Comscore Tracker

5 Tips Mengatur Keuangan untuk Kamu yang Baru Saja Merantau

Jangan khawatir, kamu pasti bisa mengatur dengan baik

Masalah keuangan memang hal yang tidak mudah untuk diatur ketika awal merantau. Uang yang habis sebelum waktunya dan banyaknya pengeluaran akan kamu rasakan di awal. Tak jarang, hal ini membuat kamu takut untuk mengeluarkan uang untuk kebutuhan pokokmu.

Supaya kamu enggak kesusahan lagi untuk mengatur keuangan, simak 5 tips di bawah ini yuk!

1. Buat catatan apa saja kebutuhan mendesak di bulan tersebut

5 Tips Mengatur Keuangan untuk Kamu yang Baru Saja Merantaupixabay.com/pexels

Terkadang ada kebutuhan lain di bulan tersebut yang harus kamu beli atau membutuhkan uang. Untuk mengatur berapa uang yang harus kamu keluarkan dalam sebulan, buatlah list terlebih dahulu. Setelah itu, kamu bisa menghitung kembali berapa sisa uang untuk kebutuhan pokok dalam sebulan.

2. Jangan menabung menggunakan sisa uang bulanan

5 Tips Mengatur Keuangan untuk Kamu yang Baru Saja Merantaupixabay.com/stevepb

Saat kamu menerima uang, sisihkan beberapa untuk tabungan terlebih dahulu. Biasakan untuk menyisihkan uang untuk menabung terlebih dulu. Dengan kebiasaan ini, kamu lebih mempunyai komitmen untuk menabung.

Baca Juga: 5 Hal Ini Wajib Dipikirkan Sebelum Ambil Keputusan Mengenai Keuangan

3. Carilah tempat nongkrong bersama teman dengan harga terjangkau

5 Tips Mengatur Keuangan untuk Kamu yang Baru Saja Merantaupixabay.com/StockSnap

Kuliah pasti tidak pernah lepas dengan kegiatan nongkrong bersama teman. Biasanya kamu mengerjakan tugas kelompok, mengobrol, atau melakukan kegiatan lain di cafe. Hal inilah yang membuat kamu lebih boros.

Agar kamu tetap bisa nongkrong tapi uang jahan tetap aman, carilah tempat yang harganya terjangkau untuk anak kuliahan. Biasanya di sekitar kampus banyak cafe yang nyaman dengan harga murah.

4. Siapkan uang tunai secukupnya

5 Tips Mengatur Keuangan untuk Kamu yang Baru Saja Merantaupixabay.com/3dman_eu

Jangan mengambil uang tunai dari ATM dalam jumlah banyak. Siapkan uang secukupnya sesuai dengan kebutuhanmu. Dengan minimnya uang tunai yang kamu bawa, ini akan membatasi untuk membeli barang yang tidak perlu. Pengeluaranmu juga akan berkurang karena uang yang kamu bawa terbatas.

5. Kerja part-time agar mendapat tambahan uang

5 Tips Mengatur Keuangan untuk Kamu yang Baru Saja Merantaupixabay.com/Free-Photos

Bekerja part-time sangat pas untuk kamu yang sedang kuliah. Selain banyak pengalaman, kamu akan mendapat tambahan uang. Dengan bekerja kamu bisa mencukupi kebutuhan lain tanpa meminta orang tua.

Saat merantau kamu harus pintar dalam mengatur keuangan. Salah dalam menggunakan uang untuk hal yang tidak penting akan membuat kebutuhan pokokmu tidak terpenuhi.

Bijaklah dalam mengatur keuanganmu agar tetap aman sampai bulan berikutnya. Jangan lupa menabung agar kamu tidak bingung saat ada kebutuhan mendesak.

Baca Juga: 5 Trik Simpel Belanja Bulanan Biar Keuangan Tetap Hemat dan Terkontrol

Lois Maria Andries Photo Verified Writer Lois Maria Andries

19

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya