Comscore Tracker

Suku Bunga BI Diprediksi Tetap 3,5 Persen, Rupiah Ditutup Stagnan

BI telah menurunkan suku bunga hingga 200 bps 

Jakarta, IDN Times - Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS ditutup stagnan di level Rp14.355. Untuk perdagangan besok, mata uang rupiah kemungkinan dibuka fluktuatif.

"Namun ditutup melemah di rentang Rp14.340-Rp14.380," ungkap Direktur PT.TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi dalam keterangan tertulis, Senin (24/5/2021).

Baca Juga: Jaga Stabilitas, Suku Bunga Acuan Bank Indonesia Tetap 3,5 Persen

1. Suku bunga acuan diprediksi bertahan di 3,5 persen

Suku Bunga BI Diprediksi Tetap 3,5 Persen, Rupiah Ditutup StagnanANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Menurut Ibrahim, pelaku pasar memperkirakan Bank Indonesia (BI) masih tetap mempertahankan suku bunga acuan pada bulan ini. Gubernur Perry Warjiyo dan rekan menggelar Rapat Dewan Gubernur (RDG) periode Mei 2021 pada 24-25 Mei. Konsensus pasar yang dihimpun para analis memperkirakan suku bunga acuan masih bertahan di 3,5 persen.

"Bank Indonesia mempertahankan suku bunga sambil menunggu komitmen perbankan, baik perbankan plat merah maupun perbankan swasta untuk menurunkan suku bunga kredit lebih dalam lagi," kata Ibrahim.

2. BI telah menurunkan suku bunga hingga 200 bps

Suku Bunga BI Diprediksi Tetap 3,5 Persen, Rupiah Ditutup StagnanIlustrasi Uang Rupiah (ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)

Sejak pandemik COVID-19 mengobrak-abrik perekonomian nasional, BI tidak tinggal diam. BI 7 Day Reverse Repo Rate diturunkan 200 basis poin ke 3,5 persen. Ini adalah suku bunga acuan terendah dalam sejarah Indonesia merdeka.

Selain itu, BI juga memberikan pelonggaran makroprudensial. Konsumen yang ingin mengambil Kredit Pemilikan Rumah (KPR) maupun Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) tidak perlu menyiapkan uang muka, cukup bayar angsuran bulanan.

"Semua ini dilakukan untuk memberi 'pelumas' agar perekonomian Tanah Air bisa bergerak lebih mulus. Namun, sepertinya perbankan belum bergerak dalam irama yang sama," ungkapnya.

Baca Juga: Awal Pekan, Rupiah Kembali Bertenaga

3. Rupiah menguat 20 poin pada perdagangan pekan lalu

Suku Bunga BI Diprediksi Tetap 3,5 Persen, Rupiah Ditutup StagnanIlustrasi Uang Rupiah (ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN)

Pada perdagangan akhir pekan lalu, rupiah ditutup menguat 20 poin atau 0,14 persen pada level Rp14.355 per dolar AS dibandingkan penutupan pada hari sebelumnya yang berada di level Rp14.375. Sementara, pagi tadi rupiah menguat tipis 9 poin di level Rp14.346 atau menguat 0,06 persen.

Baca Juga: 6 Masa Krisis Terparah Sepanjang Sejarah Dunia, Uang Pun Gak Berarti

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya