Comscore Tracker

Sri Mulyani Ajak Gen Z Mengenal Pentingnya APBN 

Sri Mulyani mau generasi muda paham pengelolaan uang negara

Jakarta, IDN Times - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati memberikan pengetahuan umum kepada generasi Z tentang APBN. Dia mengajak para siswa SMP dan SMA untuk memahami pentingnya instrumen tersebut.

Ada beberapa pengetahuan umum soal APBN yang dia bagikan, pertama adalah belanja negara.

"APBN banyak sekali menunya. Ini baru berbagai macam belanja. Subsidi, bagaimana masyarakat bisa dapat bahan bakar untuk masak setiap hari, masalah lingkungan, mengelola sampah. Hal yang nampaknya basic, tapi banyak hubungannya dengan keuangan negara. Jadi semakin banyak yang paham APBN, Anda bisa langsung identifikasi keuangan negara," ucap Sri Mulyani dalam pembukaan Olimpiade APBN 2021 yang digelar virtual, Minggu (12/9/2021).

Baca Juga: Sri Mulyani Akui Pemerintah Perlu Perbaikan meski Lapkeu WTP 5 Kali

1. Generasi muda perlu tahu sumber keuangan negara

Sri Mulyani Ajak Gen Z Mengenal Pentingnya APBN Ilustrasi Pajak (IDN Times/Arief Rahmat)

Lebih lanjut, dia juga membagikan beberapa pengetahuan umum soal penerimaan negara. Menurutnya, generasi muda perlu memahami sumber-sumber penerimaan negara.

"Kok negara bisa bayar banyak sekali? Dapat dari mana uangnya? Kan memunculkan pertanyaan. Nah kalau orang tahu negara dapat uangnya dari pajak, bea cukai, PNBP, kekayaan negara Indonesia," tutur dia.

2. Sri Mulyani ajak anak muda beri inovasi pengelolaan APBN

Sri Mulyani Ajak Gen Z Mengenal Pentingnya APBN Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati membuka Olimpiade APBN 2021 (dok. Youtube Kementerian Keuangan)

Dengan memahami peran APBN, Sri Mulyani berharap generasi muda bisa memberikan inovasi dalam pengelolaan APBN. Misalnya inovasi untuk realisasi belanja negara seperti penyaluran bantuan sosial (bansos), penyaluran anggaran pendidikan, kesehatan, dan sebagainya.

"Saya yakin anak muda ini bakal punya ide jauh lebih kreatif. Apalagi dengan teknologi, bisa memberi ide baru buat kita semua. Sehingga teman-teman Kemenkeu akan semakin terdorong. Kan banyak ide tadi dari masalah kesehatan, pendidikan, membangun jalan raya, jembatan, memperbaiki irigasi, pertanian, bangun madrasah, bantu nelayan, sampai kepada program membuat jalan tol, membuat kereta cepat, semua bisa itu," kata dia.

Baca Juga: Sri Mulyani: Tekor APBN Capai Rp336,9 Triliun per Juli 2021 

3. Anak muda jadi penentu kemajuan bangsa

Sri Mulyani Ajak Gen Z Mengenal Pentingnya APBN Ilustrasi perempuan Indonesia (IDN Times/Arief Rahmat)

Lebih lanjut, Sri Mulyani mengatakan peran generasi muda dalam pengelolaan negara, termasuk pengelolaan APBN memang sangatlah krusial. Pasalnya, kemajuan bangsa sangat tergantung dengan generasi muda itu sendiri.

"Dan masa depan yang lebih baik untuk generasi muda itu sangat tergantung bagaimana negara itu bisa berkembang menjadi negara yang semakin baik, maju," ujar Sri Mulyani.

Adapun kemajuan bangsa itu menurutnya bisa diukur dari berbagai sisi, misalnya pendapatan negara atau pendapatan per kapita yang naik, sehingga pendapatan masyarakat meningkat. Lalu juga dari sisi sistem transportasi yang semakin modern, akses pendidikan dan kesehatan, dan lain-lain.

"Maju juga bisa diukur dari kemampuan kita memenangkan berbagai lomba-lomba internasional dari mulai olimpiade olahraga, festival film, pemenang nobel, atau berbagai ajang yang ada di dunia. Maju juga bisa diukur dari aspek fisik, apakah di negara itu sudah terbangun jalan raya, atau bahkan jalan tol," tutur Sri Mulyani.

Baca Juga: Sri Mulyani Akui Gen Z Beda dari Baby Boomers dan Millennials

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya