Comscore Tracker

Daftar Ritel Modern yang Jual Minyak Goreng Satu Harga Rp14 Ribu/Liter

Indomaret hingga Transmart jual minyak goreng satu harga

Jakarta, IDN Times - Kebijakan minyak goreng kemasan satu harga Rp14 ribu per liter sudah berlaku di seluruh gerai anggota Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo). Mulai dari Indomaret, Alfamart, Superindo, Transmart dan sebagainya menyediakan minyak goreng kemasan seharga Rp14 ribu per liter.

"Aprindo tentunya selalu siap mendukung pemerintah untuk menstabilkan harga pangan di antaranya kestabilan harga minyak goreng saat ini yang bergejolak dan berfluktuasi, sehingga lebih terjangkau yang dapat di belanjakan oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia," kata Ketua Umum Aprindo, Roy Mandey dalam keterangan resminya, Rabu (19/1/2022).

Roy mengatakan aturan jumlah pembelian 2 liter minyak goreng untuk dikonsumsi per konsumen, dilakukan sebagai pemerataan bagi seluruh konsumen guna mendapatkan minyak goreng.

"Dukungan Aprindo ini melalui koordinasi aktif dan dukungan terbaik dari seluruh anggotanya, sebagai peran Aprindo yang berdiri sejak 28 tahun lalu, hadir dengan seluruh DPD/DPC di seluruh wilayah Indonesia," sambungnya.

Ada 19 nama ritel Aprindo yang menjual minyak goreng satu harga Rp14 ribu per liter. Di minimarket atau supermarket mana saja itu? Yuk simak selengkapnya.

Baca Juga: Minyak Goreng Rp14 Ribu sudah Dijual di Indomaret hingga Transmart

1. Daftar ritel modern anggota Aprindo

Daftar Ritel Modern yang Jual Minyak Goreng Satu Harga Rp14 Ribu/LiterMinyak goreng satu harga, Alfamidi Rawa Belong, Jakbar pada Rabu (19/1/2022). (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Mengacu pernyataan di atas, maka seluruh gerai ritel anggota Aprindo sudah menerapkan kebijakan satu harga, dengan menjual minyak goreng kemasan seharga Rp14 ribu per liter. Adapun daftar ritel modern anggota Aprindo, sebagai berikut:

  1. AEON
  2. Toserba Yogya
  3. Carrefour
  4. Transmart
  5. Alfamart
  6. Alfamidi
  7. LuLu
  8. Asia Toserba
  9. Hero
  10. Indomaret
  11. INDOGROSIR
  12. Diamond Supermarket
  13. Superindo
  14. Lotte Mart Wholesale
  15. Hypermart
  16. Naga Pasar Swalayan
  17. Tomang Tol Pasar Swalayan
  18. TIP TOP
  19. Papaya Fresh Gallery

Baca Juga: Warga Curhat Sulit Beli Minyak Goreng di Minimarket, Habis Diborong!

2. Stok minyak tersedia, masyarakat tak perlu panic buying

Daftar Ritel Modern yang Jual Minyak Goreng Satu Harga Rp14 Ribu/LiterMinyak goreng satu harga, Superindo Daan Mogot pada Kamis (19/1/2022). (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Roy memastikan para peritel telah memiliki stok minyak goreng yang cukup. Oleh sebab itu, masyarakat tidak perlu tergesa-gesa dan membeli dengan jumlah berlebih atau panic buying.

"Berbelanjalah dengan normal dan wajar sesuai kebutuhan serta tetap komit dan wajib disiplin melaksanakan Protokol Kesehatan (Prokes) 3-M pada saat ini, dalam masa pandemik yang sedang kita tanggulangi bersama, sehinga selain kebutuhan pokok kita (minyak goreng) dapat terpenuhi, kesehatan kita tetap terjaga," kata Roy.

Baca Juga: Kebijakan Satu Harga Minyak Goreng Berlaku di Pasar Pekan Depan 

3. Sudah disiapkan 1,5 miliar liter minyak goreng selama 6 bulan ke depan

Daftar Ritel Modern yang Jual Minyak Goreng Satu Harga Rp14 Ribu/LiterSejumlah warga antre membeli minyak goreng kemasan saat operasi pasar minyak goreng murah di Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Selasa (11/1/2022). (ANTARA FOTO_Muhammad Iqbal)

Untuk program minyak goreng satu harga ini, sudah disiapkan 1,5 miliar liter minyak goreng selama 6 bulan ke depan. Pemerintah memperkirakan penyaluran minyak goreng sebanyak 250 juta liter per bulan.

Untuk program satu harga ini, pemerintah memberikan subsidi sebagai kompensasi dari selisih harga minyak goreng yang dijual peritel. Adapun dana yang disiapkan sebesar Rp7,6 triliun.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya