Comscore Tracker

Asuransi Bahaya Perang: Pengertian, Fungsi dan Jenisnya

Penjelasan apa itu asuransi bahaya perang

Asuransi adalah suatu perjanjian yang dilakukan oleh kedua pihak atau lebih terkait risiko kerugian yang terjadi pada peristiwa tak terduga, seperti kematian, jatuh sakit, kehilangan barang, dan lain lain sesuai kesepakatan bersama.

Adapun berbagai macam jenis dari asuransi yang dapat membantu seseorang dalam meminimalisir kerugian finansial yang terjadi di masa depan, salah satunya adalah asuransi bahaya perang.

Mungkin bagi beberapa orang asuransi bahaya perang terdengar sangat asing, tetapi asuransi jenis yang satu ini hampir serupa dengan asuransi pada umumnya, hanya saja digunakan bagi orang tertentu.

Berikut ini terdapat 4 hal yang perlu kamu ketahui mengenai apa itu asuransi bahaya perang, antara lain:

Baca Juga: BRINS Hadirkan Greensurance, Asuransi Ramah Lingkungan

1. Definisi asuransi bahaya perang

Asuransi Bahaya Perang: Pengertian, Fungsi dan Jenisnyapixabay.com

Berdasarkan definisi yang dipaparkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), asuransi bahaya perang adalah suatu polis yang memuat beberapa pertanggungan dari risiko bahayanya perang yang terjadi. Dalam bahasa Inggris disebut sebagai war risk insurance.

2. Apa itu asuransi bahaya perang

Asuransi Bahaya Perang: Pengertian, Fungsi dan JenisnyaIlustrasi Konflik. (IDN Times/Aditya Pratama)

Asuransi dikenal sebagai suatu perjanjian yang dilakukan oleh pihak penanggung dan tertantung yang mewajibkan pihak tertanggung untuk membayar sejumlah uang tertentu setiap bulan atau disebut premi.

Pembayaran tersebut menjadi pengganti untuk kemungkinan risiko kerugian, kematian, kerusakan, atau kehilangan yang terjadi pada pihak tertanggung dalam peristiwa yang tidak terduga atau tidak terprediksi.

Kembali pada topik awal, asuransi bahaya perang dapat diartikan sebagai suatu asuransi yang menanggung beberapa hal, seperti kesehatan, kematian, serta warisan untuk keluarga nasbah yang telah ditinggalkan.

Asuransi yang satu ini sama dengan asuransi pada umumnya, hanya saja asuransi bahaya perang biasanya digunakan oleh orang tertentu, seperti tentara, polisi, atau aparat penegak hukum. Mengingat tugas yang dilaksanakan oleh mereka tergolong berat, asuransi bahaya perang berperan untuk membantu dalam menanggung biaya yang telah disebutkan.

Hal ini sangat membantu bagi mereka yang memiliki pekerjaan cukup berat, serta risiko yang merugikan kemungkinan besar akan terjadi. Maka dari itu, asuransi ini bekerja untuk membantu segala kerugian.

Selain digunakan oleh beberapa orang tertentu, asuransi bahaya perang juga dapat digunakan untuk usaha bisnis dalam bidang perkapalan serta penerbangan. Asuransi akan digunakan karena usaha tersebut memiliki kemungkinan akan diserang oleh beberapa pelaku pembajakan, terorisme, dan lain lain.

Penyerangan tersebut sangat berbahaya, terutama bagi keselamatan mereka yang bekerja di kapal dan pesawat. Asuransi bahaya perang membantu dalam mengurangi kerugian tersebut agar tidak terlalu memberatkan salah satu pihak. 

Baca Juga: Tips Jeli Pilih Asuransi buat Perawatan COVID-19

2. Pemahaman tentang asuransi bahaya perang

Asuransi Bahaya Perang: Pengertian, Fungsi dan JenisnyaIlustrasi perang/konflik. (IDN Times/Aditya Pratama)

Bagi entitas yang memiliki risiko kemungkinan terkena paparan akan pergolakan politik secara tiba-tiba yang biasanya akan disertai oleh kekerasan, maka asuransi bahaya perang sangat penting untuk digunakan.

Contohnya, suatu perusahaan yang beroperasi dalam politik menjadi tidak stabil dan mempengaruhi banyak negara. Hal ini akan memberikan risiko kerugian yang tinggi serta mengakibatkan tindakan perang.

Asuransi bahaya perang dapat mencakup risiko dari kerugian akibat tindakan diatas, seperti kemungkinan penculikan, tebusan, sabotase, evakuasi darurat, cedera pekerja, cacat dalam jangka panjang, dan terjadinya kehilangan atau kerusakan properti dan kargo.

Kebijakan dari asuransi bahaya perang termasuk dengan tindakan yang dilakukan oleh teroris. Banyak yang menganggap bahwa terorisme dan perang merupakan kerugian yang berbeda.

Oleh karena itu, beberapa negara memberikan kewajiban bagi maskapai penerbangan agar memiliki asuransi bahaya perang, sebelum maskapai dapat beroperasi di bandara negara tersebut.

3. Produk asuransi bahaya perang

Asuransi Bahaya Perang: Pengertian, Fungsi dan Jenisnyailustrasi damai (unsplash.com/andresr)

Untuk produk yang berasal dari asuransi bahaya perang, terbagi menjadi 3 kategori, antara lain:

  • Hal yang Dilindungi Asuransi Bahaya Perang
    - Adanya paparan nuklir
    - Terjadi perang antar penduduk atau daerah
    - Perang antar negara
    - Serangan terorisme
    - Sabotase
    - Terjadi pemberontakan
    - Revolusi kudeta
  • Keuntungan Menggunakan Pelayanan Asuransi Bahaya Perang
    - Adanya cakupan asuransi global yang dikhususkan untuk terorisme, kekerasan politik, dan perang
    - Mengutamakan saat terjadinya kelebihan quota
    - Mampu menangani nasabah dengan cekatan
    - Asuransi yang diberikan sesuai dengan perjanjian secara sepenuhnya
  • Profil yang Dapat Dilindungi
    Semua orang dapat menggunakan asuransi bahaya perang, tetapi jika kamu merasa tidak membutuhkannya, lebih baik tidak digunakan. Biasanya yang memakai asuransi bahaya perang yaitu perusahaan transportasi besar, lembaga tertentu, dan penegak hukum.

Baca Juga: 5 Alasan Millennial Perlu Punya Asuransi, Jangan Tunggu Tua!

Dari ulasan ini dapat disimpulkan bahwa asuransi bahaya perang akan menyediakan layanan yang membantu nasabahnya ketika mengalami kerugian akibat perang, invasi, terorisme, pemberontakan, dan pemogokan.

Selain itu, asuransi bahaya perang sangat cocok untuk bisnis besar atau orang-orang yang tinggal di negara dengan risiko tinggi terjadinya perang, agar dapat dibantu untuk mengurangi risiko kerugian. Apakah dari ulasan ini kamu dapat lebih memahami asuransi bahaya perang?

Topic:

  • Rinda Faradilla
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya