipatif yang memunculkan lingkungan kerja yang lebih kolaboratif, sedangkan teori X mengarah ke manajemen mikro.

Demikian adalah 7 jenis teori tentang manajemen yang bisa kamu terapkan di dunia kerja. Semoga artikel ini dapat membantu!

Topic:

  • Khairul Ilham
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya