Comscore Tracker

Jarang Disadari, 5 Cara Ini Bikin Gaji Kamu Tidak Lewat Begitu Saja

Perasaan baru gajian, kok uang sudah habis saja ya?

Uang kamu sudah habis padahal baru pertengahan bulan? Sering mengalami ini? Atau bahkan setiap bulan? Itu artinya ada yang salah dalam cara kamu mengatur keuangan. Jika hal ini dibiarkan terus terjadi, kamu tidak akan pernah mendapatkan kebebasan finansial, berapapun gaji yang kamu dapatkan kelak.

Lalu bagaimana cara menyiasati uang gajian agar tidak habis entah kemana? Yuk, simak 5 cara mengatur uang gajian agar tak lewat begitu saja.

1. Jangan berpikir kalau kamu “kaya” saat gajian

Jarang Disadari, 5 Cara Ini Bikin Gaji Kamu Tidak Lewat Begitu Sajapixabay.com/Goumbik

Ini adalah cara sederhana untuk mulai mengatur agar gajimu tidak habis bak hilang ditelan bumi. Jika kamu berpikir bahwa kamu sedang punya banyak uang, tentunya kamu juga akan berpikir untuk membeli apa saja dengan uang tersebut. Mulailah mengatur diri dengan perasaan "kaya" ketika kamu gajian. Karena perilaku konsumtif biasanya muncul ketika kita merasa punya banyak uang.

2. Buat skala prioritas dalam membelanjakan uang

Jarang Disadari, 5 Cara Ini Bikin Gaji Kamu Tidak Lewat Begitu Sajapixabay.com/46173

Menentukan skala prioritas di awal tentunya akan sangat membantumu dalam mengontrol keuangan. Kamu bisa menentukan mana yang benar-benar dibutuhkan dan mana yang tidak.

Daftar kebutuhan ini harus kamu buat secara detail, mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan sekunder. Jika memiliki berbagai tagihan, usahakan untuk membayar tagihan tersebut sesegera mungkin.

Baca Juga: Bukan Cuma Jumlah Uangnya, Ini 5 Manfaat Lain Membiasakan Menabung 

3. Sisihkan gaji untuk menabung dan investasi

Jarang Disadari, 5 Cara Ini Bikin Gaji Kamu Tidak Lewat Begitu Sajapixabay.com/luxstorm

Ingat, selalu sisihkan gaji untuk ditabung sesaat setelah kamu menerima gaji, bukan menunggu uang sisa di akhir bulan. Mengapa begitu? sebab jika menunggu gaji sisa baru ditabung, bisa dipastikan kamu tidak akan pernah bisa menabung. Uang akan terus dibelanjakan dan kamu akan berucap "mulai bulan depan deh nabungnya, janji!"

Hmm, buat kamu yang mau berubah dari kondisi seperti di atas, kamu bisa mulai langkah awal yakni dengan membuat kembali rekening bank. Yup, kamu harus memiliki rekening lebih dari satu.

Rekening pertama kamu gunakan untuk pengeluaran sehari-hari. Sedangkan rekening kedua maupun selanjutnya, kamu bisa gunakan untuk menabung dan investasi. Cara ini efektif untuk membedakan mana uang yang bisa kamu pakai sesuka hati dan mana yang tidak.

4. Jangan membawa uang tunai terlalu banyak

Jarang Disadari, 5 Cara Ini Bikin Gaji Kamu Tidak Lewat Begitu Sajapixabay.com/Ekoanug

Membawa uang cash dalam jumlah besar tentunya akan membuat kamu semakin boros. Kamu akan tergoda untuk membeli barang-barang yang sebenarnya "tidak berguna" karena merasa punya uang lebih. Bawa uang secukupnya dan isi lagi dompetmu ketika uang sudah habis.

5. Bijak dalam menggunakan aplikasi banking dan dompet digital

Jarang Disadari, 5 Cara Ini Bikin Gaji Kamu Tidak Lewat Begitu Sajapixabay.com/viarami

Sebagian orang cenderung ingin membelanjakan uang mereka ketika melihat masih terdapat banyak saldo pada aplikasi banking serta dompet digital mereka. Kombinasi keduanya dan aplikasi belanja online tentu akan menguras habis isi rekeningmu jika tidak digunakan dengan bijak.

Mulai sekarang kamu harus bisa mengendalikan hasrat berbelanja online. Caranya? isilah saldo dompet digital seperlunya saja. Kamu harus menahan diri terhadap godaan promo dan cashback yang pasti akan selalu muncul tanpa henti.

Itulah beberapa tips agar gaji kamu tidak mudah habis entah kemana. Cara diatas tentunya akan efektif jika diterapkan secara disiplin dan konsisten. Semangat ya, guys!

Baca Juga: Apa Perbedaan Menabung dan Investasi? Yuk, Kenali Kelemahan Keduanya

Faiz Irsyad Photo Verified Writer Faiz Irsyad

football and movie addict☺

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya