Comscore Tracker

Jokowi Ajak Elon Musk Investasi dan Luncurkan Roket SpaceX di RI

Elon Mask akan kirim timnya ke RI awal 2021

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo berkomunikasi dengan CEO Tesla Elon Musk melalui sambungan telepon pada Jumat (11/12/2020). Jokowi dan Elon Musk bertukar informasi mengenai industri mobil listrik dan komponen utama baterai listrik.

Dalam perbincangan tersebut, Presiden Jokowi turut didampingi oleh Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

"Pembicaraan ini membahas mengenai peluang investasi perusahaan mobil listrik Tesla di Indonesia," menurut keterangan tertulis dari Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi (Marves), pada Sabtu (12/12/2020).

1. Jokowi ajak Tesla jadikan Indonesia sebagai launching pad roket Space X

Jokowi Ajak Elon Musk Investasi dan Luncurkan Roket SpaceX di RIpexels.com/spacex

Tidak hanya bicara soal mobil listrik, orang nomor satu di Indonesia ini juga membahas soal proyek peluncuran SpaceX, roket pribadi dari perusahaan transportasi luar angkasa Space Exploration Technologies Corporation yang didirikan Musk. 

"Presiden RI Joko Widodo juga mengajak Tesla untuk melihat Indonesia sebagai launching pad Space X," ujar keterangan tersebut.

Baca Juga: Ini Penyebab Luhut Batal Bertemu Bos Tesla di Amerika Serikat

2. Elon Mask akan mengirim timnya pada Januari 2021 untuk menindaklanjuti kerja sama

Jokowi Ajak Elon Musk Investasi dan Luncurkan Roket SpaceX di RICEO Tesla, Elon Musk (www.instagram.com/@elonmusk)

Elon Musk menyambut baik tawaran tersebut. Dia pun berencana untuk mengirimkan timnya pada awal tahun mendatang untuk menindaklanjuti rencana kerja sama tersebut.

"CEO Tesla Elon Musk menanggapi undangan Presiden Joko Widodo dengan rencana mengirimkan timnya ke Indonesia pada bulan Januari 2021 untuk menjajaki semua peluang kerjasama tersebut," demikian disebutkan dalam siaran pers dari Kemenko Marves.

3. Tesla merupakan perusahaan otomotif dari Amerika Serikat

Jokowi Ajak Elon Musk Investasi dan Luncurkan Roket SpaceX di RIIlustrasi mobil listrik Tesla (www.tesla.com)

Tesla, Inc merupakan sebuah perusahaan otomotif dan penyimpanan energi asal Amerika Serikat yang didirikan oleh Elon Musk, Martin Eberhard, Marc Tarpenning, JB Straubel dan Ian Wright, serta berbasis di Palo Alto, California. Perusahaan yang didirikan sejak 2003 ini memiliki spesialisasi di mobil listrik, komponen mesin, dan juga memproduksi perangkat pengisi ulang baterai.

Tesla merupakan perusahaan otomotif paling berharga di dunia meski produksinya masih sangat kecil jika dibandingkan dengan pesaingnya, seperti Toyota Motor, Volkswagen, dan General Motors. Pada Senin (7/12/2020), saham perusahaan menyentuh rekor tertinggi, membuat kapitalisasi pasarnya naik melampaui 600 miliar dolar AS atau sekitar Rp8.400 triliun. Harga saham Tesla telah meroket lebih dari 600 persen tahun ini.

4. SpaceX, masa depan antariksa dunia

Jokowi Ajak Elon Musk Investasi dan Luncurkan Roket SpaceX di RItwitter.com/@SpaceX

Sedangkan SpaceX disebut-sebut sebagai masa depan misi luar angkasa dunia yang kini menjadi andalan Badan Penerbangan dan Antariksa AS (NASA). Lembit Öpik, Ketua Parlemen Asgardia "The Space Nation", menyebut masa depan peluncuran pesawat ruang angkasa akan bergantung pada pihak swasta, terutama SpaceX. 

Pada 30 Mei 2020, roket SpaceX Falcon 9 berhasil meluncurkan pesawat Crew Dragon ke jalur orbit Bumi, International Space Station (ISS) setelah vakum hampir satu dekade. Ini adalah misi yang melibatkan dua astronaut NASA, Doug Hurley dan Bob Behnken.

Baca Juga: Bidik Rp70 Triliun, Tesla Kembali Tawarkan Saham

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya