Comscore Tracker

Warga Curhat Sulit Beli Minyak Goreng di Minimarket, Habis Diborong!

Warga Bekasi sulit cari minyak goreng di Alfamart-Indomaret

Jakarta, IDN Times - Antusiasme masyarakat terhadap kebijakan minyak goreng kemasan satu harga Rp14 ribu per liter sangat tinggi. Beberapa warga Kota Bekasi, Jawa Barat mengaku kesulitan mencari minyak goreng Rp14 ribu per liter di minimarket Alfamart hingga Indomaret karena stoknya habis terjual.

Misalnya seperti Arya, warga Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi, mengaku kesulitan mencari minyak goreng di gerai-gerai Alfamart dan Indomaret di Rawalumbu. Dia mengatakan baik minyak kemasan 1 liter maupun 2 liter, habis diborong.

"Habis ludes  di Alfamart. Di Indomaret belinya harus pakai aplikasi, dan 1 orang hanya boleh beli 1," ucap Arya ketika dihubungi IDN Times, Rabu (19/1/2022).

Baca Juga: Minyak Goreng Rp14 Ribu sudah Dijual di Indomaret hingga Transmart

1. Warga serbu minimarket sejak pagi

Warga Curhat Sulit Beli Minyak Goreng di Minimarket, Habis Diborong!Alfamart Kemanggisan Syahdan, Jakarta Barat baru menerapkan kebijakan satu harga minyak goreng Rp14 ribu per liter pada merek Tropical kemasan 1 liter. (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Selain Arya, seorang warga Kota Bekasi lain yang bernama Anggun juga mengatakan hal serupa. Dia telah mencari minyak goreng ke beberapa gerai di kawasan Margahayu, Kota Bekasi, namun hasilnya nihil.

"Susah dapatnya. Mungkin harus lebih pagi ya, kata pegawai Indomaretnya, pagi tadi ada. Dan di rak tertulis harganya Rp14 ribu (1 liter), dan Rp28 ribu (2 liter)," kata Anggun ketika dihubungi IDN Times.

Menurut keterangan pegawai Indomaret yang ditemui Anggun, warga setempat telah menyerbu pasokan minyak goreng yang ada.

Baca Juga: Ritel Modern Jual Minyak Goreng Rp14 Ribu Mulai Hari Ini, Yuk Beli!

2. Stok minyak goreng 1 liter di Indomaret Kemanggisan habis diborong

Warga Curhat Sulit Beli Minyak Goreng di Minimarket, Habis Diborong!Minyak goreng kemasan 2 liter Rp28 ribu di Indomaret Kemanggisan Syahdan Jakbar pada Rabu (19/1/2022). (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Sementara itu, di gerai Indomaret di Kemanggisan, Jakarta Barat, masih tersedia minyak goreng kemasan 2 liter seharga Rp28 ribu, dan 5 liter seharga Rp70 ribu. Menurut seorang pegawai yang bernama Boy, untuk kemasan 1 liter seharga Rp14 ribu sudah habis terjual.

"Yang kemasan 1 liter dari pagi sudah habis, sudah diborong," katanya.

Baca Juga: Kebijakan Satu Harga Minyak Goreng Berlaku di Pasar Pekan Depan 

3. Stok tersedia, masyarakat jangan panic buying!

Warga Curhat Sulit Beli Minyak Goreng di Minimarket, Habis Diborong!Minyak goreng satu harga, Transmart Central Park pada Rabu (19/1/2022). (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Sebelumnya, Menteri Perdagangan (Mendag), Muhammad Lutfi memastikan stok minyak goreng kemasan cukup untuk kebutuhan seluruh masyarakat hingga 6 bulan ke depan. Pemerintah telah menyiapkan dana Rp7,6 triliun untuk mensubsidi minyak goreng sebanyak 250 juta liter per bulan, atau 1,5 miliar liter sampai 6 bulan ke depan.

Oleh sebab itu, Lutfi mengingatkan masyarakat untuk tidak membeli dengan jumlah berlebih atau panic buying

"Saya juga mengimbau masyarakat untuk tidak perlu panic buying atau membeli secara berlebihan. Karena pemerintah sudah menjamin pasokan dan stok minyak goreng dengan harga Rp14 ribu per liter pasti dapat mencukupi kebutuhan seluruh masyarakat," kata Lutfi dalam konferensi pers virtual, Selasa (18/1/2022).

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya