Comscore Tracker

5 Kebiasaan agar Bisa Hidup Hemat, Millennials Wajib Baca!

Karena hemat itu pangkal kaya!

Banyak anak muda yang belum bisa mengatur keuangan, sehingga tidak jarang para millennials ini berperilaku sangat boros. Seperti kata pepatah, hemat pangkal kaya. Kamu harus membiasakan diri untuk bisa hidup hemat, agar masa tua mu lebih nyaman dan makmur.

Namun, untuk bisa hidup hemat, kamu harus memulai beberapa kebiasaan. Kebiasaan ini akan mengubah pola pemikiranmu dalam konsep mengatur keuangan yang baik. Berikut 5 kebiasaan agar kamu bisa hidup hemat.

1. Sisihkan sebagian uang di awal bulan untuk tabungan dan investasi

5 Kebiasaan agar Bisa Hidup Hemat, Millennials Wajib Baca!unsplash.com/adeolueletu

Semua orang wajib memiliki tabungan dan investasi. Hal ini berlaku juga untuk millennials. Investasi harus dimulai sejak muda karena teman terbaik dalam berinvestasi adalah waktu. Semakin muda kamu berinvestasi, maka outcome yang akan kamu dapat nantinya juga semakin besar.

Agar kamu bisa menabung dan berinvestasi secara konsisten tiap bulannya, kamu bisa menyisihkan uangmu sejak awal bulan. Jika kamu menyisihkan sebagian uangmu di akhir bukan, kemungkinan besar uang yang kamu punya akan habis tak tersisa. Lebih baik dari awal bulan sudah kamu cut sebagian uangmu untuk disimpan dan diinvestasikan.

2. Utamakan memasak sendiri

5 Kebiasaan agar Bisa Hidup Hemat, Millennials Wajib Baca!pexels.com/One shot

Memasak merupakan survival skill terpenting yang harus dimiliki oleh semua orang. Jika dengan Rp50.000,- uangmu hanya bisa untuk 2-3 kali membeli makanan dari luar, dengan memasak kamu bisa memakai uang itu untuk 5-6 kali makan. Tentunya hal ini akan menghemat pengeluaranmu.

Setiap weekend, kamu bisa membeli bahan masakanmu untuk 1 minggu  ke depan sehingga kamu tidak terlalu repot untuk bolak-balik ke pasar setiap harinya. Bukan berarti kamu tidak boleh makan di luar sama sekali. Kamu boleh makan di luar namun sebaiknya hanya sesekali saja.

Baca Juga: 8 Tips Sederhana Mencegah Perilaku Boros, Saatnya Berhemat!

3. Pastikan tempat tinggalmu memiliki WiFi

5 Kebiasaan agar Bisa Hidup Hemat, Millennials Wajib Baca!pexels.com/Tatiana Syrikova

Di zaman yang serba modern, internet merupakan salah satu hal terpenting dalam hidup. Jika dulu buku adalah jendela dunia, maka sekarang, internet yang menjadi jendela dunia. Zaman sekarang, semua hal dapat dijangkau dengan internet. Tidak jarang tugas sekolah, tugas kuliah, ataupun tugas kantor yang membutuhkan jangkauan internet sehingga memaksa kamu untuk memakai internet.

Seperti pandemi corona yang terjadi saat ini, terbukti bahwa internet menjadi sangat penting dalam kehidupan. Oleh karena itu, kamu harus memastikan tempat tinggalmu memiliki WiFi. Dengan menggunakan WiFi, kamu akan lebih hemat dibandingkan memakai kuota internet smartphone.

4. Semua pengeluaran dan pemasukanmu harus dicatat

5 Kebiasaan agar Bisa Hidup Hemat, Millennials Wajib Baca!pexels.com/Jacqueline Kelly

Kamu harus ingat konsep ekonomi dasar, uang yang keluar harus lebih sedikit dari uang yang masuk. Untuk mengontrol pengeluaran yang berlebihan, maka kamu dapat mengatasinya dengan menuliskan semua pengeluaran dan pemasukanmu. Hal ini akan mempermudahmu untuk mengevaluasi seberapa banyak pengeluaranmu. 

5. Jangan sok kaya

5 Kebiasaan agar Bisa Hidup Hemat, Millennials Wajib Baca!pexels.com/Andrea Piacquadio

Bagi anak muda zaman sekarang, gengsi itu segalanya. Karena termakan gengsi, tidak jarang anak muda berperilaku hedonisme. Ditambah lagi, sosial media sekarang jadi ajang pamer bagi kebanyakan orang. Padahal, pemasukannya tidak sebanyak itu.

Oleh karena itu, kamu dilarang untuk sok kaya. Jika kamu sok kaya, maka uangmu akan kamu habiskan untuk memenuhi gengsi semata. Tidak jarang orang bahkan terlilit utang demi memenuhi gengsinya saja. 

Walaupun kamu punya pemasukan yang banyak, hedonisme tetap tidak dibenarkan. Banyak pemasukan bukan berarti banyak pengeluaran juga. Jika gaya hidupmu sudah naik di titik tertentu, dan tiba-tiba kamu jatuh miskin, maka akan susah untukmu menurunkan gaya hidupmu kembali.

Katanya kaya itu bukan soal uang tapi soal mindset. Mau seberapa banyak pun uang yang kamu miliki kamu gak bisa mengolahnya juga bakal menguap habis. Kamu sudah punya kebiasaan nomor berapa?

Baca Juga: Biar Cepat Kaya, 6 Tips Sukses Menabung untuk Orang yang Boros 

Adena Riskivia Trinanda Photo Verified Writer Adena Riskivia Trinanda

Anak koas yang suka menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya