Comscore Tracker

7 Cara Cerdas & Ampuh Lepaskan Diri dari Jeratan Hutang

Stop kebiasaan jadikan hutang sebagai solusi

Berhutang saat ini dianggap sebagai suatu kebiasaan lumrah bagi masyarakat. Baik untuk berbisnis, kebutuhan, maupun memenuhi gaya hidup. Walaupun awalnya hutang dianggap sebagai solusi di saat seseorang mengalami masalah keuangan, tak jarang hutang malah membuat keadaan seseorang makin terpuruk. Apalagi jika hutang tersebut dilakukan hanya untuk memenuhi keinginan yang gak terlalu penting, yang pada akhirnya hanya akan menimbulkan penyesalan.

Akan tetapi, bagaimana juga kamu tetap harus berusaha keras mencegah serta membebaskan dirimu dari kebiasaan ini. Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk membebaskan diri dari jeratan hutang.

1. Buat rincian pemasukan dan pengeluaran

7 Cara Cerdas & Ampuh Lepaskan Diri dari Jeratan HutangApglearning.in

Salah satu faktor penyebab gaji bulananmu selalu cepat habis adalah karena kamu gak melakukan evaluasi antara pemasukan dan pengeluaran. Gak jarang orang-orang membeli barang yang kelihatannya gak terlalu mahal, tapi kalau ditotal pengeluaran bulanan untuk hal-hal gak penting tersebut ternyata jumlahnya fantastis. Maka dari itu, kamu gak boleh malas membuat rincian antara pemasukan dan pengeluaran.

2. Buat skala prioritas

7 Cara Cerdas & Ampuh Lepaskan Diri dari Jeratan HutangUnsplash.com/Glenn Carstens-Peters

Mulai sekarang stop kebiasaan foya-foya pada tanggal kamu gajian. Buatlah skala prioritas dari mulai hal terpenting dan urgent sampai hal-hal kecil yang sifatnya hiburan. Setelah kamu menerima gaji, segera anggarkan uangmu untuk membayar apapun sesuai urutan skala prioritas, seperti tagihan, kebutuhan pokok, tabungan, dan lainnya.

3. Segera bayar hutang mulai dari yang bunganya paling tinggi atau sudah jatuh tempo

7 Cara Cerdas & Ampuh Lepaskan Diri dari Jeratan HutangPexels.com/Artem Bali

Kalau kamu terlanjur memiliki hutang, apalagi sampai di beberapa tempat. Kamu harus memfokuskan diri untuk melunasi hutangmu mulai dari yang bunganya paling tinggi atau mendekati jatuh tempo. Memiliki hutang pastinya akan membuat kamu terasa tercekik dan gak tenang. Maka dari itu, lupakan dulu hal apapun yang sifatnya foya-foya dan fokuslah melunasi hutangmu.

Baca Juga: 4 Langkah Simpel Ini Akan Membantumu Keluar dari Lilitan Hutang

4. Pastikan pengeluaranmu lebih sedikit daripada pemasukan

7 Cara Cerdas & Ampuh Lepaskan Diri dari Jeratan HutangIctaylor.com

Setelah membuat skala prioritas dan rinciannya. Kamu harus memastikan bahwa total pengeluaranmu lebih sedikit daripada pemasukan. Kamu bisa mengakalinya dengan mengeliminasi hal-hal yang sebetulnya tidak terlalu penting seperti koleksi makeup atau fashion.

5. Mencari pekerjaan sampingan

7 Cara Cerdas & Ampuh Lepaskan Diri dari Jeratan HutangUnsplash.com/Andrew Neel

Kalau kamu punya banyak waktu luang, daripada dipakai untuk jalan-jalan atau bermalas-malasan, lebih baik kamu gunakan waktu luang tersebut untuk melakukan pekerjaan tambahan. Akan tetapi, penting untuk kamu ingat bahwa jangan sampai pekerjaan sampingan yang kamu lakukan justru mengganggu pekerjaan utamamu. Jadi pastikan kamu memilih pekerjaan tambahan yang fleksibel seperti menjadi penulis, tutor, atau mitra ojek online.

6. Selalu membayar tagihan tepat waktu

7 Cara Cerdas & Ampuh Lepaskan Diri dari Jeratan HutangUnsplash.com/Artem Bali

Jangan sekali-kali menunda pembayaran apapun. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak terduga seperti tagihan yang menumpuk ataupun denda yang tinggi. Jadi pastikan kamu langsung membayar segala tagihan begitu kamu menerima gaji.

7. Konsisten dalam melaksanakan aturan

7 Cara Cerdas & Ampuh Lepaskan Diri dari Jeratan HutangUnsplash.com/Kyle Gregory Devaras

Setelah memikirkan semua perencanaan dengan matang. Akan sangat sia-sia kalau kamu gak melaksanakan dan menaati aturan tersebut. Maka dari itu, dibutuhkan kemauan dan konsistensi dari diri kamu sendiri untuk melaksanakan semuanya demi terbebani dari jeratan hutang.

Itu tadi beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk melepaskan diri dari hutang, penting sekali untuk mencegah dirimu berhutang untuk hal yang sifatnya gak penting. Kendati demikian, jika kamu terlanjur berhutang maka kamu harus berusaha untuk melunasi semuanya sesegera mungkin.

Baca Juga: Terbiasa Berhutang? Awas, 6 Hal Buruk Ini Bisa Terjadi Padamu

Ekaay Photo Community Writer Ekaay

Belajar hidup

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

JADWAL SALAT & IMSAK

27
MEI
2019
22 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

Just For You