Comscore Tracker

Ini 7 Cara Sederhana agar Bisa Menabung meski Banyak Pengeluaran

Bisa untuk jangka pendek maupun jangka panjang

Jakarta, IDN Times – Menabung adalah hal baik untuk dilakukan karena memiliki segudang manfaat yang bisa menyelamatkan kita dari berbagai masalah keuangan. Sayangnya, banyak orang yang merasa sulit untuk menabung, sekalipun telah memiliki pendapatan yang besar.

Berikut adalah tujuh tips sederhana dan realistis agar bisa berhemat dan menabung, baik untuk tujuan jangka pendek maupun jangka panjang, menurut Bank of America.

Baca Juga: Menabung atau Investasi, Mana yang Lebih Oke?

1. Catat pengeluaran

Ini 7 Cara Sederhana agar Bisa Menabung meski Banyak PengeluaranFacebook / Sri Mulyani Indrawati

Langkah pertama untuk mulai menabung adalah mencari tahu berapa banyak dana yang biasanya diperlukan setiap hari atau bulannya. Oleh karenanya, perlu untuk mencatat semua pengeluaran, sekalipun itu untuk hal-hal kurang penting, misalnya uang tip yang jumlahnya kecil atau secangkir kopi murah yang dibeli setiap hari.

Setelah memiliki data, atur angka berdasarkan kategori, seperti bensin, bahan makanan dan hipotek, dan totalkan setiap jumlahnya. Jangan lupa gunakan catatan transaksi dari buku tabungan atau mobile banking bila perlu.

Agar lebih mudah, bisa gunakan aplikasi pencatat keuangan yang banyak tersedia secara gratis.

2. Siapkan anggaran untuk tabungan

Ini 7 Cara Sederhana agar Bisa Menabung meski Banyak PengeluaranIlustrasi tabungan (IDN Times/Umi kalsum)

This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media.

Setelah memiliki gambaran soal pengeluaran dalam sebulan, hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mulai menentukan anggaran untuk tabungan. Anggaran ini dapat diambil dari total uang lebih setelah dikurangi semua pengeluaran. Tujuannya adalah untuk membatasi pengeluaran agar tidak berlebihan.

Saat menentukan anggaran, usahakan untuk menetapkan kategori tabungan dan usahakan untuk menabung 10 sampai 15 persen dari total pendapatan.

3. Temukan cara untuk memangkas pengeluaran

Ini 7 Cara Sederhana agar Bisa Menabung meski Banyak PengeluaranIlustrasi Belanja E-commerce (IDN Times/Arief Rahmat)

Jika pengeluaran yang dimiliki sangat tinggi sehingga tidak dapat menabung sebanyak yang diinginkan, maka jalan yang harus ditempuh adalah mencari cara untuk memangkas pengeluaran. Ini bisa dilakukan dengan mengidentifikasi hal-hal tidak penting yang dapat dihemat atau disingkirkan dari pengeluaran, misalnya seperti biaya menonton di bioskop atau makan di luar.

Hal lain yang bisa dilakukan misalnya juga seperti berhenti berlangganan TV kabel atau menghemat biaya internet, apalagi saat tidak sering dipakai.

4. Tetapkan tujuan tabungan

Ini 7 Cara Sederhana agar Bisa Menabung meski Banyak PengeluaranIlustrasi investasi (IDN Times/Sukma Shakti)

Salah satu cara terbaik untuk menghemat uang adalah dengan menetapkan tujuan. Mulailah dengan memikirkan untuk apa menabung perlu dilakukan. Misalnya seperti perlu dana untuk menikah, liburan, atau menyiapkan dana untuk masa pensiun.

Setelahnya cari tahu berapa banyak uang yang diperlukan dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyimpannya. Misalnya untuk jangka pendek (1-3 tahun), dana darurat (yang angkanya sebesar 3–9 bulan biaya hidup), untuk jangka panjang (lebih dari 4 tahun), dan sebagainya.

Baca Juga: Menabung atau Investasi, Mana yang Lebih Oke?

5. Pilih jenis tabungan yang tepat

Ini 7 Cara Sederhana agar Bisa Menabung meski Banyak Pengeluaransahabatpegadaian.com/Tabungan Emas

Setelah menentukan tujuan menabung dan jangka waktunya, selanjutnya perlu untuk memilih jenis tabungan yang tepat. Misalnya hanya perlu disimpan di rekening tabungan biasa, ke dalam deposito, atau juga bisa ke rekening pensiun dan diinvestasikan.

Namun, sebelum memilih, ada baiknya untuk mencermati semua opsi yang ada dan pertimbangkan hal-hal lainnya seperti saldo minimum, biaya, dan suku bunga sehingga dapat memilih tabungan mana yang akan memungkinkan untuk menabung sebaik mungkin.

6. Gunakan tabungan otomatis

Ini 7 Cara Sederhana agar Bisa Menabung meski Banyak Pengeluaran

Untuk dapat menjaga komitmen menabung, ada baiknya menggunakan sistem menabung otomatis. Di mana dana dapat ditransfer secara otomatis ke rekening tabungan.

Sistem ini bisa membantu mempermudah menabung sembari memungkinkan pemilik untuk menentukan kapan atau berapa besar jumlah tabungan tiap waktunya.

Baca Juga: 5 Alasan Masuk Akal Mengapa Kamu Harus Konsisten dalam Menabung Uang

7. Perhatikan tabungan

Ini 7 Cara Sederhana agar Bisa Menabung meski Banyak PengeluaranIlustrasi investasi (IDN Times/Sukma Shakti)

Saat menabung, selalu sempatkan untuk meninjau anggaran dan memeriksa kemajuan setiap bulannya. Ini tidak hanya akan membantu untuk tetap berpegang pada rencana tabungan pribadi, tetapi juga membantu mengidentifikasi dan memperbaiki masalah dengan cepat.

Memahami cara menghemat uang juga dapat menginspirasi untuk menemukan lebih banyak cara untuk menabung dan mencapai tujuan lebih cepat.

Topic:

  • Rehia Sebayang
  • Anata Siregar
  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya