Comscore Tracker

Tarif Kereta Cepat di 3 Tahun Pertama Bakal Lebih Murah, Cek Berapa!

Setelah 3 tahun akan terjadi kenaikan tarif

Jakarta, IDN Times - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menetapkan tarif Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) di 3 tahun pertama operasionalnya bakal lebih murah.

Direktur Utama KCIC Dwiyana Slamet Riyadi mengatakan tarif Kereta Cepat Jakarta-Bandung untuk jarak terjauh dipatok Rp250 ribu. Sedangkan jarak terdekatnya ditetapkan Rp125 ribu.

"Untuk tarif tadi kita sudah sampai 3 tahun pertama Rp250 ribu untuk tarif terjauh, tarif terdekat Rp125 ribu selama 3 tahun," kata Dwiyana dalam rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI, Rabu (23/11/2022).

Baca Juga: Mimpi Besar RI Sambungkan Kereta Cepat Sampai ke Surabaya

1. Setelah 3 tahun akan berlaku tarif lebih tinggi

Tarif Kereta Cepat di 3 Tahun Pertama Bakal Lebih Murah, Cek Berapa!Gerbong kelas 2 Kereta Cepat Jakarta-Bandung. (dok. KCIC)

Dijelaskan Dwiyana, setelah masa operasional kereta cepat selama 3 tahun maka akan diberlakukan tarif sesuai dengan studi tentang willingness to pay atau kesediaan untuk membayar, yakni harga maksimum yang bersedia dibayar pelanggan untuk suatu produk atau layanan.

"Untuk berikutnya strateginya memang sementara ini masih kembali ke studi berdasarkan willingness to pay bahwa memang dengan tarif terjauh Rp350 ribu dan tarif terendah Rp150 ribu," ujarnya.

Baca Juga: Biaya Kereta Cepat Bengkak, Tambahan Dana Diharapkan Cair Desember

2. Kereta cepat beroperasi mulai pukul 05.30 hingga 22.00 WIB

Tarif Kereta Cepat di 3 Tahun Pertama Bakal Lebih Murah, Cek Berapa!Penampakan rangkaian Kereta Cepat Jakarta-Bandung. (dok. KCIC)

Dwiyana menjelaskan bahwa Kereta Cepat Jakarta-Bandung nantinya akan dioperasikan dengan frekuensi 68 rangkaian kereta per hari. Jam operasionalnya mulai pukul 05.30 hingga pukul 22.00 WIB.

"Kapasitas per kereta itu 601 penumpang. Satu rangkaian (terdiri dari) 8 kereta," sebutnya.

Baca Juga: Janji Luhut ke Jokowi dan Xi Jinping: Kereta Cepat Rampung Tahun Depan

3. Disediakan kereta pengumpan untuk ke kota Bandung dan Cimahi

Tarif Kereta Cepat di 3 Tahun Pertama Bakal Lebih Murah, Cek Berapa!Penampakan rangkaian Kereta Cepat Jakarta-Bandung. (dok. KCIC)

PT Kereta Api Indonesia atau KAI (Persero) turut menyediakan kereta pengumpan atau feeder. Jadi, itu sebagai bagian dari konektivitas dengan kota Bandung dan Cimahi.

Sebab, pemberhentian dan keberangkatan kereta cepat hanya tersedia di Stasiun Halim (Jakarta), Stasiun Karawang, Stasiun Padalarang, dan Stasiun Tegalluar. Jadi, penumpang dari dan ke kota Bandung dibantu menggunakan KA feeder yang disesuaikan dengan jadwal kereta cepat.

"Hub-nya nanti di Stasiun Padalarang, itu kenapa Stasiun Padalarang jadi stasiun penting juga untuk Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung," tambahnya.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya