Comscore Tracker

5 Tips Cerdas Menghindari Utang, Meskipun Gaji Bulanan Pas-pasan

Supaya hidup tenang, gak dikejar-kejar debt collector!

Zaman sekarang ini, segala sesuatu bisa dibeli dengan mudah. Mulai dari handphone, laptop, barang elektronik, fashion item, dan lain sebagainya. Bahkan walaupun kamu tidak memiliki uang tunai yang cukup, kamu masih bisa membelinya dengan cara kredit ataupun memakai fasilitas pay later. 

Karena itu tidak heran kalau banyak orang zaman sekarang yang terjebak dalam gaya hidup yang konsumtif. Akibatnya gaji yang diterima pun seringkali sudah habis sebelum akhir bulan, dan mereka pada akhirnya terlibat utang karena gaya hidupnya tersebut. Hidup gali lubang tutup lubang pun terpaksa harus dijalani. Uang gaji setiap bulan pun habis hanya untuk membayar utang saja.

Siapa sih yang mau hidup seperti itu? Tidak ada orang yang mau sih pastinya. Nah supaya hidupmu tidak berakhir seperti itu, inilah beberapa tips cerdas untuk menghindari utang meskipun gaji kamu pas-pasan.

1. Paksa dirimu untuk menabung

5 Tips Cerdas Menghindari Utang, Meskipun Gaji Bulanan Pas-pasanpexels.com/Maitree Rimthong

Di awal bulan saat kamu sudah menerima gaji, langsung sisihkan 10% dari gajimu tersebut untuk ditabung. Suka ataupun tidak, kamu harus memaksa dirimu untuk mulai menabung. Jangan menunggu sisa uang gaji di akhir bulan untuk dimasukkan ke tabungan, karena hal itu mustahil. Gajimu tidak akan pernah tersisa, kalau gaya hidupmu terlalu konsumtif. 

2. Buatlah anggaran keuangan

5 Tips Cerdas Menghindari Utang, Meskipun Gaji Bulanan Pas-pasanunsplash.com/Freshh Conection

Setiap bulannya, buatlah anggaran keuangan. Bagi uang gajimu ke dalam beberapa amplop, misalnya untuk biaya transportasi, biaya makan, biaya pulsa, biaya hidup, dan lain-lain. Kemudian catat semua pengeluaranmu. Dengan begitu kamu bisa melihat apakah pengeluaranmu sudah sebanding dengan gaji yang kamu terima, atau malah besar pasak daripada tiang.

Baca Juga: 5 Manfaat yang Kamu Rasakan saat Dapat Mengelola Keuangan dengan Baik

3. Beli barang yang kamu butuhkan, bukan yang kamu inginkan

5 Tips Cerdas Menghindari Utang, Meskipun Gaji Bulanan Pas-pasanpexels.com/Artem Beliaikin

Ketika kamu belanja kebutuhan bulanan, buatlah daftar barang-barang yang hendak kamu beli. Dan jangan membeli barang apapun yang tidak ada di dalam daftar. Terkadang ketika sedang berbelanja kebutuhan bulanan, banyak orang yang pada akhirnya tergoda membeli barang-barang yang tidak ada dalam daftar. Biasanya mereka tertarik karena harga yang murah, atau karena diskon yang ditawarkan. Padahal belum tentu mereka membutuhkan barang tersebut.

4. Hindari membeli apapun secara kredit

5 Tips Cerdas Menghindari Utang, Meskipun Gaji Bulanan Pas-pasanpixabay.com/quinntheislander

Ketika kamu membeli sesuatu, biasakan untuk membelinya secara tunai. Hindari melakukan pembelian apapun secara kredit, baik menggunakan kartu kredit ataupun mencicilnya dengan menggunakan aplikasi kredit online di ponsel. Karena apapun yang dibeli secara kredit, pasti memiliki bunga yang harus dibayar. Dan itu bisa menambah beban pengeluaran kamu setiap bulannya.

5. Bergayalah sesuai dengan penghasilan

5 Tips Cerdas Menghindari Utang, Meskipun Gaji Bulanan Pas-pasanunsplash.com/freestock.org

Gaya hidup seseorang biasanya ditentukan oleh lingkungannya. Ketika kamu melihat teman-temanmu setiap hari hobi nongkrong di kafe, makan siang di mall, memakai baju branded, lama-lama kamu pasti akan tertarik untuk mengikuti gaya hidup mereka. Kalau gajimu tidak cukup, pada akhirnya kamu akan berutang sana sini untuk memenuhi tuntutan gaya hidupmu itu.

Jangan sampai terjerat utang hanya karena gaya hidup yang konsumtif dan hedonis. Bergayalah sesuai dengan penghasilanmu dan kemampuan kantongmu. Jangan memaksakan diri mengikuti gaya hidup orang lain yang tidak sesuai dengan kemampuanmu. Lebih baik di-cap tidak gaul, tidak modis, atau kurang update, daripada hidup tidak tenang dikejar-kejar utang.

Baca Juga: 5 Tips Agar Keuangan Tetap Aman Meski Penampilan Selalu Stylish

Maria Verena Photo Verified Writer Maria Verena

Menulis adalah cara saya mengekspresikan pikiran saya. It's a really fun thing to do.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You