Comscore Tracker

Ini Gaji Pramugari di 6 Maskapai Penerbangan Indonesia

Gaji pramugari bisa mencapai puluhan juta rupiah sebulannya

Jakarta, IDN Times – Menjadi pramugari penerbangan adalah salah satu pekerjaan yang banyak diminati di Indonesia karena sejumlah alasan, salah satunya yakni kesempatan untuk jalan-jalan atau berkeliling dunia tanpa mengeluarkan biaya sendiri. Selain itu, pekerjaan ini juga disebut-sebut memberikan gaji yang lumayan tinggi.

Adapun pengertian pramugari sendiri yakni seorang perempuan yang bekerja sebagai staf atau karyawan pada perusahaan angkutan umum baik darat, laut, dan udara. Tugas utama seorang pramugari adalah menjaga keamanan dan kenyamanan bagi para penumpang.

Meski memiliki sejumlah daya tarik, pekerjaan menjadi pramugari penerbangan tidaklah mudah. Bergabung dengan awak kabin dalam suatu maskapai penerbangan memiliki banyak persyaratan yang harus dipenuhi. Biasanya seorang pramugari harus memiliki wajah yang rupawan, tubuh proporsional, dan juga kemampuan berbahasa Inggris. Selain itu juga harus melewati rangkaian tes kesehatan lain.

Lalu, berapakah gaji pramugari di Indonesia?

Baca Juga: Gaji: Pengertian, Fungsi dan Tujuannya

1. Gaji Pramugari Garuda Indonesia

Ini Gaji Pramugari di 6 Maskapai Penerbangan IndonesiaLivery masker pesawat Garuda Indonesia (Dok.Garuda Indonesia)

Maskapai Garuda Indonesia adalah salah satu maskapai yang dianggap terbaik di Indonesia. Harga tiket pesawatnya pun umumnya lebih mahal daripada maskapai penerbangan lainnya di Indonesia.

Pelamar pramugari di Garuda Indonesia yang baru saja lolos dan diterima sebagai bagian dari awak kabin Garuda Indonesia akan melakukan pelatihan pramugari. Dalam pelatihannya mereka diberikan gaji sebesar Rp15 juta per bulan. Total itu belum mencakup uang tambahan dari Garuda Indonesia.

Staf pramugari Garuda Indonesia biasanya mendapat tiket gratis pulang dan pergi dalam penerbangan, termasuk juga untuk tiket keluarga inti. Bahkan para pramugari akan diberikan akomodasi selama tinggal di tempat tujuan berupa hotel di lokasi pesawat mendarat.

Sementara itu, untuk pramugari Garuda Indonesia yang sudah memiliki jam terbang atau pengalaman, biasanya akan memiliki gaji yang lebih tinggi. Gaji senior pramugari di Garuda Indonesia bisa mencapai Rp30 juta per bulan. Namun harus diingat, untuk mencapai gaji sebesar ini pasti diperlukan kerja keras dan pengalaman yang banyak dalam menjadi pramugari.

2. Gaji Pramugari Batik Air

Ini Gaji Pramugari di 6 Maskapai Penerbangan IndonesiaPesawat Batik Air (IDN Times/Sunariyah)

Sebagai seorang pramugari di Batik Air, biasanya seseorang akan memperoleh gaji sebesar Rp2 juta-Rp3 juta per bulan. Selain itu, ada juga tambahan untuk uang terbang. Setiap terbang, pramugari junior memperoleh gaji lagi sebesar Rp40 ribu per jam.

Dalam penerbangannya, pramugari rata-rata melakukan penerbangan dengan awak kabin lainnya sekitar 6 jam per harinya. Jika dihitung per jamnya Rp40 ribu, maka dalam sehari pramugari bisa mendapatkan uang terbang sebesar Rp240 ribu. Umumnya seorang pramugari di maskapai ini dalam seminggu memiliki waktu 4 hari terbang. 

Selain itu, pramugari juga memiliki tambahan uang makan sebesar Rp15 ribu-Rp45 ribu per hari. Jika dijumlahkan dengan gaji pokok, uang terbang, dan uang makan maka seorang pramugari di maskapai ini bisa memperoleh gaji hingga sekitar Rp7,5 juta per bulan.

3. Gaji Pramugari Lion Air

Ini Gaji Pramugari di 6 Maskapai Penerbangan IndonesiaPesawat Lion Air (Website/lionair.co.id)

Maskapai penerbangan Lion Air merupakan salah satu maskapai yang banyak diminati oleh masyarakat. Hal ini dikarenakan harga tiketnya yang murah untuk melakukan perjalanan dalam atau luar negeri.

Gaji pramugari Lion Air pada setiap bulannya berkisar antara Rp15 juta-Rp20 juta. Gaji ini sudah dijumlahkan dengan keuntungan-keuntungan dari uang tambahan selama melakukan penerbangan. Untuk gaji pokok pramugari junior berkisar antara Rp2 juta-Rp3 juta, sedangkan untuk pramugari senior sebesar Rp5 juta-Rp6 juta.

Uang tambahan yang didapatkan pramugari itu bermacam-macam mulai dari asuransi, jaminan kesehatan, uang terbang, serta uang makan. Semuanya dijumlahkan dalam setiap bulannya dengan gaji pokok pramugari. Gaji tersebut tentunya cukup besar, namun sesuai dengan tanggung jawabnya yang besar juga dalam menjaga keamanan dan melayani penumpang selama perjalanan.

Baca Juga: Curhat Pramugari Kala Pandemik: Nyawa Kami Cuma Dihargai Rp500 Ribu!

4. Gaji Pramugari AirAsia

Ini Gaji Pramugari di 6 Maskapai Penerbangan Indonesiawikimedia.org

AirAsia merupakan maskapai penerbangan yang berasal dari Malaysia. Maskapai ini dikenal karena harga tiketnya yang murah serta menyediakan perjalanan dalam dan luar negeri.

Gaji yang diterima pramugari AirAsia tidak sama seperti gaji pada maskapai lainnya. Standar gaji sudah ditetapkan pada setiap maskapai. Beda maskapai artinya berbeda juga penghasilannya setiap bulan.

AirAsia memberikan gaji pokok pada pramugari sebesar Rp3 juta per bulan. Tidak hanya gaji pokok saja, AirAsia juga memberikan uang tambahan untuk uang terbang sebesar Rp50 ribu per jam. Gaji tersebut bisa dijumlahkan secara keseluruhan dengan uang tambahan yang didapatkan.

Untuk keseluruhan gajinya, pramugari junior bisa mendapatkan gaji sekitar Rp8 juta-Rp15 juta per bulan. Dengan demikian gaji senior pramugari tentunya akan lebih besar lagi.

5. Gaji Pramugari Citilink

Ini Gaji Pramugari di 6 Maskapai Penerbangan Indonesia(Maskapai pesawat Citilink) www.instagram.com/@citilink

Citilink merupakan anak perusahaan dari Garuda Indonesia. Citilink memiliki standar gaji yang rata-rata tidak jauh berbeda dengan maskapai penerbangan lain. Selain itu, gaji pramugari senior dan junior tentunya memiliki perbedaan. Hal tersebut disebabkan oleh pengalaman dan jam terbang yang dimiliki pramugari junior dan senior juga berbeda.

Citilink memberikan gaji pokok kepada pramugarinya dengan besaran sekitar Rp6 juta-Rp10 juta per bulan. Untuk pramugari junior biasanya mendapat gaji Rp6 juta per bulan, sedangkan pramugari senior memperoleh gaji sebesar Rp10 juta per bulan.

Selain itu, pramugari Citilink juga mendapatkan uang tambahan melalui uang terbang. Pendapatan uang terbang ini diterima pramugari setelah mendarat bersama para penumpang. Uang terbang yang didapat dihitung setiap jamnya. Dengan demikian, semakin jauh jarak penerbangan maka semakin besar juga uang terbang yang didapatkan.

Selain itu ada juga uang makan untuk pramugari Citilink. Uang makan ini bervariasi setiap pendaratan pesawat. Jumlah uang makan juga dihitung berdasarkan durasi penerbangan dan juga jarak penerbangan. Pendapatan uang makan ini biasanya tidak diketahui oleh orang awam yang bukan seorang pramugari.

Kemudian, pramugari juga mendapatkan uang kerajinan. Uang kerajinan merupakan bonus bagi pramugari yang rajin dan cakap dalam mengerjakan tugasnya. Uang ini juga diberikan untuk pramugari yang tidak pernah izin dalam bekerja. Pramugari Citilink yang mendapatkan bonus uang kerajinan ini tentunya memiliki reputasi yang baik dalam menjaga kualitas pekerjaannya.

Selanjutnya, uang RON juga akan didapatkan pramugari Citilink. Uang RON memiliki kepanjangan Remain Over Night. Uang ini diberikan kepada pramugari yang menginap di hotel dalam penerbangannya bersama awak kabin lain. Hal ini adalah hal yang lumrah bagi para awak kabin, karena setiap penerbangan tidak mungkin dilakukan pulang pergi, namun kadang harus menginap.

Jika diakumulasikan, gaji para pramugari Citilink bisa mencapai Rp30 juta setiap bulannya. Gaji ini telah diakumulasikan mulai dari gaji pokok, uang terbang, uang makan, uang kerajinan, dan juga uang RON.

Baca Juga: 5 Tips Kantong Tetap Stabil Meski Gaji di Bawah Rp5 Juta

6. Gaji Pramugari Sriwijaya Air

Ini Gaji Pramugari di 6 Maskapai Penerbangan IndonesiaIlustrasi Pesawat Sriwijaya Air (Dok. Sriwijaya Air)

Sriwijaya Air juga termasuk maskapai yang sudah lama berdiri. Tidak heran jika maskapai ini memberikan gaji yang besar kepada para pekerjanya, khususnya pramugari. Namun, dengan gaji yang besar ini tentunya juga memiliki tanggung jawab yang besar juga, yakni untuk membawa penumpang ke tempat tujuan dengan aman dan nyaman.

Sriwijaya Air juga termasuk maskapai penerbangan yang cukup besar di Indonesia. Maskapai ini melayani penerbangan domestik maupun luar negeri. Jumlah penumpang Sriwijaya Air setiap bulannya mencapai 800 ribu orang.

Gaji pramugari di Sriwijaya Air dalam sebulan berkisar Rp19,5 juta per bulan. Gaji tersebut tentunya bukanlah gaji pokok, gaji tersebut hasil dari akumulasi beberapa bonus yang didapat pramugari.

Gaji pokok pramugari junior berkisar Rp6 juta setiap bulan. Sedangkan gaji pokok untuk pramugari senior bisa mencapai Rp12 juta setiap bulannya. Selain itu pramugari juga akan mendapat bonus dan tunjangan berdasarkan lama waktu bekerja dan jenis rute yang dilalui.

Pramugari Sriwijaya Air biasanya memperoleh uang saku penerbangan atau disebut uang terbang sebesar Rp500 ribu untuk sekali penerbangan. Uang terbang setiap maskapai tentunya berbeda, tergantung kebijakan masing-masing maskapai. Rata-rata uang terbang yang diperoleh pramugari pada setiap maskapai sebesar Rp40 ribu-Rp50 ribu setiap jamnya.

Oleh karena itu, bagi pramugari Sriwijaya Air jika melakukan penerbangan selama empat kali dalam seminggu, tentu akan memperoleh uang terbang yang berkisar Rp8 juta per bulan. Selain itu juga ada tunjangan lain seperti uang makan, insentif, dan lain-lain.

Topic:

  • Dwifantya Aquina
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya