Comscore Tracker

Jangan Sampai PayLater Bikin Keder, Ini 3 Tips Menggunakannya!

PayLater makin banyak ada di marketplace

Jakarta, IDN Times - PayLater menjadi layanan yang jamak ditemui saat ini. Berbagai macam marketplace atau toko online kini menghadirkan fitur PayLater untuk memudahkan konsumen dalam berbelanja di platform mereka.

PayLater sendiri merupakan produk kredit digital yang mirip dengan kartu kredit. Dengan menggunakan layanan ini, kamu sebagai konsumen atau pelanggan dapat melakukan pembelian saat ini juga, tapi melakukan pembayaran hingga beberapa waktu kemudian, sesuai dengan tenggat waktu yang disepakati.

Beberapa layanan PayLater diberikan tanpa menarik bunga dan juga dibarengi promo lainnya. Hal itu kemudian membuat kamu sebagai pelanggan semakin untung jika menggunakan PayLater.

Atas sifatnya tersebut, PayLater punya dua sisi yang bisa bermanfaat dan juga bisa jadi bumerang bagi penggunanya jika tidak digunakan secara bijak.

Nah, berikut ini ada beberapa hal yang bisa jadi pertimbangan buat kamu agar PayLater tidak malah bikin kamu keder seperti dikutip IDN Times dari situs resmi Astra Life.

Baca Juga: Pakai Layanan PayLater saat Belanja? Cermati Hal Ini Agar Tak Rugi

1. Ketahui kemampuanmu untuk membayar cicilan tiap bulannya

Jangan Sampai PayLater Bikin Keder, Ini 3 Tips Menggunakannya!Ilustrasi Cicilan (IDN Times/Arief Rahmat)

Setiap orang memiliki cara berhitung sendiri-sendiri hingga akhirnya dapat mengetahui batas maksimal kemampuannya dalam membayar cicilan.

Misalnya, dari penghasilan bulanan yang diterima, kamu bisa membuat alokasi untuk dikeluarkan dalam memenuhi kebutuhan hidup, untuk menabung dan dana darurat, serta untuk pos-pos lainnya.

Biasanya, alokasi untuk pos-pos lainnya digunakan untuk membayar cicilan. Idealnya, orang-orang akan mengalokasika lima persen hingga 10 persen dari pemasukannya tiap bulan untuk membayar cicilan.

Baca Juga: 5 Cara agar Terbebas dari Utang Online, Kurangi Penggunaan Paylater!

2. Baca syarat dan ketentuan dengan seksama

Jangan Sampai PayLater Bikin Keder, Ini 3 Tips Menggunakannya!(Ilustrasi ketentuan dan syarat) Pixabay.com

Setiap penyedia fasilitas PayLater biasanya memiliki syarat dan ketentuannya masing-masing. Oleh karena itu, pastikan kamu telah membaca seluruh informasi tersebut dengan seksama sebelum akhirnya menggunakan PayLater.

Dengan begitu, kamu bisa mengetahui skema bunga, tenor cicilan, cara pelunasan, dan tanggal jatuh tempo utang secara detil.

Perilaku membaca syarat dan ketentuan secara seksama membuat kamu terhindari dari sanksi atau denda yang akan dijatuhkan oleh perusahaan penyedia layanan PayLater sebab kamu tidak mungkin melanggar syarat dan ketentuan tersebut.

3. Bayar tagihan PayLater tepat waktu

Jangan Sampai PayLater Bikin Keder, Ini 3 Tips Menggunakannya!ilustrasi tagihan (IDN Times/Mardya Shakti)

Kunci untuk membuat PayLater tidak menjadi bumerang adalah dengan membayarkan tagihannya tepat waktu. Maka dari itu, kamu sebaiknya mengatur pengingat guna mengingatkan waktu pembayaran tagihan PayLater.

Jika kamu telah membayar tagihan PayLater maka kamu mesti menerima konsekuensinya dan itu akan berbahaya untuk keuanganmu, terlebih jika pembayaran PayLater yang dipakai menerapkan bunga cicilan.

Semakin ditunda pembayarannya maka semakin besar pula bunga cicilan yang harus kamu bayar.

Pada umumnya, platform penyedia jasa PayLater memiliki fitur pengingat bawaan yang bisa mengingatkan penggunanya melalui aplikasi, email, maupun nomor telepon. Dengan demikian, kamu sebagai pengguna tidak lupa membayar saat utang sudah jatuh tempo.

Baca Juga: Bukan Kartu Kredit, Paylater Jadi Metode Pembayaran Populer

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya