Comscore Tracker

Apa Itu Kelapa Genjah? Yuk, Tanam untuk Antisipasi Krisis Pangan

Akan ditargetkan ditanam 1 juta kelapa genjah

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menargetkan penanaman 1 juta kelapa ganjah selama 2022-2023, untuk mengantisipasi krisis pangan. Kelapa genjah yang ditanamnya kemarin (11/8/2022), bisa dipanen dalam waktu 2 hingga 2,5 tahun. 

"Setahun bisa produksi satu pohon bisa 180 buah yang itu bisa dibuat gula semut, bisa dibuat minyak kelapa, yang juga bisa dijual buahnya untuk minuman segar," katanya.

IDN Times merangkum apa itu kelapa genjah, jenis, dan manfaatnya seperti di bawah ini.

Baca Juga: Pulang ke Boyolali, Jokowi Tanam Kelapa Genjah, Nostalgia Dengan Warga

1. Apa itu kelapa genjah?

Apa Itu Kelapa Genjah? Yuk, Tanam untuk Antisipasi Krisis PanganPresiden Jokowi menanam pohon kelapa genjah di Desa Giriroto, Ngemplak, Boyolali. (dok. Sekretariat Presiden)

Kelapa genjah menjadi salah satu pilihan bagi para petani atau pekebun untuk menambah pendapatannya. Kelapa genjah dapat berbuah pada usia tanam 3-4 tahun, memiliki batang pendek sekitar 12 meter, ukuran buah kecil maksimal 1,5 kg/butir, jumlah buah per pohon per tahun dapat mencapai 140 butir.

Kelapa genjah cocok di tanam oleh petani atau pekebun di pekarangan rumahnya karena mudah untuk memanennya bahkan oleh ibu rumah tangga sekalipun.

Kelapa genjah dapat untuk sekedar diambil kelapa mudanya, dimanfaatkan kelapa tuanya sebagai santan bahkan bisa diambil cairan didalamnya untuk produksi gula kelapa mengingat pohon kelapa genjah tidak terlalu tinggi dan mengurangi risiko jatuhnya penderas kelapa.

2. Jenis-jenis kelapa genjah

Apa Itu Kelapa Genjah? Yuk, Tanam untuk Antisipasi Krisis PanganPresiden Jokowi menanam pohon kelapa genjah di Desa Giriroto, Ngemplak, Boyolali. (dok. Sekretariat Presiden)

Beberapa jenis tanaman kelapa genjah yang sudah dilepas memiliki keunggulan antara lain buah kelapa yang dihasilkan sebagai kelapa konsumsi seperti kelapa genjah pandan wangi dan kelapa kopyor, sehingga cocok ditanam di halaman rumah petani atau di daerah pesisir pantai yang dekat dengan daerah pariwisata. Dikutip dari web Pustaka Setjen Kementrian Pertanian, berikut beberapa jenis kelapa genjah.

  • Kelapa Genjah Salak

Kelapa genjah ini berasal dari Kalimantan Selatan dan memiliki keunggulan antara lain potensi buah dalam satu pohon/tahun dapat mencapai 80-120 buah dengan berat daging buah dapat mencapai 165 gram. Kadar minyak mencapai 65 oersen. Tanaman kelapa genjah Salak ini mulai panen pada umur 3 tahun.

  • Kelapa Genjah Kuning Bali

Kelapa genjah ini memiliki keunggulan jumlah buah dalam satu pohon/tahun mencapai 60-110 buah, berat daging buah dapat mencapai 177 gram dengan kadar minyak mencapai 61 persen. Tanaman kelapa genjah Kuning Bali ini mulai panen pada umur 4 tahun

  • Kelapa Genjah Kuning Nias

Kelapa genjah ini memiliki keunggulan antara lain potensi dalam satu pohon pertahun dapat mencapai 60-120 buah, berat daging buah dapat mencapai 159 gram dengan kadar minyak mencapai 62 persen. Tanaman kelapa genjah Kuning Nias ini mulai panen pada umur 4 tahun.

  • Kelapa Genjah Raja

Kelapa genjah ini berasal dari Maluku Utara dan memiliki keunggulan antara lain potensi buah dalam satu pohon per tahun dapat mencapai 70-120 buah dan berat daging buah dapat mencapai 167 gram dengan kadar minyak mencapai 66 persen. Tanaman kelapa genjah Raja ini mulai panen pada umur 4 tahun.

  • Kelapa Genjah Coklat Kopyor

Kelapa genjah ini berasal dari Kabupaten Pati Jawa Tengah, merupakan kelapa yang dikonsumsi sebagai kelapa kopyor dan memiliki keunggulan antara lain potensi buah dalam satu pohon/tahun dapat mencapai 80-150 buah dengan jumlah buah kopyor per tandan sebanyak 4 buah. Tanaman kelapa genjah Coklat Kopyor ini toleran terhadap kekeringan < 6 bulan kering dan mulai panen pada umur 4 tahun.

  • Kelapa Genjah Hijau Kopyor

Kelapa genjah ini berasal dari Kabupaten Pati Jawa Tengah, merupakan kelapa yang dikonsumsi sebagai kelapa kopyor dan memiliki keunggulan antara lain potensi buah per pohon per tahun dapat mencapai 120 sampai 140 buah dengan jumlah buah kopyor per tandan sebanyak 3,89 buah. Tanaman kelapa genjah Hijau Kopyor ini toleran terhadap kekeringan < 6 bulan kering dan mulai panen pada umur 4 tahun.

  • Kelapa Genjah Kuning Kopyor

Kelapa genjah ini berasal dari Kabupaten Pati Jawa Tengah merupakan kelapa yang dikonsumsi sebagai kelapa kopyor dan memiliki keunggulan antara lain potensi buah per pohon per tahun dapat mencapai 100 sd 120 buah dengan jumlah buah kopyor per tandan sebanyak 3,16 buah. Tanaman kelapa genjah Kuning Kopyor ini toleran terhadap kekeringan < 6 bulan kering dan mulai panen pada umur 4 tahun.

  • Kelapa Genjah Entog Kebumen

Kelapa genjah ini berasal dari Kabupaten Kebumen Jawa Tengah yang memiliki keunggulan antara lain potensi buah dalam satu pohon/tahun dapat mencapai 95 buah dengan jumlah buah per tandan sebanyak 6-7 buah. Tanaman kelapa genjah Entog Kebumen ini memiliki kadar kemanisan air buah 6 persen brix (kandungan gula), berat daging buah 437 gram dan mulai panen pada umur 4 tahun.

  • Kelapa Genjah Pandan Wangi

Kelapa genjah ini berasal dari Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, merupakan kelapa yang dikonsumsi sebagai kelapa muda dan memiliki keunggulan antara lain kadar kemanisan air buah 6,25 persen brix. Selain itu aroma air dan daging buah muda wangi pandan, rasa air dan daging buah bercitarasa pandan. Jumlah buah dalam satu pohon sebanyak 151 butir per pohon pertahun. Tanaman kelapa genjah Pandan Wangi mulai panen pada umur 3 tahun.

3. Jokowi minta beberapa daerah di Jawa Tengah tanam kelapa genjah

Apa Itu Kelapa Genjah? Yuk, Tanam untuk Antisipasi Krisis PanganJokowi tinjau food estate di Kalimantan Tengah (Dok. IDN Times/Biro Pers Kepresidenan)

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu meminta beberapa daerah di Jawa Tengah untuk menanam kelapa genjah. Sebab, ada banyak manfaatnya.

"Saya kira ini yang akan terus kita lakukan dan di Solo Raya, di Boyolali kita bagi 46 ribu (bibit), di Karanganyar kita bagi 44 ribu dan di Sukoharjo 110 ribu kelapa genjah," kata dia.

"Ini baru dimulai di sini nanti di provinsi-provinsi yang memang kelapa itu bisa hidup dengan baik kita tanami. Targetnya kurang lebih 1 juta kelapa genjah. Tapi tidak kelapa saja nanti ada jagung juga dibagi juga bibit-bibit cabe," imbuhnya.

Baca Juga: 5 Cara Menanam Kelapa, Mulai dari Benih hingga Berbuah

4. Akan dilakukan beberapa waktu ke depan

Apa Itu Kelapa Genjah? Yuk, Tanam untuk Antisipasi Krisis PanganMenteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memanen buah kakao di Desa Puudambu, Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara, Sabtu (2/11/2019). (ANTARA FOTO/Jojon)

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) menjelaskan pencanangan penanaman kelapa genjah 1 juta batang akan dilakukan Presiden Joko Widodo dalam beberapa waktu ke depannya. Diperoleh hasil peninjauan di Kabupaten Sukoharjo, kondisi lahan dan benih sudah siap untuk dilakukan penanaman.

"Bu Bupati Sukoharjo menyampaikan sudah menyiapkan lahan 1.000 hektar dan 10 ribu kepala keluarga. Calon petani calon lahan penerima bantuan dan stok benih kelapa pun sudah siap, sudah tersebar di lokasi, siap ditanam," ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Perkebunan, Kementan, Andi Nur Alam Syah menambahkan konsep pengembangan kelapa genjah yakni penanamannya dilakukan di pekarangan sebanyak 60 persen dan kawasan/hamparan 40 persen.

"Pengembangan kelapa genjah menjadi harapan baru untuk meningkatkan ketahanan pangan nasional, menurunkan pengeluaran dan meningkatkan pendapatan rumah tangga dan mengembangkan ekonomi wilayah. Karena itu, tentunya tidak hanya sampai kegiatan tanam, industri pengolahannya pun ke depannya disiapkan sehingga menghasilkan produk turunan kelapa yang bernilai jual tinggi seperti minyak kelapa dan gula semut," jelasnya.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya