Comscore Tracker

Dorong Ekosistem Digital, BRI Sediakan Layanan untuk Pesantren 

Bagian sinergi BRI dengan pesantren-pesantren di Indonesia

Jakarta, IDN Times – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk terus mendorong penguatan ekosistem digital di seluruh lapisan masyarakat sebagai sumber pertumbuhan baru perseroan. Hal yang terbaru, dalam rangka mewujudkan pesantren yang go digital, BRI melakukan sinergi dengan pesantren–pesantren di Indonesia.

Salah satu yang dilakukan bersama Pesantran Al–Imdad di Yogyakarta, BRI membantu menyediakan layanan digital untuk ekosistem pesantren bagi santri, wali santri, pengajar dan pengurus yayasan pesantren.

1. BRI memberikan layanan dari sisi akademik dan non-akademik bagi pesantren

Dorong Ekosistem Digital, BRI Sediakan Layanan untuk Pesantren Ilustrasi pondok pesantren. (IDN Times/Prayugo Utomo)

Direktur Konsumer BRI Handayani menjelaskan perseroan memberikan layanan dari sisi akademik dan non-akademik termasuk untuk pengelolaan keuangan dan membantu mewujudkan transaksi cashless di lingkungan pesantren. 

“Kerja sama yang telah dilakukan, yaitu salah satunya penggunaan aplikasi Junio Smart. Junio Smart merupakan sistem manajemen sekolah yang diberikan secara free bagi sekolah dengan syarat hanya membuka Giro Operasional sekolah di BRI. Selain itu, untuk para siswa/i sendiri dapat membuka Tabungan BRI Junio, yang merupakan tabungan yang ditujukan bagi segmen anak sampai dengan usia 17 tahun dengan kelebihan fitur dan fasilitas, yakni desain buku tabungan dan kartu debit yang sesuai dengan karakter anak-anak dan biaya administrasi yang ringan,” ujarnya.

Baca Juga: Lakukan Transformasi, Dirut BRI Ungkapkan Visi Pengembangan BRI Group 

2. BRI juga memberikan kemudahan pengelolaan keuangan pesantren

Dorong Ekosistem Digital, BRI Sediakan Layanan untuk Pesantren Layanan BRI untuk pesantren (Dok. BRI)

Junio Smart BRI bekerja sama dengan lebih dari 90 pesantren yang ada di seluruh Indonesia, dan diharapkan dengan adanya aplikasi Junio Smart BRI ini dapat membantu santri, wali santri, pengajar di seluruh pondok pesantren untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar dan dapat semakin aktif bertransaksi perbankan melalui BRI.

Selain layanan dari sisi akademik, BRI juga memberikan layanan komprehensif dari sisi non-akademik, dengan membantu memberikan layanan transaksi cashless di seluruh unit usaha pondok pesantren, seperti transaksi pembayaran di minimarket, air isi ulang, jasa laundry dengan menggunakan QRIS ataupun BRIZZI.

Kerja sama lainnya dengan pondok pesantren Al–Imdad, yaitu Layanan Agen BRILink yang memberikan kemudahan bagi entitas penghuni pesantren yang ingin melakukan transaksi setor dan tarik uang tunai serta pembayaran–pembayaran lainnya tanpa harus mengunjungi unit kerja BRI.

Selain itu, BRI juga memberikan kemudahan pengelolaan keuangan pesantren dengan fasilitas platform transaksional BRI, seperti CMS untuk transaksi transfer, pembayaran payroll pengajar pesantren, cek mutasi rekening, dan kegiatan pengelolaan likuiditas pesantren lainnya yang diintegrasikan dengan sistem pengelolaan pesantren. 

3. Komitmen BRI mendukung kemajuan dunia pesantren

Dorong Ekosistem Digital, BRI Sediakan Layanan untuk Pesantren Gedung BRI. (Dok. BRI)

BRI juga memberikan kemudahan bagi para wali santri untuk melakukan pembayaran biaya pendidikan melalui BRI Virtual Account (BRIVA) yang dapat dibayarkan melalui seluruh channel BRI.

“BRI berkomitmen untuk mendukung kemajuan dunia pesantren dalam memasuki era digital dengan menyediakan layanan ekosistem pesantren go digital,” pungkas Handayani. (WEB)

Baca Juga: Asiamoney Kembali Kukuhkan BRI Sebagai Bank UKM Terbaik di Indonesia

Topic:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya