Comscore Tracker

Sering Gagal dalam Menabung? Lakukan 5 Hal Ini agar Uang Terkumpul

Apakah kamu sering kesusahan dalam menabung?

Menabung merupakan sebuah hal yang cukup susah untuk dilakukan. Hal itu karena setiap orang ditakdirkan memiliki kemauan untuk mendapatkan segalanya. Apakah kamu termasuk seseorang yang susah menabung? Jika iya, cobalah untuk membuang beberapa kebiasaan buruk dari dalam diri.

Melatih diri agar bisa tahan terhadap godaan menghabiskan uang adalah hal yang sulit. Mau tidak mau kamu wajib melakukannya agar kebebasan finansial bisa tercapai. Ada beberapa cara cerdas yang bisa dilakukan agar kamu mudah mengumpulkan uang. Untuk penjelasannya, simak pembahasan berikut ini, ya!

1. Persiapkan niat yang besar sebelum menabung

Sering Gagal dalam Menabung? Lakukan 5 Hal Ini agar Uang Terkumpulunsplash.com/thought catalog

Segala sesuatu yang dimulai dari niat besar pasti akan berhasil. Begitupula dengan menabung, kamu harus memiliki tekad bulat untuk meraih goals tabunganmu. Cobalah untuk merinci hal-hal apa saja yang ingin kamu dapatkan dengan cara mengumpulkan uang terlebih dahulu. Ketika sudah ada daftarnya, kamu pasti akan termotivasi untuk konsisten dalam mengumpulkan uang.

2. Sisihkan tabunganmu ke akun reksa dana

Sering Gagal dalam Menabung? Lakukan 5 Hal Ini agar Uang Terkumpulunsplash.com/austin distel

Apakah kamu sudah tidak asing dengan reksa dana? Platform investasi yang satu ini dapat memberikanmu kemudahan dalam menyimpan uang. Apalagi kamu tidak bisa langsung menyairkan uang tabungannya, sehingga hal tersebut dapat membuatmu susah untuk mengusiknya.

Reksa dana membutuhkan waktu beberapa hari untuk pencairan. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa jika ingin uang tabunganmu tetap aman, cobalah untuk berinvestasi reksa dana, ya! Lagipula kamu juga akan mendapatkan cuan di sana lho!

Baca Juga: Ini 7 Cara Sederhana agar Bisa Menabung meski Banyak Pengeluaran

3. Kurangi jumlah uang cash yang ada di dompet

Sering Gagal dalam Menabung? Lakukan 5 Hal Ini agar Uang Terkumpulunsplash.com/emil kalibradov

Kebiasaan boros biasanya muncul ketika ada banyak uang di dompet. Cobalah untuk menyisihkan sebagian uangmu tetap berada di rekening agar tidak ada pengeluaran secara membabi buta. Biasanya kamu pasti sering menghabiskan uang tanpa sadar, bukan?

Maka dari itu mulai sekarang bawalah uang secukupnya saja dan letakkan di dompet. Percayalah bahwa hal tersebut akan membantumu dalam berhemat.

4. Buat target bulanan terkait tabunganmu

Sering Gagal dalam Menabung? Lakukan 5 Hal Ini agar Uang Terkumpulunsplash.com/rupixen.com

Mmebuat target bulanan dalam menabung merupakan hal yang wajib dilakukan. Kamu bisa membuat target bulanan sesuai kemampuanmu agar uangnya dapat terkumpul dengan mudah. Namun cobalah untuk membagi pengeluaran pokok dan tabungan secara merata terlebih dahulu. Hal tersebut dilakukan agar kamu tidak terlalu tersiksa karena kebutuhan yang gak terpenuhi.

5. Jangan terlalu berlebihan dalam memberikan self reward

Sering Gagal dalam Menabung? Lakukan 5 Hal Ini agar Uang Terkumpulpexels.com/karolina grabowska

Apakah kamu sering memberikan self-reward setelah gajian? Sebenarnya hal tersebut sah-sah saja untuk dilakukan karena terkadang kamu perlu mengapresiasi kerja kerasmu. Namun ingatlah bahwa segala sesuatu yang dilakukan secara berlebihan itu gak baik.

Begitupula dalam memberikan self-reward, terkadang kamu perlu menyiapkan dana yang cukup. Percayalah bahwa berlebihan dalam memberikan self-reward merupakan ungkapan yang lebih halus daripada "berbuat boros.

Meskipun terus mengalami kegagalan, jangan pernah berhenti berusaha untuk tetap menabung. Percayalah bahwa masa depanmu pasti akan dipenuhi kebahagiaan jika mulai sekarang kamu sudah bisa mengelola laju keuangan.

Baca Juga: Bukan Cuma Jumlah Uangnya, Ini 5 Manfaat Lain Membiasakan Menabung 

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya