Comscore Tracker

Tanpa Drama, 6 Cara Menghalau Teman yang Suka Ngutang di Akhir Bulan

Gak perlu sampai mengorbankan pertemanan

Tanggal tua atau akhir bulan merupakan masa-masa di mana orang-orang, mungkin termasuk kamu harus lebih hemat dan selektif dalam mengatur pengeluaran lantaran isi dompet sudah mulai menipis. Sialnya, tak jarang di tengah kondisi yang sedang serba prihatin ini kemudian ada teman yang merengek-rengek meminta pinjaman uang alias utang.

Kalau sekali dua kali sih masih bisa dimaklumi, tapi kalau hampir setiap bulan, ditambah drama-drama di momen kamu menagih uang yang merupakan hakmu tersebut, pastinya bikin kamu jengkel bukan. Untuk menghindarkan kamu dari kejadian serupa, berikut beberapa tips yang bisa kamu ikuti.

1. Katakan bahwa kamu hanya punya uang pas-pasan

Tanpa Drama, 6 Cara Menghalau Teman yang Suka Ngutang di Akhir BulanUnsplash.com/Product School

Kalau temanmu pengertian, cukup dengan kamu mengatakan bahwa uang yang kamu miliki saat ini tinggal pas-pasan, temanmu pasti akan mengerti kok. Dengan begitu, temanmu tidak akan memaksa lagi.

2. Ada banyak tagihan yang perlu segera dibayar

Tanpa Drama, 6 Cara Menghalau Teman yang Suka Ngutang di Akhir BulanUnsplash.com/Trung Thanh

Kamu juga bisa bilang bahwa saat ini kamu sedang memiliki banyak tagihan yang harus dibayar segera. Sehingga jika kamu meminjamkan uangmu padanya, kamu khawatir tidak bisa membayar semua kewajibanmu.

3. Beri opsi bantuan selain uang

Tanpa Drama, 6 Cara Menghalau Teman yang Suka Ngutang di Akhir BulanUnsplash.com/Yuvraj Singh

Supaya temanmu tidak sakit hati, berilah opsi bantuan selain uang. Misalnya, makan di rumahmu, meminjam kendaraanmu, antarkan dia ke ATM dan sebagainya. Kendati kamu belum bisa meminjamkan uang, tetap tunjukkan simpatimu padanya ya.

Baca Juga: 5 Tips Cerdas Menghindari Utang, Meskipun Gaji Bulanan Pas-pasan

4. Menghindar darinya sementara waktu

Tanpa Drama, 6 Cara Menghalau Teman yang Suka Ngutang di Akhir BulanUnsplash.com/Olya Kuzovkina

Kalau ini sudah jadi kebiasaannya tiap menjelang akhir bulan, menghindar darinya sementara bisa jadi pilihan yang tepat buat kamu. Dengan kalian tidak bertemu, artinya kamu tidak perlu pusing-pusing memikirkan alasan untuk menolaknya ketika hendak meminjam uang.

5. Jangan bawa dompet, uang, dan kartu ATM

Tanpa Drama, 6 Cara Menghalau Teman yang Suka Ngutang di Akhir BulanUnsplash.com/Alexander Mils

Kalau temanmu adalah tipe yang suka memaksa, kamu bisa beralasan bahwa kamu sedang tidak membawa dompet beserta uang dan kartu ATM. Kalau sudah begitu, mau tidak mau dia harus mencari pinjaman ke orang lain.

6. Manfaatkan fasilitas cardless

Tanpa Drama, 6 Cara Menghalau Teman yang Suka Ngutang di Akhir BulanInstagram.com/goodlifebca

Sebagai gantinya karena kamu tidak membawa uang tunai dan kartu ATM, kamu wajib banget memanfaatkan fasilitas Cardless di ATM BCA. Fasilitas ini memungkinkan kamu melakukan tarik dan setor tunai tanpa kartu di ATM lho. Melainkan hanya menggunakan nomor handphone dan kode transaksi yang dikirim ke aplikasi BCA mobile di smartphone kamu.

Nah, ternyata buat menghalau kawan yang suka ngutang di tanggal tua bisa #DibikinSimpel dengan tips di atas. Mau yang simpel-simpel lagi? Yuk #JoinGenerasiSimpel dan #JoinGenerasiSimpelIDN biar gak jadi generasi ribet dan penuh drama.

Baca Juga: Begini Cara Praktis Buka Tabungan untuk Para Difabel

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

a human

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya